Harmony Blog

Contoh Buku Kas Keluar Yang Digunakan Pada Jurnal Pengeluaran Kas

Diposting Apr 22nd, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Buku Kas KeluarPin

Sebagai pebisnis usaha kecil ternyata sering kali mengabaikan aliran kas melalui buku kas keluar dan buku kas masuk. Di samping itu bahkan pebisnis lebih banyak memperhatikan pemasaran dan kualitas produknya saja, padahal melakukan pembukuan terhadap laporan keuangan sangatlah penting.

Selain itu apabila bisnis yang Anda bangun menjadi kian berkembang, dan menimbulkan peningkatan pembelian maka transaksi pun menjadi besar. Dari sekian banyak transaksi inilah yang akan muncul akun utang, pendapatan, dan piutang.

Dengan demikian Anda baru sadar bahwa beberapa transaksi ini membutuhkan buku kas keluar ataupun kas masuk. Di mana buku kas keluar adalah salah satu dari jenis buku kas umum yang mencatat jurnal pengeluaran kas secara tunai ataupun utang.

Nah apa sih tujuan dari buku kas keluar atau buku kas umum? Supaya Anda bisa mengambil suatu keputusan di masa mendatang, serta jika bisnis Anda merugi maka Anda bisa menelusuri arus dana yang tercatat.

Buku kas keluar adalah media untuk mencatat pengeluaran secara tunai ataupun utang.Click to Tweet

Apa Yang Dimaksud Buku Kas Keluar?

Secara general buku kas umum memiliki dua jenis yaitu buku kas keluar dan buku kas masuk dalam sebuah usaha. Nah dari setiap jenis usaha ini harus memiliki buku kas keluar untuk dapat memantau setiap transaksi yang berlangsung selama periode waktu.

Apa itu buku kas keluarPin

Dilihat dari pengertiannya buku kas keluar adalah salah satu media pencatatan dari jenis jurnal khusus untuk mencatat transaksi. Contoh kas keluar yaitu biaya gaji, biaya listrik, biaya telepon, dan lainnya. Istilah lainnya pada buku kas umum untuk transaksi keluar ini adalah jurnal pengeluaran kas.

Namun tujuan pembukuan ini apa sih? Dengan adanya pencatatan melalui buku kas keluar Anda bisa mengambil suatu keputusan untuk mengembangkan usaha di masa yang akan datang. Contoh kas keluar ini dibuat yaitu ketika usaha mengalami kerugian, Anda bisa menemukan transaksi mana yang lebih rendah.

Apakah penjualan yang lebih rendah dari pembelian produk, ataupun sebaliknya. Di mana melalui pencatatan ini Anda bisa melakukan kegiatan evaluasi, sehingga dari kesimpulan di atas bahwa buku kas umum memiliki peran penting bagi pebisnis.

Mengapa Penting Membuat Pencatatan Buku Kas Keluar?

Sering kali pebisnis tentunya mencampur aduk keuangan perusahaan dengan pribadi, yang biasanya akan membuat rancu dalam laporan keuangan.

Untuk itu sebagai pengusaha Anda sebaiknya melakukan pemisahan pembukuan terutama bagi transaksi buku kas keluar, adapun beberapa manfaat dalam pembukuan yaitu:

  • Mengurangi risiko kehilangan aset, produk, dan juga uang.
  • Dapat mengetahui kewajiban pajak terutang akibat bisnis yang dijalani.
  • Dapat mempengaruhi aset dalam laba rugi suatu bisnis di masa mendatang.
  • Dapat mengetahui besarnya nilai piutang dan hutang.
  • Dapat mengendalikan pengeluaran biaya akibat operasional bisnis.
  • Mengetahui perkembangan proses bisnis yang sedang dijalani.

Baca Juga: Cara Membuat Buku Besar Dan Contoh Mudahnya

Jika Anda ingin membuat pembukuan sederhana untuk bisnis, maka sebaiknya Anda harus mengetahui dasar apa saja dalam pembukuan yang berlaku bagi usaha kecil.

Ketika Anda memulai bisnis baru, maka kegiatan penting yang dilakukan yaitu dengan membuat pencatatan pengeluaran secara terpisah. Adapun beberapa contoh kas keluar yaitu biaya operasional, pembelian bahan baku, biaya gaji dan sebagainya dicatat dalam satu tabel.

Sebagai kesimpulannya Anda pun juga bisa mengetahui besarnya suatu modal bisnis yang Anda keluarkan, sehingga Anda juga bisa menetapkan target bahkan strategi untuk meraih modal Anda kembali.

Bagaimana Contoh dan Elemen Jurnal Pengeluaran Kas (Buku Kas Keluar)?

Merupakan jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat semua pengeluaran yang dilakukan secara tunai atau kas dari berbagai jenis transaksi yang terjadi di suatu perusahaan. Jadi, jurnal pengeluaran kas hanya digunakan untuk mencatat semua transaksi yang dapat mengurangi saldo kas perusahaan.

Contoh buku kas keluarPin

Penyusunan atau pencatatan jurnal pengeluaran kas dapat dicatat sebagai berikut yaitu di mana posisi kredit sebagai akun kas dan posisi debet sebagai akun-akun yang mengakibatkan berkurangnya nilai saldo kas perusahaan.

  1. Transaksi Jurnal Pengeluaran Kas

    • Pembelian barang dagang yang dilakukan secara tunai
    • Pembelian perlengkapan, peralatan, dan aset yang dilakukan secara tunai
    • Pembayaran utang perusahaan
    • Pembayaran biaya-biaya seperti biaya sewa, biaya gaji, biaya listrik, biaya telepon, dan biaya lainnya.
    • Pengambilan uang untuk keperluan pribadi si pemilik (prive)
  1. Elemen Bentuk Jurnal Pengeluaran Kas

    • Tanggal: Mencatat waktu terjadinya transaksi
    • Nomor bukti transaksi: Mencatat nomor bukti transaksi. Biasanya, nomor bukti transaksi berupa faktur penjualan
    • Keterangan: Mencatat keterangan transaksi yang terjadi
    • Referensi: Memberikan tanda yang berkaitan dengan pemostingan transaksi ke buku besar
    • Akun debet: Mencatat nominal bernilai debet. Kolom akun yang didebet dipecah menjadi 3 sub kolom yaitu akun pembelian, utang, dan akun serba serbi.
    • Akun pembelian: Mencatat nilai pembelian barang dagang yang dilakukan secara tunai
    • Utang: Mencatat pembayaran utang
    • Akun serba serbi: Mencatat akun-akun lainnya. Kolom akun serba serbi dipecah menjadi 2 sub kolom yaitu akun dan jumlah.
    • Akun kredit: Mencatat nominal bernilai kredit. Kolom akun yang dikredit dipecah menjadi 2 sub kolom yaitu akun kas dan potongan pembelian.
    • Akun kas: Untuk mencatat nilai uang tunai yang dikeluarkan
    • Potongan pembelian: Mencatat nilai potongan pembelian yang diterima atas transaksi pembelian barang dagang.
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  1. Contoh Jurnal Pengeluaran Kas

    Berikut ini sebagai format atas contoh buku kas keluar pada jurnal pengeluaran kas yang bisa Anda terapkan ke dalam bisnis di bawah ini.

    Contoh buku kas keluarPin

Seperti itulah format buku kas keluar atau jurnal pengeluaran, serta bagaimana tahap pengisian kolom tersebut, sehingga pencatatan tersebut harus dilakukan dengan benar dan akurat.

Karena buku kas sebetulnya juga berkaitan dengan jurnal khusus lainnya yaitu jurnal penerimaan kas, jurnal pembelian, dan jurnal penjualan yang perlu menjumlahkan perhitungan yang secara akurat dan detail.

Namun dengan pembukuan atau penjurnalan yang secara manual melalui excel ataupun dengan pembukuan lainnya, dapat menimbulkan resiko salah pencatatan serta selisih perhitungan.

Sehingga data keuangan yang Anda ingin lihat juga tidak selalu terupdate ataupun secara real time. Sekarang Anda bisa memanfaatkan teknologi akuntansi Harmony.

Apa sih itu Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Harmony juga mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Agar lebih optimal cobalah gunakan Harmony software secara Gratis selama 30 Hari di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK