Harmony Blog

Bagaimana Cara Menghitung Nilai Aktiva Bersih (NAB)?

Diposting Apr 13th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Nilai Aktiva BersihPin

Apa itu nilai aktiva bersih? Apakah yang dimaksud adalah nilai aktiva tetap? Jawabannya tentu bukan secara fisik sebuah aset tetap seperti mesin, kendaraan dan lainnya. Namun NAB ini termasuk dalam jenis aktiva lancar yang bisa dikonversi kepada unit rupiah.

Secara umum NAB digunakan pada dunia investasi dan kemungkinan secara khusus juga dipakai pada investasi reksadana. Nah sebagai pebisnis Anda yang ingin melakukan investasi atau menjadi investor pemula, harus dapat menemukan data terbaru untuk melihat nilai tinggi NAB atau nilai aktiva bersih melalui website Otoritas Jasa Keuangan.

Dengan demikian nilai aktiva bersih adalah nilai yang menunjukkan total kekayaan secara bersih. Total inilah yang didapat dari surat berharga, saham obligasi, deposito dan sebagainya.

Adanya nilai aktiva bersih adalah suatu perhitungan atas investasi yang mengukur keuntungan yang didapat.Click to Tweet

Apa Yang Dimaksud Nilai Aktiva Bersih?

Pada dasarnya nilai aktiva bersih atau NAB disebut sebagai net asset value atau NAV, di mana nilai aktiva bersih adalah jumlah total nilai investasi dari suatu reksadana.

Bahkan kebanyakan orang menyebut NAB atas jumlah dana kelola biasanya disebut sebagai asset under management (AUM), sehingga secara sederhana nilai aktiva bersih dalam reksadana adalah sebuah jumlah dana yang dikelola oleh manajer invstasi melalui reksadana.

Selain itu nilai aktiva bersih atau net asset value dihitung setiap hari sesuai dengan perdagangan bursa yang lalu dan disebarluaskan melalui berbagai media. Sehingga perhitungan nilai aktiva bersih didapat dari total jumlah nilai pasar suatu aset misalnya saham, surat utang, deposito. Setelah itu dikurangi kustodian, pajak dan biaya operasional.

Disamping itu ada juga nilai aktiva bersih per unit penyertaan atau disebut NAB/UP. Nah bedanya NAB biasa dengan NAB/UP adalah suatu harga NAB yang dibagi dengan jumlah unit penyertaan. Sehingga dengan investasi melalui reksa dana, maka seorang investor disebut sebagai pemegang unit penyertaan. Bahkan harganya akan dapat berubah tergantung nilai instrumen investasi yang didapat dalam portofolio.

Baca Juga : 5 Perbedaan Aset Tetap Berwujud dan Tidak Berwujud

Bagaimana Membedakan Nilai Aktiva Bersih Dengan Harga Pasar Saham?

Apabila suatu saham perusaan yang tersedia bagi pihak investor dan dapat diperjual belikan, maka sebaiknya saham tersebut harus melalui pasar di bursa saham.

Apa itu nilai aktiva bersihPin

Melalui biaya serta bagiannya juga sama dengan biaya yang ada di bursa saham, dengan cara faktor penentunya adalah supply-demand atau potensi perusahaan. Sehingga nilai aktiva bersih dalam suatu saham akan terus selalu berbeda.

Bagaimana Cara Menghitung Nilai Aktiva Bersih?

Adapun contoh perhitungan NAB yang berdasarkan rupiah atau perunitnya sebagai berikut:

  1. Menghitung Berdasarkan Rupiah

Pada tanggal 06 Mei 2020, Ibu Cahaya membeli Reksadana PT.Sukses sebesar Rp8.000.000. NAB/unit Reksadana PT. Sukses pada hari itu adalah Rp.1.600. Maka unit penyertaan yang Ibu Cahaya miliki adalah senilai Rp8.000.000/1.600 = 5.000 unit penyertaan.

  1. Menghitung Berdasarkan Unit

Nah Ibu Cahaya ingin membeli reksa dana PT. Sukses sebanyak 6.000 unit, maka uang yang harus diinvestasikan untuk membeli 6.000 unit reksa dana PT. Sukses adalah Rp1.600 x 6.000 = Rp9.600.000.

Berdasarkan teori perhitungan dari dua contoh di atas lebih sering digunakan untuk pada contoh yang pertama, dibandingkan dengan cara yang kedua. Selain itu jika Anda ingin membeli reksa dana sebaiknya dilakukan sebelum jam 12 siang di hari Senin, karena nilai NAB/UP terbaru keluar di hari Selasa. Jika melewati jam 12 maka nilai NAB/UP akan muncul di hari Rabu.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Peran Nilai Aktiva Bersih Pada Kinerja Reksa Dana?

Sering kali sebagai investor tentu akan memikirkan nilai reksadananya sama seperti harga saham, maka dari itu keyakinan tersebut dimiliki bahwa dana NAB/UP yang lebih rendah dari nilai investasi akan lebih baik.

Kinerja nilai aktiva bersihPin

Ternyata justru sebaliknya indikator utama reksadana adalah nilai aktiva bersih yang rendah, tidak bisa diartikan sebagai kepemilikan nilai investasi yang menguntungkan atau sebaliknya. Namun pada suatu NAB/UP juga tidak dapat menunjukkan murah ataupun mahalnya suatu unit reksadana, sehingga seiring meningkatnya jumlah aset dan dana yang dikelola maka NAB juga akan mengalami peningkatan harga.

Oleh karena itu NAB/UP bukan satu-satunya indikator yang bisa dijadikan faktor penentu untuk memilih unit reksadana. Contoh pada tanggal 15 April 2020, NAB/UP dari reksadana PT. Sukses adalah senilai Rp1.600, dan reksadana PT. Cahaya adalah Rp2500. Meskipun perbedaan yang signifikan ini terdapat dari kedua reksadana, tetapi bisa saja kinerja dari kedua tersebut sama atau bahkan hampir sama.

Sehingga secara umum NAB/UP tidak dapat mempengaruhi kepemilikan investasi reksadana Anda. Sebagai kesimpulannya NAB/UP hanya dapat menggambarkan bagaimana perhitungan suatu aset dasar. Nah dalam mengukur perhitungan NAB ini adalah dengan cara bagaimana Anda dapat menganalisa pengembalian, serta nilai AUM dan struktur biaya reksadana sebelum dimulainya investasi.

Meskipun nilai aktiva bersih dalam reksadana bisa digunakan setiap hari untuk mengetahui performa reksadana, namun secara fluktuasi NAB bukanlah suatu alat pengukuran performa yang tepat. Adanya harga NAB/PUP juga tidak dapat menunjukkan keuntungan, atau kerugian maupun menilai investasi dengan harga yang murah hingga mahal.

Namun dengan cara melakukan analisa pada performa historis reksadana serta struktur biaya untuk menentukan kinerja reksadana. Sehingga tidak ada salahnya jika Anda ingin mengenali lebih dalam soal investasi. Melalui analisa inilah Anda juga mudah memahami potensi keuntungan atau imbal hasil serta resiko yang didapat, dengan beberapa perhitungan nilai aktiva bersih di atas bisa Anda pelajari agar Anda paham mengenai investasi.

Sehingga semakin Anda cerdas untuk berinvestasi maka biasanya Anda pun akan lebih sulit dalam mengontrol keuangan karena keuntungan yang selalu berlipat ganda maupun biaya lainnya. Agar pengelolaan keuangan Anda lancar disarankan untuk menggunakan teknologi berbasis cloud yang membantu Anda membereskan pencatatan keuangan bisnis Anda seperti Harmony Accounting Software.

Melalui software Harmony Anda bisa membuat pencatatan penghasilan mulai dari investasi online sampai dengan pengeluaran bisnis lain. Dengan mudah, Anda bisa monitor keuangan bisnis Anda dimanapun dan kapanpun dalam satu aplikasi. Jangan tunda lagi, segera klik di sini untuk menggunakan software akuntansi Harmony GRATIS dalam sebulan penuh.

Untuk mengetahui informasi terkait Harmony, Anda juga bisa mengikuti sosial medianya seperti Facebook, Instagram dan Linked In.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony