Harmony Blog

Cara Membuat Laporan Laba Rugi Lengkap Beserta Contohnya

Diupdate Mar 19th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Cara Membuat Laporan Laba RugiPin

Pada umumnya, cara membuat laporan laba rugi adalah sebuah kewajiban pada setiap perusahaan maupun setiap industri lainnya dengan melakukan teknik pelaporan yang sama. Dalam pendidikan akuntansi cara membuat laporan laba rugi sangat penting untuk menambah skill dan dapat dipelajari lebih dalam.

Bagi pemilik bisnis laporan laba rugi adalah suatu pencatatan yang menjadi kebutuhan sehari-hari, sehingga keuntungan maupun kerugian bisnis dapat diketahui oleh kepentingan perusahaan.

Hanya saja, baik itu rugi atau laba adalah unsur yang penting dalam membuat laporan laba rugi. Penting untuk mengetahui beberapa karakteristik laporan keuangan. Umumnya laporan keuangan yang dibutuhkan seperti laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, laporan perubahan modal, laporan arus kas, dan bahkan catatan atas laporan keuangan.

Untuk lebih fokus pada artikel ini akan bertujuan kepada cara membuat laporan laba rugi supaya memudahkan pemilik bisnis, investor dalam memahami laporan dan memperluas pengetahuan pembaca bagaimana cara membuat laporan laba rugi.

Pengertian Laporan Laba Rugi

Seperti yang dilansir wikipedia, laporan adalah suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang Pemuda pancasila. Salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya.

Sedangkan laporan laba rugi adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih.

Sehingga secara umum apa itu laba? Laba adalah unsur yang terdapat di dalam laporan laba rugi yang menjadi suatu ukuran kerugian ataupun keuntungan dalam laporan tersebut.

Untuk membuat laporan laba rugi adalah suatu hasil proses penyajian dalam contoh laporan keuangan yang memberikan suatu gambaran di mana terdapat kejadian pengeluaran dan pendapatan dari suatu transaksi.

Laporan keuangan juga berkaitan dengan adanya siklus akuntansi seperti membuat jurnal umum, membuat buku besar, jurnal penyesuaian, menyusun neraca saldo serta pencatatan lainnya yang dibutuhkan untuk membuat laporan.  

Bahkan unsur rugi atau laba adalah hasil suatu informasi mengenai perusahaan apakah perusahaan itu sehat atau tidak mengenai laba yang dihasilkan, ataupun rugi selama periode bulanan maupun tahunan sehingga dapat memperlihatkan suatu kinerja tingkat perusahaan.

Laporan laba rugi juga sangat berfungsi bagi setiap pengusaha sebagai penentu tingkat nilai investasi perusahaan dan penentuan profitabilitas. Dengan hadirnya laporan laba rugi akan memudahkan para investor dalam membaca kinerja perusahaan yang terdapat pergerakan laporan laba rugi antara selisih pendapatan maupun selisih pada beban.

Adapun Tujuan Cara Membuat Laporan Laba Rugi

Berikut ini ada beberapa tujuan dalam membuat laporan laba rugi perusahaan, yaitu :

1. Menghitung besarnya pajak perusahaan.

2. Memeriksa serta mengevaluasi hasil laba di setiap waktu.

3. Mengukur atau menilai efisiensi perusahaan berdasarkan hasil nilai usaha.

Apa Itu Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Cara membuat laporan laba rugi perusahaan dagang juga merupakan proses laporan yang bentuk penyajiannya sama dengan suatu gambaran informasi perusahaan dagang tersebut.

Di mana terdapat kejadian pengeluaran, pendapatan dan unsur lainnya  dari suatu transaksi. Berikut ini akan disebutkan apa saja yang terdapat unsur dalam contoh laporan laba rugi perusahaan dagang yaitu :

1. Harga Pokok Penjualan (HPP), dalam menghitung HPP ini perusahaan perlu menentukan dahulu harga pokok dari produk yang ingin dijual. Kemudian ditambahkan biaya lainnya, sehingga barang yang tersedia siap untuk dijual.

Baca Juga : Laporan Stok Barang Otomatis Menggunakan Software Akuntansi

2. Penjualan Bersih, jumlah total penjualan yang diterima oleh perusahaan selanjutnya akan dikurangi dengan retur maupun diskon, dan sebagainya.

3. Pengeluaran, diartikan menjadi suatu pengurangan dari sisi akun atau pos jumlah pendapatan dalam menentukan sebuah jumlah laba atau rugi.

4. Laba Kotor, keuntungan yang sudah terjadi menjadi hasil pendapatan kotor sebelum mengurangi biaya pengeluaran atau biaya-biaya lainnya seperti biaya penyusutan, biaya promosi, dan sebagainya.

5. Pendapatan Bersih, laba yang diterima setelah pengurangan biaya operasional maupun biaya lainnya. Laba kotor akan mengurangi pengeluaran maupun biaya akan menghasilkan pendapatan bersih.

6. Laba Ditahan, laba yang didapat dari pendapatan bersih yang ditahan oleh perusahaan dan tidak dapat dibagikan kepada para pemegang saham atau yang disebut dividen.

7. Dividen, laba yang diterima para pemegang saham dari pendapatan bersih perusahaan.

Unsur Karakteristik Pada Laporan Laba Rugi

Sebelum membahas lebih dalam cara membuat laporan laba rugi, ada beberapa unsur karakteristik pada laporan laba rugi dalam menyajikan laporan laba rugi yaitu sebagai berikut :

• Pendapatan (Laba)

Apa itu laba (pendapatan) merupakan suatu proses pengukur tingkatan atau proses uang masuk yang dihasilkan dari kinerja kegiatan perusahaan terkait secara langsung dengan laporan penjualan atau supplier maupun pelanggan.

Hasil pendapatan didapat dari jumlah total pendapatan kotor perusahaan yang sudah dikurangi dengan potongan harga ataupun yang disebut diskon, retur dan sebagainya.

• Beban

Suatu proses pengukur tingkatan biaya yang dikeluarkan yang dihasilkan dari suatu kinerja perusahaan terkait secara langsung dari proses kegiatan operasional perusahaan dengan supplier bahkan bisa menambah liabilitas perusahaan dikarenakan produksi barang ataupun pengiriman barang.

• Keuntungan (Profit)

Profit adalah suatu hasil proses kinerja perusahaan dan meningkatkan modal ataupun ekuitas sehingga laba yang dihasilkan lebih besar dari beban yang terjadi karena suatu transaksi pelunasan atau uang masuk yang diakui sehingga menghasilkan suatu pendapatan atau investasi pemilik bisnis.

• Kerugian

Kebalikan suatu hasil dari sebuah proses kinerja perusahaan dan penurunan laba, sehingga beban yang dihasilkan lebih besar karena suatu transaksi penambahan liabilitas, piutang atau pengeluaran lainnya sehingga hasil laporan perusahaan menjadi rugi.

Mungkin Anda masih menggunakan perhitungan manual dengan banyak rumus, kini dengan bantuan akuntan serta teknologi yang telah berkembang pesat. Dapat membantu Anda untuk memperoleh laporan keuangan dengan cepat dan dapat diperbandingkan dari tahun ke tahun.

Solusi untuk Anda dalam melakukan pembukuan yang rapi yaitu dengan menggunakan teknologi software akuntansi atau manfaatkan layanan profesional seperti jasa pembukuan. Dapat membantu Anda mendapatkan laporan keuangan secara realtime, buat invoice, mengurus unsur-unsur perhitungan pajak, serta payroll.

Cara Membuat Laporan Laba Rugi Dengan Rumus Laba Bersih

Pada perusahaan dalam menghitung rumus laba bersih atau profit adalah bagian penting untuk mendapatkan jumlah laba yang benar, dengan adanya unsur atau elemen yang membedakan antara pengeluaran maupun pendapatan hal tersebut justru tidak akan terjadi kesalahan perhitungan. Sehingga dalam mengetahui secara singkat cara menghitung laba rugi sebagai rumus laba bersih.

Tahap perhitungan rumus laba bersih atau profit adalah :

1. Rumus Harga Pokok Penjualan

Rumus harga pokok penjualan 1Pin

2. Rumus Penjualan Bersih

Rumus penjualan bersih 1Pin

3. Rumus Laba Kotor

Rumus laba kotor 1Pin

4. Rumus Laba Bersih

Rumus laba bersih 1Pin

 

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Membuat Laporan Laba Rugi

Dengan membahas bagaimana rumus maupun bentuk laporan laba rugi, yang akan dibahas pada saat ini yaitu bagaimana cara membuat laporan laba rugi. Berikut ini contoh soal laporan laba rugi serta cara menghitung laba rugi.

Diperoleh data keuangan PT Sukses Kemilau untuk periode 01 April Sampai 30 April 2020 adalah sebagai berikut :

Contoh soal laporan laba rugi 1Pin

Cara Menghitung Laba Rugi Penyelesaian:

Untuk membuat laporan laba rugi terlebih dahulu harus diketahui jumlah harga pokok penjualan, pembelian bersih dan penjualan bersihnya.

1. Menghitung Pembelian Bersih :

Pembelian Bersih = Pembelian + Beban Angkut –  Retur Pembelian – Potongan Pembelian

                                 = Rp60.000.000 + Rp10.000.000 – Rp2.000.000 –

                                    Rp2.000.000

                                 = Rp66.000.000

2. Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) :

Hpp  = Persediaan Awal + Pembelian Bersih – Persediaan Akhir

         = Rp 20.000.000 + Rp66.000.000 – Rp 10.000.000

         = Rp 76.000.000

3. Menghitung Penjualan bersih :

Penjualan bersih     = Penjualan – Retur Penjualan –  Potongan Penjualan

                                    = Rp 130.000.000 – Rp 3.000.000 – Rp 2.000.000

                                    = Rp 125.000.000

Contoh laporan laba rugi harmonyPin

Contoh Format Laba Rugi

Setelah mengetahui perhitungan contoh laporan laba rugi perusahaan dagang, selanjutnya contoh laporan laba rugi secara bentuk laporannya dibagi menjadi dua.

1. Format Laba Rugi Berganda  (Multi Step)

Laporan yang membedakan pada penempatan posisi transaksi biaya operasi dengan biaya non operasi serta pendapatan operasi dengan pendapatan non operasi pada penempatan tertentu.

Laba bersih akan menunjukkan aktivitas operasional dikurangi dengan aktvitas non operasional, di bawah ini akan diberikan contoh laporan laba rugi berganda :

Contoh laporan laba rugi bergandaPin

2. Format Laba Rugi Tunggal

Seluruh keuntungan maupun pendapatan akan ditempatkan di bagian awal pada laporan laba rugi setelah itu bagian beban maupun kerugian serta termasuk kegiatan operasional ditempatkan pada bagian bawah pendapatan.

Perhitungan selisih antara total pendapatan dengan total beban akan menghasilkan laba operasi atau yang disebut laba bersih maupun disebut juga rugi bersih. Di bawah ini akan diberikan contoh laporan laba rugi tunggal :

Contoh laporan laba rugi tunggalPin

Apa itu laba dan rugi sudah dijelaskan pada pembahasan di atas yang merupakan salah satu contoh laporan laba rugi perusahaan dagang yang bisa Anda susun, serta pengetahuan Anda dalam menyiapkan contoh laporan laba rugi khusus perusahaan jasa ataupun dagang.

Adanya laporan laba rugi, sangat berguna bagi perusahaan supaya dapat mengetahui keputusan dan kinerja perusahaan sehingga dapat melihat berapa banyak kerugian atau laba yang diperoleh. Jika perusahaan Anda memiliki kesulitan dalam membuat laporan laba rugi, sekarang Anda bisa memanfaatkan teknologi akuntansi Harmony.

Apa sih itu Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Selain mudah dalam mencatat transaksi pengeluaran dan pemasukan, laporan keuangan Harmony juga sudah dilengkapi dengan Laporan Neraca, Laba Rugi dan Arus Kas. Pembukuan dapat dikelola secara real-time kapan saja dan di mana saja. Agar lebih optimal cobalah gunakan Harmony software secara gratis selama 30 hari di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

 

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

2 Responses

    1. Terimakasih. Kami senang apabila tulisan kami bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa subscribe newsletter kami untuk update berbagai tips dan artikel terbaru kami lainnya yang dapat membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony