Harmony Blog

Cara Menghitung Dana Darurat Usaha Anda

Diupdate Mar 16th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

cara menghitung dana daruratPin

Emergency fund atau dana darurat merupakan uang atau dana yang disimpan khusus untuk menghadapi keadaan sulit, seperti saat usaha pailit, menderita penyakit kronis, kecelakaan, termasuk ketika ada bencana nasional. Kondisi yang tidak dapat diduga inilah yang mengharuskan Anda menyiapkan dan mengetahui cara menghitung dana darurat.

Pisahkan rekening dana darurat dengan rekening bulanan atau tabungan jangka pendek untuk menghindari pemakaian yang sembrono.Click to Tweet

Aset emergency fund dapat berupa uang tunai atau aset likuid lainnya. Supaya mudah diambil, pastikan Anda menyimpan dana darurat di rekening yang mudah diakses. Walaupun begitu, Anda tidak boleh menggunakan emergency fund diluar kondisi darurat. Pisahkan rekening dana darurat dengan rekening bulanan atau tabungan jangka pendek untuk menghindari pemakaian yang sembrono.

Karena pentingnya menyiapkan dana darurat untuk keamanan keuangan Anda, dianjurkan untuk menyiapkan emergency fund sejak dini. Besarnya bergantung pada sejumlah faktor seperti kondisi anggaran keuangan, gaya hidup, dan hutang piutang.

Cara Menghitung Dana Darurat

Cara menghitung dana darurat bisnis disesuaikan dengan keadaan Anda saat ini, apakah single atau sudah berkeluarga, berapa orang yang ditanggung, serta kondisi ekonomi usaha Anda. Maka wajar saja bila cara menghitung dana darurat tiap orang berbeda-beda.

  • Lajang/ single

Cara menghitung dana darurat bagi Anda yang belum berkeluarga berpatokan pada pengeluaran penunjang pekerjaan dan kebutuhan pokok. Untuk kebutuhan bersosialisasi seperti nongkrong dan hobi tidak dimasukan dalam perhitungan. Besarnya emergency fund untuk satu orang idealnya tiga hingga enam kali pengeluaran bulanan.

Contohnya, Anda adalah pemilik usaha warung kopi di kota besar dengan penghasilan rata-rata 10 juta rupiah. Untuk keperluan sehari-hari menghabiskan 6 juta rupiah. Maka cara menghitung dana darurat idealnya 3 kalinya 6 juta rupiah, yaitu 18 juta rupiah. Rumus dana darurat ini dapat berubah apabila kondisi sosial ekonomi Anda juga berubah.

  • Sudah berkeluarga

Bagi yang sudah berkeluarga, maka cara menghitung dana darurat akan berbeda karena jumlah tanggungan jiwanya lebih banyak. Contohnya Anda dan pasangan dikaruniai 2 anak balita. Total penghasilan Anda dan pasangan sejumlah 13 juta rupiah, dengan pengeluaran bulanan 10 juta rupiah. Maka cara menghitung dana darurat untuk empat orang idealnya 12 kalinya 10 juta rupiah, yaitu 120 juta rupiah.

Rumus dana darurat untuk pasangan yang belum memiliki anak tidak jauh berbeda dengan pasangan dengan dua anak. Sebagai patokan rumus dana darurat untuk orang yang sudah menikah berkisar 12-24 kali pengeluaran bulanannya, tergantung jumlah anggota keluarga.

Cara Mengumpulkan Dana Darurat

Cara-mengumpulkan-dana-daruratPin

Untuk mengumpulkan dana darurat dalam bisnis, Anda dapat menggunakan berbagai alternatif. Namun sebelum Anda mengetahui cara mengumpulkan dana darurat, sebaiknya Anda harus menyiapkan tempat atau tabungan baru untuk menyimpan emergency fund.

Sisihkan sebagian pendapatan Anda untuk disimpan ke tabungan emergency fund. Untuk mengetahui berapa dana bisnis yang harus disisihkan, Anda dapat membuat catatan keuangan serta cantumkan target tertentu setiap bulannya.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Hal ini merupakan cara mengumpulkan dana darurat paling dasar. Dengan begitu cara mengelola keuangan yang baik menjadi suatu hal yang perlu dilakukan sebelum terjadi hal yang darurat.

Software Akuntansi Harmony, Pembukuan Keuangan Modern

Dengan melihat catatan keuangan, Anda dapat menentukan apakah Anda butuh pemasukan tambahan atau cukup. Bila dirasa kurang Anda dapat mencari penghasilan tambahan dengan berjualan kebutuhan umum. Seperti masker, hand sanitizer, sarung tangan, hingga aksesoris masker.  Cara mengumpulkan dana darurat yang terakhir adalah berinvestasi. Pilihlah investasi jangka pendek dengan tingkat resiko yang lebih rendah.

Pentingnya menabung, berinvestasi, serta merencanakan keuangan akan mewujudkan kondisi keuangan bisnis yang stabil. Oleh karena itu, Software Akuntansi Harmony hadir untuk membantu bisnis Anda menganalisa keuangan bisnis dengan lebih cepat, praktis dan modern.

Software Akuntansi Harmony didukung fitur dan modul yang bisa diintegrasikan dengan mudah. Sehingga, menyederhanakan tugas akuntansi perusahaan. Klik di sini sekarang GRATIS (trial 30 days) Software Akuntansi Harmony. Jangan lupa, ikuti terus update info menarik lainnya melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Harmony juga memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service, yaitu merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony