Harmony » Blog » 

Bagaimana Cara Menghitung Nilai Buku (Book Value)?

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 16, 2021

Tahukah Anda istilah nilai buku yang sering digunakan dalam pembukuan akuntansi? Secara definisi book value atau nilai buku adalah sebuah nilai aset perusahaan yang tercatat pada informasi akun-akun.

Nah nilai buku ini juga tidak bisa disamakan dengan nilai pasar karena harga yang dicatat pada pembelian aset tersebut, akan dikurangi dengan depresiasi atau pengurangan nilai tersebut sehingga dibebankan ke dalam pendapatan perusahaan.

Dengan kesimpulan nilai buku adalah suatu biaya yang dikurangi dengan adanya akumulasi depresiasi, bahkan pada pembukuannya nilai buku adalah perhitungan yang mengurangi total aset dengan aset tidak berwujud serta liabilitas.

Nilai buku adalah suatu informasi yang menunjukkan aset perusahaan tersebut dijual di atas harga pasar ataupun di bawah.Click to Tweet

Apa Yang Dimaksud Nilai Buku?

Berdasarkan definisinya nilai buku juga bisa diartikan sebagai nilai aktiva bersih (NAB) atau net asset value (NAV), di mana nilai ini dihitung sebagai total aset yaitu aktiva lancar dan aktiva tetap dengan aset tidak berwujud serta liabilitas.

Menghitung Nilai Buku

Namun pada konteks saham bahwa nilai buku adalah selisih dari jumlah aset perusahaan dikurangi dengan berbagai utang maupun liabilitas. Sehingga nilai buku juga dapat dikenal sebagai ekuitas.

Di mana ekuitas ini merupakan kekayaan bersih dalam sebuah perusahaan, maupun sisa aset kepemilikan yang sebelumnya sudah dikurangi dengan kewajibannya.

Bahkan dalam metode untuk menentukan besarnya nilai ekuitas dalam laporan keuangan juga cukup beragam, tergantung bentuk atau jenis usaha perusahaan.

Di mana bagi perusahaan perorangan nilai ekuitas akan menunjukkan laporan perkiraan modal tunggal, sedangkan pada PT atau perseroan terbatas akan menunjukkan selisih antara aset dan liabilitas yang disebut sebagai ekuitas pemilik saham.

Apa Saja Tujuan Dari Nilai Buku?

Untuk menetapkan nilai buku pada suatu aset dengan tujuan yang jelas, maka adapun dua tujuan yang dimiliki:

  • Tujuan utama merupakan suatu petunjuk untuk melihat nilai rupiah aset pada suatu perusahaan, yang mana nantinya diterima oleh pemilik bisnis dan harus melakukan likuidasi.
  • Dapat memberikan informasi gambaran mengenai apakah perusahaan tersebut, dijual dengan diatas harga pasar atau di bawah apabila dibandingkan dengan nilai pasar yang ada.

Nah pada nilai buku ini tidak hanya diterapkan pada keuangan perusahaan saja, tetapi juga bisa untuk keuangan pribadi. Di mana secara khusus bisa menghitung nilai investasi.

Secara kesimpulannya book value merupakan harga investasi yang dibayar demi mendapatkan suatu aset, di mana perusahaan melakukan kegiatan transaksi jual beli saham.

Tahap-Tahap Cara Menghitung Nilai Buku

Meskipun cara menghitung nilai buku terlihat sederhana, namun tentu saja akan membutuhka ketelitian yang mendetail. Nah adapun beberapa tahap yang bisa Anda lakukan yaitu:

Definisi Nilai Buku

  • Mengetahui Konsep Nilai Buku

    Setelah Anda memahami pengertian nilai buku, tentunya Anda juga harus mengetahui konsep dari cara kerja book value tersebut. Dengan contoh rumus nilai buku adalah nilai aset yang dicatat dan kemudian dikurangi nilai penyusutan. Sehingga apabila nilai aset tersebut bisa terus stagnan tanpa perubahan, maka istilah penyusutan penyusutan book value besarnya tidak sama dengan aset lainnya.

  • Memperoleh Penentuan Biaya

    Dengan memberikan penentuan biaya yang akan dihitung sebagai unsur book value. Untuk itu langkah awal yang harus dilakukan yaitu dengan menentukan nilai awal dari aset tersebut. Di mana nilai aset yaitu jumlah yang harus dibayar supaya mendapatkan suatu aset dengan waktu tertentu, jika sudah maka Anda dapat menghitung nilai penyusutannya.

    Munculnya nilai penyusutan dikarenakan faktor yang menjadi peran penting untuk menentukan hasil akhir book value, sehingga adanya beban penyusutan aset ini akan memperoleh akumulasi penyusutan dalam buku besar. Tetapi Anda sebaiknya juga berhati-hati karena akumulasi penyusutan akan dihitung secara keseluruhan pada semua jenis aset, sehingga Anda harus menghitungnya lebih mendetail.

  • Menetapkan Metode Penyusutan

    Adanya penyusutan merupakan suatu beban perusahaan yang mengurangi jumlah pendapatan serta beban pajak, yang mana besarnya jumlah penyusutan ini tidak tergantung pada aset saja. Namun juga pada book value ini menggunakan metode penyusutan yang paling banyak yaitu dengan metode garis lurus, tetapi juga beberapa usaha lainnya masih menggunakan metode saldo menurun.

Memahami Nilai Buku Per Lembar Saham

Dalam pengertiannya nilai buku per lembar saham atau book value per share (BVPS) merupakan perolehan nilai ekuitas yang dibagi atas jumlah saham saat beredar.

Sehingga BVPS dapat dikatakan juga sebagai nilai ekuitas per saham, di mana secara teoritis bahwa BVPS adalah perolehan nilai yang sama bagi para pemegang saham ketika perusahaan mengalami pailit. Maka dari itulah nilai buku per lembar saham ini mempunyai peran penting untuk mengetahui imbal hasil ataupun keuntungan investasi.

Sebagai contoh, dalam laporan keuangan dari PT XYZ Tbk, pastinya akan memiliki total jumlah lembar saham yang beredar sebanyak 25.960.290.700 lembar saham, bahkan hampir menyentuh angka 26 miliar lembaran saham.

Nilai jumlah ekuitasnya di bulan April tahun 2020 sebanyak Rp36.318.486.000.000 atau Rp36,3 triliun. Maka perhitungan book value per lembar saham dari PT XYZ Tbk yaitu sebagai berikut: Rp36.318.486.000.000 : 25.960.290.700 = Rp1.399,00 per lembar saham.

Sehingga adanya perhitungan di atas, Anda sudah mengetahui bahwa nilai buku dari PT XYZ Tbk per lembar sahamnya sebesar Rp1.399,00 per lembar saham.

[elementor-template id="26379"]

Cara Menganalisis Book Value Pada Saham

Terkait informasi mengenai book value per lembar saham juga dapat untuk menganalisa harga suatu saham, di mana rasio ini digunakan oleh pihak investor untuk membandingkan harga saham dengan ekuitas kepemilikannya.

Untuk itu rasio yang membagi harga saham beredar di pasar dengan nilai buku per lembar saham, bisa digunakan untuk membuat perkiraan nilai wajar saham.

Di mana suatu saham yang memiliki rasio PBV yang tinggi dapat dikatakan memiliki valuasi yang tinggi juga, namun pada saham yang mempunyai PBV di bawah satu, dapat diartikan memiliki nilai valuasi yang rendah.

Demikianlah penjelasan mengenai book value yang bisa Anda simpulkan bahwa, book value adalah suatu nilai kepemilikan suatu aset di dalam neraca keuangan atau pembukuan perusahaan.

Namun menghitung book value ini juga berkaitan dengan penyusutan aset serta laporan neraca yang mendetail bukan? Oleh karena itu sebaiknya Anda cobalah untuk memakai pembukuan software Harmony.

Apa Itu Software Harmony? Aplikasi Harmony adalah solusi pembukuan keuangan yang modern, rapi, dan instan. Membantu Anda mengelola keuangan serta pencatatan transaksi finansial secara lebih modern dan otomatis.Pembukuan jadi lebih mudah dan cepat dibuat untuk mendukung kelancaran bisnis Anda.

Yuk, manfaatkan Software Akuntansi Harmony, Daftarkan diri Anda melalui link di sini sekarang GRATIS 30 Hari pemakaian Aplikasi Harmony. Buktikan keunggulan fitur-fiturnya dan tingkatkan sistem pembukuan bisnis Anda ke level selanjutnya.

Ikuti terus akun akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk update tips-tips dan berita informatif lainnya setiap hari.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram