Harmony Blog

Cari Tahu Contoh Pemasaran Tidak Langsung dan Kelebihannya Untuk Bisnis

Diposting Mei 26th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pemasaran Tidak LangsungPin

Halo pelaku UMKM, tahukah Anda selain pemasaran langsung, ternyata pemasaran tidak langsung juga bermanfaat bagi bisnis? Di masa lalu, pemasaran langsung atau direct marketing dianggap sebagai konsep pemasaran yang efektif menggaet pembeli. Bahkan, pemasaran tidak langsung juga sangat berpengaruh terhadap keseimbangan pasar.

Pemasaran tidak langsung memasarkan produk secara pendekatan personal dan membangun kesadaran merek agar masyarakat mau membeli.Click to Tweet

Akan tetapi, di zaman sekarang, calon konsumen semakin pintar. Strategi pemasaran langsung, terkadang malah membuat calon konsumen kabur duluan. Nah, maka itu, muncul konsep pemasaran tidak langsung alias indirect marketing.

Apa Itu Pemasaran Tidak Langsung?

Pengertian pemasaran tidak langsung adalah suatu konsep atau cara menjual produk barang/ jasa melalui pendekatan persuasif dari konten seperti media sosial, video, merchandise, event, atau program lainnya.

Dengan kata lain, pemasaran tidak langsung adalah cara suatu bisnis untuk memasarkan produk, ide, atau layanan mereka tanpa harus menggunakan metode SPAM atau iklan dan pemasaran langsung.

Contoh Pemasaran Tidak Langsung

Untuk lebih mudah memahami makna pemasaran indirect ini, Anda dapat menyimak gambaran contoh pemasaran yang tidak langsung berikut:

PT Anak Sehat memproduksi susu balita dan anak-anak. Ketimbang menyebarkan brosur atau pamflet di jalanan secara langsung, PT Anak Sehat memilih metode pemasaran indirect.

Yaitu dengan cara membuat konten video dan informasi tentang kesehatan tumbuh-kembang anak. Dalam konten-konten media sosial PT Anak Sehat selalu merekomendasikan produk susu mereka agar bisa mendukung kesehatan balita dan anak-anak Indonesia.

Melihat contoh pemasaran tidak langsung di atas, maka bisa dipahami bahwa pemasaran indirect ini tidak memasarkan produk secara terang-terangan. Melainkan lebih mengarah pada persuasif secara halus dan tidak memaksa.

Dengan metode pemasaran indirect yang tepat, audiens media sosial akan memiliki branding awareness atau kesadaran terhadap merek bisnis Anda. Jadi, mereka akan membeli produk yang direkomendasikan atas dasar kesadaran sendiri dan inisiatif mereka sendiri.

Teknik Pemasaran Tidak Langsung

Ada beberapa teknik pemasaran secara tidak langsung atau indirect marketing. Beberapa teknik pemasaran tidak langsung adalah media sosial dan content marketing, sebagai berikut:

Apa itu pemasaran tidak langsungPin

  1. Media Sosial/ Social Media.

    Teknik pemasaran indirect yang pertama adalah media sosial. Facebook, Twitter, Instagram, dan akun media sosial lainnya menjadi sarana pemasaran bisnis yang cukup efektif. Terlebih lagi, Anda bisa memakai sepuas hati secara gratis.

    Walau demikian, dibutuhkan strategi pemasaran media sosial yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan audiens. Misalnya, membuat konten menarik, video yang menghibur, informasi grafis yang eye-catching, dan sebagainya.

  2. Content Marketing.

    Kalau teknik pemasaran indirect yang satu ini, biasanya memang dikelola secara khusus oleh perusahaan. Tidak jarang, perusahaan menyewa atau merekrut tim konten yang profesional untuk mengupdate atau memposting konten-konten menarik secara berkala.

    Misalnya berupa video, giveaway, artikel, quote, kuis, survey, dan sebagainya. Tujuan content marketing ini adalah mendukung pemasaran secara tidak langsung untuk semakin mencuri perhatian audiens.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bedanya Pemasaran Tidak Langsung dan Pemasaran Langsung

Sudah disinggung sedikit di atas, pemasaran tidak langsung adalah metode untuk menjual produk barang atau jasa, tanpa harus terlihat sedang menjual. Sementara, direct marketing atau pemasaran langsung adalah teknik khusus yang dirancang untuk menjual secara langsung ke customer.

Tentunya, pemasaran langsung memang dari awal bertemu pelanggan sudah “to the point” ingin menjual produk secara terang-terangan. Sebagai contoh pemasaran langsung adalah salesman atau sales promotion girl (SPG) menawarkan mobil dengan fitur-fitur unggulannya.

Sejak bertemu calon pembeli pertama kali, SPG sudah menjelaskan secara rinci keunggulan mobil yang dijual. Harapannya agar calon pembeli tertarik dan berminat memboyong pulang.

Jadi, Anda mau menerapkan yang mana nih, pemasaran tidak langsung atau pemasaran langsung?

Pada dasarnya, dengan strategi pemasaran yang tepat, baik pemasaran langsung maupun pemasaran tidak langsung sama-sama bisa diandalkan dalam melejitkan omset bisnis Anda.

Penting juga dipertimbangkan untuk melengkapi sistem pembukuan dan akuntansi perusahaan Anda menggunakan Software Akuntansi Harmony berbasis Cloud. Dengan teknologi Cloud, Software Akuntansi Harmony bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Kinerja tim keuangan lebih fleksibel dan produktif, karena pembukuan dan pencatatan transaksi bisa dilakukan hanya semudah beberapa sentuhan jari.

Ingin membuktikan langsung keunggulan aplikasi Harmony sebagai solusi pembukuan bisnis Anda? Silakan daftar melalui tautan ini untuk uji coba GRATIS selama 30 hari.

Cek fitur-fitur lengkap dan aktivitas terupdate lainnya dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony