Harmony Blog

Cara Mudah Membaca & Analisa Laporan Arus Kas

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

cara membaca arus kasPin

Arus kas menjadi salah satu bagian penting dalam laporan keuangan.  Laba yang dihasilkan dalam laporan laba rugi tidak sama dengan kas yang dimiliki. Dengan memahami cara membaca arus kas Anda bisa mengetahui laba yang sebenarnya dihasilkan. Cara membaca arus kas memberikan Anda informasi terkait aliran dana yang masuk dan keluar.

Apa itu Laporan Arus Kas?

Laporan Arus Kas adalah rekonsiliasi informasi pada Laporan Laba Rugi dan Neraca Anda. Ini adalah ringkasan dari semua transaksi yang memindahkan uang masuk dan keluar dari rekening bank bisnis Anda. Singkatnya laporan arus kas merupakan bagian dari laporan keuangan yang menunjukkan keluar masuknya aliran dana kas. Sementara laporan laba rugi  menampilkan besaran laba rugi yang dihasilkan pada periode tertentu. 

Cara membaca arus kas cukup mudah yakni hanya perlu memahami 3 aktivitas utamanya.

Cara Menghitung Arus Kas

Dalam membuat arus kas terdapat 3 aktivitas yang perlu diperhatikan. Cara membaca arus kas bisa dimulai dengan memahami kas dari aktivitas operasi, investasi dan pendanaan.

• Aktivitas Operasional

Aktivitas operasional merupakan kegiatan yang umum dilakukan oleh perusahaan tersebut. Menganut GAAP (Generally Accepted Accounting Principles) menyatakan bahwa aktivitas operasional perusahaan terdiri atas aktivitas non kas dan kas. Aktivitas kas misalnya saja pembayaran royalti hingga pembayaran sewa iklan. Sementara aktivitas non kas meliputi depresiasi, amortisasi maupun kredit macet.

• Aktivitas Investasi

Cara membaca arus kas juga memantau bagaimana aktivitas investasi berlangsung. Apakah memiliki perkembangan yang positif atau malah sebaliknya. Contoh dari aktivitas investasi ini bisa berupa penjualan tanah, bangunan atau peralatan lainnya. Aktivitas investasi juga bisa berupa pembelian mesin baru untuk mendukung produksi atau pembelian gedung untuk keperluan gudang.

• Aktivitas Pendanaan

Terakhir, cara membaca arus kas juga dilihat dari aktivitas pendanaan yang dimilikinya. Aktivitas ini lebih mengenai sumber pendanaan yang diperoleh perusahaan. Apakah perusahaan mendapatkan suntikan dana dari pinjaman, modal sendiri maupun emisi obligasi. Transaksi pada aktivitas pendanaan juga meliputi wesel, hipotik hingga saham.

Baca Juga : 5 Manfaat Laporan Keuangan Dalam Bisnis dan Contohnya

Fungsi Arus Kas

Dalam laporan keuangan arus kas memang memiliki peran yang amat penting. Fungsi arus kas sendiri dalam laporan keuangan terbagi atas beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menunjukkan kemana aliran dana masuk dan keluar serta menunjukkan saldo kas sebenarnya.

2. Sebagai dasar penilaian aktivitas operasional dalam periode tertentu. Cara membaca arus kas bisa dengan memahami setiap aktivitas kas. Dengan begitu Anda bisa merencanakan investasi maupun kegiatan pendanaan di masa depan.

3. Cara membaca arus kas dianggap penting karena arus kas juga dijadikan pembanding kinerja perusahaan dari waktu ke waktu.

4. Dari laporan arus kas diketahui pula perbedaan antara laba bersih dan arus kas bersih yang mana ditunjukkan pada aktivitas operasionalnya. Cara menghitung arus kas dari aktivitas operasional adalah dengan menambahkan beban non kas seperti depresiasi dan mengurangi beban operasional yang mengeluarkan uang seperti pembayaran gaji karyawan.

Laporan arus kas juga diperlukan untuk memperhitungkan rasio arus kas. Rasio ini dapat mengukur kemungkinan perusahaan membayar utang maupun aset tetap dari ketersediaan kas yang ada. Semakin tinggi rasionya maka semakin baik kinerja perusahaan tersebut dalam menghasilkan uang.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Laporan Arus Kas

Cara membaca arus kas bisa lebih mudah dipahami bila Anda mampu memahami contoh kasus dibawah ini :

Dalam ribuan rupiah

Image 40Pin

Dari contoh analisis laporan arus kas cara membaca arus kas diatas apabila penerimaan lebih besar ketimbang pengeluaran akan dikenal dengan arus kas masuk bersih. Bila sebaliknya disebut sebagai arus kas luar bersih.

Untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan andalkan saja Harmony Accounting Software. Software ini bisa untuk menghasilkan laporan keuangan dengan tampilan elegan dan mudah dipahami. Bisa pula menggunakan mata uang berganda dan tak terbatas user. Anda bisa menggunakan software Harmony GRATIS selama 30 Hari cukup dengan membuat akun disini.

Bagi Anda yang sibuk dan ingin terima beres pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan layanan Harmony Accounting Service. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK