Harmony Blog

Cara Mudah Menemukan Niche Market Untuk Bisnis Anda

Diupdate Feb 24th, 2021
3

SHARES

PEMBACA

niche marketPin

Munculnya strategi umkm pada bisnis niche market dapat membantu Anda dalam menghadapi dunia bisnis yang sudah padat persaingannya melalui kompetitor yang sama dengan bisnis Anda.

Niche market juga berguna sebagai perbandingan usaha Anda dari yang sebelumnya. Namun jika Anda menjalankan suatu bisnis online, Anda tentunya akan berpikir keras bagaimana caranya memiliki pasar yang tepat agar keuntungan dapat meningkat.

Dari strategi niche market salah satu hal bagian penting yaitu bagaimana cara menerapkan konsep niche market itu sendiri untuk diterapkan pada bisnis Anda.

Fungsinya niche market yaitu sebuah cara marketing dalam menjalankan strategi sehingga dapat melihat tren produk marketing yang sedang laku dipasaran untuk menjadi target pasaran bisnis Anda.

Dari sebagian masyarakat mungkin berawal menjalankan bisnis seperti bisnis online bisa saja belum begitu memahami apa itu niche market dan bagaimana memilih niche market yang tepat untuk bisnisnya.

Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir dan bingung karena pembahasan artikel kali ini akan membahas lebih jelas mengenai niche market yaitu dibawah berikut ini.

Pengertian Niche Market

Niche market adalah suatu kelompok bisnis khusus tertentu yang sangat tertarik dengan topik bisnis tersebut. Menjadi pelaku pemilik bisnis menggunakan niche market yaitu kesamaan pebisnis dalam menerapkan market yang memiliki banyak jenis kesamaan dari karakteristik kebutuhan, keinginan, hingga pada sebuah pilihan.

Namun dalam penerapan dan menentukan niche market ini tidak hanya berlaku untuk Anda yang ingin berbisnis. Tentunya juga dapat menentukan niche market yang sangat berguna bagi yang ingin menjadi blogger atau endorse.

Cara menentukan niche market yang spesifik maka anda akan bisa lebih menentukan langkah-langkah marketing yang cocok oleh sekelompok pebisnis tersebut.

Jika Anda sudah mengusai niche market, Anda bisa mengembangkan bisnis Anda untuk menjual produk yang sebagian mirip. Sehingga Anda hanya perlu fokus pada hal yang terkecil terlebih dahulu.

Penting bagi pemilik bisnis untuk tidak melakukan semua pekerjaan sendiri. Seperti halnya dalam keuangan, apakah Anda selama ini telah mendapatkan laporan keuangan dengan cepat? Kami memberikan solusi bagi Anda. Harmony Accounting Service merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

Gunakanlah layanan terbaik Harmony untuk mendapatkan pembukuan mudah setiap bulannya dan terjangkau dengan menggunakan harmony accounting services.

Contoh-Contoh Produk Niche Market

Beberapa contoh produk niche market bertujuan supaya dapat memperkecil persaingan dipasar. Ada beberapa kriteria keberhasilan contoh produk untuk niche marketing yaitu :

1. Produk Unik dan Kreatif

Dalam memiliki bisnis Anda bisa menawarkan produk unik bahkan kreatif kepada konsumen dan produk yang Anda tawarkan seharusnya memiliki perbedaan dengan produk kompetitor. Sebagai penjual produk unik akan selalu dicari oleh konsumen, karena konsumen pasti akan menyukai dan membeli. Seperti misalnya produk gadget apple merupakan produk yang unik dan selalu di cari oleh konsumennya dan banyak dari produk apple akan dijadikan koleksi oleh pelanggan fanatik sebuah brand dan produk uniknya.

2. Produk Berkualitas Baik

Sebagai pemilik bisnis Anda bisa menawarkan kepada konsumen produk yang berkualitas baik dan premium. Seperti misalnya produk samsung yang menciptakan produk elektronik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan kualitas premium dan bagus. Sehingga, harga jual yang ditawarkan juga berdasarkan harga diatas standar bahkan para pelanggan sangat puas dengan kualitas yang samsung promosikan.

3. Nama Brand atau Merek

Cara bagaimana pebisnis dalam menciptakan nama brand dan merek yang kuat sehingga mudah di ingat konsumen, hingga pada akhirnya konsumen selalu mudah mengingat nama brand produk tersebut dan bisa menjadi pelanggan yang setia.

Seperti misalnya nama brand citilink anak perusahaan garuda yang berhasil mengembangkan mereknya, Citilink yang berfokus kepada tiket perjalanan yang rendah, yang sudah memasuki bagian khusus bisnis bahkan juga sudah dilakukan oleh AirAsia, Lion Air dan Sriwijaya. Sebagai merek citilink menjadi pilihan pelanggan karena pelayanannya, fasilitasnya jarang sekali melakukan penundaan penerbangan, harga yang flat untuk setiap tiket pembeliannya. 

4. Tentukan Pengembangan Bisnis Pada Pasar Rendah

Untuk tetap fokus kepada pengembangan binis kelompok khusus walaupun permintaan pasar sedang rendah. Walaupun permintaan pasar rendah sebaiknya tentukan segmen pasar bisnis Anda untuk menciptakan ide dan inovasi baru untuk produk yang dikembangkan. Meskipun Anda tetap mampu mendapatkan keuntungan dari keadaan pasar yang sedang rendah.

Misalnya perusahaan mobil mewah seperti BMW, Audi, Mercedes selalu menawarkan teknologi fasilitas terbaru untuk menjual produknya walaupun jumlah pelanggan sangat terbatas tetapi mempunyai pembeli yang setia dan loyal.

5. Dapat Bersaing Dengan Pebisnis Lainnya

Sebagai pebisnis Anda harus bisa bersaing dengan kompetitor yang menjual produk yang sama produknya. Namun pada niche market, ada beberapa perusahaan menjual produk yang sama, walaupun perusahaan harus benar-benar fokus untuk dapat mengalahkan kompetitor lainnya. Misalnya perusahaan minuman coca-cola selama bertahun-tahun bersaing dengan perusahaan pepsi co dari segi minuman softdrink.

Baca Juga : Apa Itu Balanced Scorecard? Simak Pengertian dan Penerapannya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Strategi Niche Market

Untuk mengetahui lebih dalam strategi pemasaran produk untuk bisnis Anda, pada saat ini dalam mengindentifikasi dan menemukan cara strategi bisnis niche market khusus tertentu, berikut empat langkah strategi yaitu :

1. Keunggulan Produk Yang Menarik

Mulailah Anda dengan mempertimbangkan produk apa yang akan ditawarkan dan apa yang menjadi kelebihan produk tersebut. Dengan strategi pemasaran ini juga berperan dalam kekuatan dan perspektif unik sebuah produk yang terbaik. Sehingga, terapkan inovasi dan keunikan dari brand yang akan di promosikan oleh Anda. berikut hal ini berkaitan seperti:

• Bagaimana masalah spesifik apa yang diselesaikan dengan produk tersebut

• Apa saja masalah apa yang bisa selesaikan lebih baik oleh pesaing

• Untuk siapa saja yang akan terbantu oleh produk tersebut

2. Lakukan Penelitian Bisnis

Dengan memiliki sebuah inovasi yang bisa ditawarkan oleh produk dari brand yang akan di promosikan perusahaan Anda. cobalah pastikan bahwa ide itu merupakan ide yang menguntungkan. Dan cobalah lakukan analisis kompetitif untuk melihat apakah ada pesaing di area tersebut apabila ada, apa saja yang menjadi pesaing dari merek kompetitor.

3. Ketahui Target Pelanggan

Dengan cara lain untuk mendapatkan wawasan dan memunculkan sebuah inspirasi adalah melihat dari dekat target konsumen dan mengidentifikasi apa yang mereka inginkan dan butuhkan di saat ini atau masa yang akan datang. Untuk mengenal calon konsumen dapat membantu mengembangkan sebuah produk atau cara menyampaikan pesan yang baik dan unik pada media promosi yang baik kepada konsumen.

Hal ini sangat dibutuhkan pebisnis dalam riset pemasaran dengan menggunakan berbagai metode seperti bekerjasama dengan agen riset konsumen. Bahkan selain itu Anda juga dapat menggunakan bantuan social media tools. Dengan mencari informasi tersebut perusahaan dapat mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan menemukan peluang.

4. Pilih Target Segmen dan Selalu Evaluasi

Seperti kebanyakan strategi pemasaran, pengembangan tidak bisa berhenti disaat berhasil membuat strategi pemasaran niche market dan menganggapnya akan mencapai hasil yang diinginkan. Perusahaan harus terus menguji ide tersebut, meninjau hasilnya, dan terus menyesuaikannya.

Dengan kata lain, menjalankan bisnis dengan sasaran niche market akan lebih menyenangkan jika Anda melayani konsumen dari sebuah permasalahan bisnis yang ada. Itulah penjelasan tentang niche market, manfaatkan sebaik mungkin untuk mengembangkan bisnis Anda.

Pentingnya sebuah evaluasi dalam bisnis akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda kedepan. Salah satu hal yang perlu dilakukan evaluasi adalah keuangan. Bagaimana kondisi keuangan bisnis Anda saat ini? Apakah sudah terjaga dengan aman arus kas Anda? Coba gunakan Harmony sebagai sebuah solusi untuk kemudahan pengelolaan keuangan bisnis Anda secara Gratis 30 Hari disini.

Harmony merupakan software akuntansi online yang telah membantu ribuan UMKM untuk mendapatkan laporan keuangan yang teratur setiap harinya. Dengan fitur yang lengkap dan mudah dipahami Anda dapat melakukan pembukuan walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun.

Ingin mendapatkan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya? Kunjungi dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linkedin Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony