Sudahkah Anda memiliki pembukuan usaha yang secara praktis? Nah jika belum, ada baiknya Anda memahaminya secara umum.
Pembukuan usaha adalah sebuah dasar dari dalam pembuatan laporan keuangan. Biasanya membuat pembukuan usaha dilakukan oleh pengusaha di semua bidang mulai usaha kecil hingga usaha besar.
Tentunya pencatatan pembukuan sederhana tersebut harus dapat dipahami oleh semua kalangan atau pihak pembaca.
Melalui pembukuan usaha ini, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan bisnis, melihat kerugian, keuntungan omzet, dan kegunaan lainnya.
Untuk membantu Anda dalam era digital ini, perhatikan artikel berikut ini. Akan disampaikan cara melakukan pembukuan usaha dengan mudah dan modern.
Table of Contents
Biasanya kesalahan utama yang dilakukan oleh pebisnis yaitu mencampurkan keuangan pribadi atau bisnis lainnya.
Seringkali sebagai pebisnis pemula pasti merasa kebingungan atas pemisahan keuangan tersebut.
Hal tersebut akan mengakibatkan kerancuan keuangan, maka dari itu Badan Pusat Statistik (BPS) biasanya akan mengelompokkan UMKM berdasarkan kuantitas tenaga kerja yaitu:
Nah, sebagai pebisnis sebaiknya mengenal bagaimana pentingnya dalam membuat pembukuan usaha.
Di mana secara umum pembukuan usaha dikenal sebagai suatu proses pencatatan, yang dilakukan secara teratur dalam mengumpulkan data hingga informasi keuangannya.
Berikut ini ada beberapa manfaat dari pembukuan sederhana dalam keuangan bisnis:
Baca Juga: Cara Membuat Buku Besar Dan Contoh Mudahnya
Sebelum Anda melakukan pembukuan sederhana dalam usaha kecil, maka sebaiknya ketahui dahulu dasar pembuatan pembukuan bagi suatu bisnis.
Ketika melakukan sebuah kegiatan bisnis, hal pertama dilakukan yaitu melakukan pembukuan atas pencatatan pengeluaran yang terpisah.
Adapun beberapa jenis pengeluaran tersebut yaitu pengeluaran biaya operasional, pembelian bahan baku, hingga pembiayaan gaji karyawan.
Nah pengeluaran ini sebaiknya dilakukan secara pencatatan dalam satu tabel yang detail dan jelas, sehingga cara ini bisa Anda ketahui besarnya modal usaha yang sudah dikeluarkan.
Jika ada pengeluaran tentu juga ada pemasukan dalam bisnis Anda, maka lakukanlah pencatatan pembukuan pemasukan secara terpisah.
Tujuan pencatatan ini dilakukan agar Anda bisa mencatat berbagai jenis pemasukan seperti penjualan produk, ataupun piutang yang telah dibayar oleh konsumen.
Pencatatan ini merupakan hal penting dalam pembukuan sederhana untuk keuangan bisnis Anda. Mengapa begitu?
Karena kegiatan ini harus dilakukan secara terus-menerus setiap hari untuk memantau keuntungan yang didapat oleh pebisnis.
Sebagai pengusaha bahwa penting sekali untuk menyediakan buku stok yang dimiliki secara terpisah, setelah itu lakukanlah pencatatan laporan stok secara kontinu atas barang masuk dan keluar sepanjang hari.
Adanya pencatatan ini bertujuan dilakukan secara periodik atau perpetual yang dapat membantu Anda supaya bisa mengawasi dan memonitor barang pada perusahaan Anda.
Apalagi ketika Anda dalam waktu dekat untuk menambah target penjualan hingga membuka cabang.
[elementor-template id="26379"]
Selain itu tidak hanya melakukan stok barang saja, Anda juga harus dapat mengawasi inventaris barang usaha.
Biasanya pencatatan inventaris ini berisi anggaran belanja, sumbangan, dan hibah yang dilakukan pada buku inventaris.
Dengan adanya manfaat pencatatan ini supaya aset yang Anda miliki bisa terkendali secara baik, bahkan keuntungan lainnya yaitu bisa mencegah barang supaya tidak mudah hilang dan kegiatan mutasi juga menjadi semakin mudah.
Setelah Anda membuat pencatatan pemasukan dan pengeluaran maka sebaiknya melakukan pembukuan kas.
Dengan tujuan untuk menggabungkan kas masuk dan keluar untuk mengetahui keuntungan ataupun kerugian yang dialami perusahaan.
Adanya buku kas utama ini mempunyai kegunaan yang penting dalam membuat strategi dan perencanaan apabila perusahaan memiliki biaya yang tidak terduga di masa mendatang.
Terakhir dalam pembukuan usaha yaitu Anda tidak boleh melewatkan mencatat segala macam pendapatan atau beban pada perusahaan selama periode tertentu melalui pembukuan laba rugi atau laporan laba rugi.
Di mana manfaatnya bisa memantau perusahaan tersebut mengalami kerugian atau keuntungan atau justru kerugian.
Sehingga adanya laba rugi ini berguna menentukan nilai investasi aliran kas pada masa mendatang.
Supaya Anda lebih memahami cara membuat pembukuan sederhana untuk usaha kecil, cobalah ikuti penggunaan aplikasi pembukuan usaha kecil secara singkat di bawah ini untuk memudahkan Anda:
Masuk ke aplikasi Harmony.co.id, Apabila Anda belum punya? Miliki akun Gratis 30 Hari klik di sini.
Jika Anda sudah login, maka yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menyesuaikan “Chart of Accounts” transaksi bisnis Anda ke dalam daftar akun Harmony.
Namun apabila Anda terbiasa menggunakan Nama Akun dan Kode Akun yang sudah dimiliki Perusahaan Anda.
Maka sebaiknya Anda dapat mengubahnya secara langsung. Tetapi jika Anda tidak menemukan Akun yang biasa Anda gunakan, langkah berikutnya yaitu Anda bisa buat akun baru “New Account” tersebut ke Harmony.
Kemudian, untuk melakukan input transaksi pengeluaran dan pemasukan Anda bisa menggunakan invoice atau bill secara periode. Dengan cara masuk ke menu dashboard Harmony.
Berikutnya Anda dapat pilih “Create New Invoice”, atau Anda juga bisa ke pilihan menu “Create New Bill”. Setelah itu Anda bisa mengisi sesuai informasi yang ada pada kolom tersebut setelah itu klik “Create”.
Setelah itu dalam memiliki barang tentunya juga membutuhkan pencatatan laporan stok barang atau inventory, dimana Anda bisa masuk ke menu dashboard “Inventory” lalu klik “New Items”.
Kemudian untuk memantau dan membereskan persediaan bisnis yang Anda miliki setiap harinya, Anda bisa masuk ke dalam menu lalu pilih “Report”. Setelah itu klik “Inventory”.
Namun jika Anda ingin memantau laporan laba rugi atau laporan arus kas Anda, dalam mengetahui keuntungan dan kerugian. Maka Anda bisa ke dalam menu klik "Dashboard" secara cepat. Lalu pantau laporan profit and loss atau cash flow Anda sesuai periode yang Anda inginkan dengan melihat omzet Anda secara realtime.
Melalui aplikasi pembukuan usaha seperti software Harmony yang sangat mudah bukan?
Jika dibandingkan dengan pembukuan secara manual akan membutuhkan waktu yang lama, dan tentunya akan terjadi human error dalam perhitungan keuangan bisnis Anda.
Namun hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi Anda jika Anda menggunakan sistem pembukuan dan laporan keuangan yang berbasis cloud technology.
Harmony yang dapat dengan mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time.
Penasaran? Silakan registrasi data diri Anda di sini, dan dapatkan Gratis selama 30 Hari untuk bisa menikmati segudang fitur, layanan dan manfaat yang diberikan pada bisnis Anda hanya di Harmony.
Mau update info menarik dan penawaran terbaik kami selanjutnya? Ayo, follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.