Harmony Blog

Cara Membuat dan Memaksimalkan Komponen Anggaran Bisnis Anda

Diupdate Feb 24th, 2021
15

SHARES

PEMBACA

komponen anggaran bisnisPin

Dalam menjalankan roda bisnis, setiap perusahaan sangat tergantung dengan adanya anggaran bisnis yang terdiri dari beberapa komponen anggaran bisnis. Tujuan yang paling jelas dari membuat anggaran bisnis adalah untuk menghindari kehabisan uang tunai.

Pihak yang berkepentingan dalam perusahaan harus bisa merinci setiap komponen anggaran bisnis agar kinerja keuangan bisa maksimal dan menghindari beberapa risiko keuangan yang mungkin dihadapi perusahaan di masa depan.

Komponen anggaran sangat penting dibuat sebagai pedoman kerja dalam menentukan tujuan yang ingin dicapai.

Apa saja Komponen Anggaran Bisnis?

Beberapa komponen anggaran bisnis meliputi sumber penghasilan, biaya tetap, biaya variabel, dan pengeluaran. Setiap komponen anggaran bisnis harus dihimpun secara terperinci agar anggaran bisnis bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Komponen anggaran bisnis pada suatu perusahaan merupakan alat yang sangat penting untuk membantu manajemen dalam pelaksanaan, fungsi perencanaan, koordinasi, pengawasan, dan budget management. Pada dasarnya setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk mendapatkan penghasilan.

Namun, semakin besar suatu perusahaan, maka akan semakin kompleks masalah yang dihadapi, sehingga banyak aktivitas yang harus dilaksanakan berdasarkan perencanaan yang tepat dan cermat. Dengan demikian, perusahaan akan semakin mudah dalam mencapai tujuan yang optimal sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.

Untuk mencapai tujuan usaha dengan maksimal, maka pihak manajemen harus bisa membuat perencanaan, pengendalian, dan pengawasan yang tepat terhadap seluruh aktivitas perusahaan. Perencanaan, pengendalian, dan pengawasan oleh manajemen perusahaan tersebut dapat disajikan dalam bentuk komponen anggaran bisnis, baik anggaran yang bersifat jangka pendek maupun anggaran yang bersifat untuk jangka panjang.

Rancangan Anggaran Biaya Usaha

Anggaran adalah suatu rencana keuangan secara periodik dari perusahaan yang disusun berdasarkan program yang telah disahkan dan dinyatakan secara kuantitatif dalam satuan uang untuk jangka waktu tertentu. Anggaran merupakan alat manajemen dalam mencapai tujuan sehingga dalam praktiknya memerlukan rancangan anggaran biaya usaha yang tepat. Untuk membuat rencana biaya usaha yang jelas, ada beberapa komponen anggaran bisnis yang perlu diperhatikan. Antara lain bisa dilihat pada daftar berikut ini.

1. Menghitung Sumber Penghasilan

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat rancangan anggaran biaya usaha adalah dengan menghitung atau mencari tahu banyaknya uang yang akan dihasilkan setiap bulan atau periode tertentu. Contoh rancangan anggaran biaya usaha bisa dimulai dengan  angka penjualan terlebih dahulu, kemudian melangkah lebih jauh dengan menambahkan sumber pendapatan lain yang digunakan untuk menjalankan bisnis.

2. Menentukan Biaya Tetap

Dalam rancangan selanjutnya, manajemen perusahaan harus menentukan biaya tetap yang dikenakan harga yang sama setiap bulan atau periode tertentu. Dalam tahap ini, sebaiknya pihak manajemen perusahaan melakukan koordinasi dan penelaahan terhadap komponen anggaran bisnis. Selanjutnya, pihak manajemen bisa mengesahkan dan mendistribusikan anggaran ke semua divisi secara merata. Namun, sebelum anggaran untuk biaya tetap disahkan, manajemen perlu mengkaji lebih dalam mengenai kesesuaian dalam pemanfaatan biaya tetap dalam menjalankan usaha nantinya.

3. Menyertakan Biaya Variabel

Dalam menentukan rancangan anggaran biaya usaha, terdapat harga tetap setiap bulan yang disebut dengan biaya variabel. Biaya variabel ini bisa meliputi biaya untuk bahan baku, upah kontraktor, komisi, iklan, biaya pemasaran, logistik, event, dan segala bentuk lainnya untuk kelancaran kegiatan usaha. Pihak manajemen harus bisa mempertimbangkan biaya variabel ini karena sifatnya sesuai dengan kebutuhan. Artinya, biaya variabel tidak bisa diakumulasikan secara tepat, namun hanya berupa estimasi yang kemungkinan masih bisa berubah ketika kegiatan usaha sedang berjalan.

4. Memprediksi Pengeluaran Sekali Kali

Dalam membuat rancangan anggaran biaya usaha, ada kemungkinan untuk mengeluarkan dana-dana yang tidak terduga sesekali. Misalnya, terdapat beberapa perlengkapan yang rusak dan butuh perbaikan atau tiba-tiba dibutuhkan beberapa perangkat baru untuk kelancaran usaha. Anggaran pengeluaran yang tidak terduga ini perlu dipersiapkan agar melindungi bisnis dari beban keuangan nantinya.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Cara Melakukan Audit

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Manfaat Anggaran Perusahaan

Dengan rancangan anggaran biaya usaha yang baik, maka perusahaan akan mendapatkan banyak manfaat dengan adanya anggaran tersebut. Berikut ini, beberapa manfaat anggaran perusahaan, antara lain:

• Perusahaan bisa mengenai tujuan kegiatan di masa yang akan datang.

• Memberikan gambaran yang jelas (blueprint) mengenai prioritas alokasi dan keberadaan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

• Sebagai alat komunikasi internal yang menghubungkan setiap divisi perusahaan.

• Menyediakan informasi mengenai hasil kegiatan yang sesungguhnya

• Sebagai variabel dalam membandingkan standar anggaran biaya usaha yang telah ditetapkan dengan kegiatan usaha sesungguhnya.

• Sebagai alat pengendalian agar pihak manajemen bisa menentukan tindakan koreksi yang harus diambil.

• Memotivasi manajer perusahaan dan divisi lainnya supaya bisa bekerja dengan konsisten, efektif, dan efisien.

• Mendukung para karyawan agar bisa bekerja dalam kondisi yang sesuai antara tujuan perusahaan dengan tujuan karyawan.

Anggaran biaya usaha tidak bisa disusun dan dirancang dengan baik tanpa adanya laporan keuangan untuk periode bisnis yang telah berlalu. Maka dari itu, perusahaan Anda harus menggunakan software akuntansi Harmony yang bisa mendukung kegiatan dalam mengelola dan membuat laporan keuangan dengan mudah dan secara realtime.

Jika laporan keuangan segera tersaji, maka komponen anggaran bisnis untuk menjalankan bisnis pada periode selanjutnya bisa segera disusun. Untuk bisa menggunakan software akuntansi Harmony, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu di sini. Selanjutnya, Anda bisa segera membuat laporan keuangan dengan software akuntansi Harmony secara gratis selama 30 hari.

Ingin menggunakan Jasa Akuntansi agar tidak repot mengurus pembukuan perusahaan Anda? Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan menggunakan aplikasi Harmony dengan harga terjangkau. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony