Harmony Blog

Cara Efektif Dan Efisien Mengelola Arus Kas Operasional

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

arus kas operasionalPin

Seringkah Anda mendengar tentang arus kas operasional? Apa pengertian arus kas operasional? Bagaimana cara efektif mengelola arus kas operasional? Dalam artikel kali ini akan dibahas selengkapnya.

Ilmu akuntasi didalam sebuah bisnis itu sangat penting, terlebih jika pemilik bisnis tidak memahami ilmu akuntansi, maka ada baiknya para pemilik bisnis pun harus mengetahui cara belajar akuntansi dengan mudah dan cepat agar dapat mengontrol bisnisnya tersebut.

Arus kas operasional adalah sebuah arus kas yang berhubungan dengan operasional perusahaan pada masa periode tertentu.

Pengertian Arus Kas Operasional

Secara general yang termasuk katagori pada arus kas operasional adalah pemasukan uang kas dari konsumen atau pendapatan piutang, pembayaran utang, pembayaran biaya pegawai (gaji dan perlindungan), penerimaan bunga, pembayaran pajak, dan pengeluaran lainnya yang terhubung dengan aktivitas operasional.

Jumlah arus kas yang berasal dari aktivitas operasi merupakan sebuah petunjuk yang menunjukan apakah dari operasinya organisasi bisa menghasilkan arus kas yang cukup untuk melunasi pinjaman, memelihara kemampuan operasi organisasi, membayar dividen, dan melakukan investasi baru tanpa mengandalkan pada sumber pendanaan dari luar.

Karena arus kas operasi didapat dari aktivitas penghasil utama pendapatan organisasi, arus kas tersebut secara general berasal dari transaksi dan peristiwa lain yang mempengaruhi penetapan laba atau rugi bersih.

Contoh Arus Kas Operasional

1. pemasukan kas dari penjualan barang dan jasa

2. pemasukan kas dari royalti, fees, komisi, dan pendapatan lain

3. pembayaran kas kepada supplier barang dan jasa

4. pembayaran kas kepada karyawan

5. pemasukan dan pembayaran kas oleh perusahaan asuransi sehubungan terkaitnya dengan premi, klaim, anuitas, dan keuntungan asuransi lainnya

6. pembayaran kas atau pemasukan kembali (restitusi) pajak penghasilan kecuali jika bisa dikenali secara khusus sebagai bagian dari keguiatan pendanaan dan investasi

7. pemasukan dan pembayaran kas dari kontrak yang diadakan untuk tujuan transaksi usaha dan perdagangan

8. pembayaran kas untuk pabrikasi atau mendapatkan aset yang dipunyai untuk disewakan kepada pihak lain dan selanjutnya dimiliki untuk dijual;

9. pemasukan kas dari sewa dan penjualan atas aset setelah periode sewa.

Rumus Arus kas Operasi

Adapun rumus arus kas operasi yatu:

1. Rumus Bentuk Pendek

Arus Kas Operasional = Penghasilan Bersih + Biaya Non-Tunai – Peningkatan Modal Kerja

2. Rumus Bentuk Panjang

Arus Kas Operasional = Pendapatan Bersih + Depresiasi + Kompensasi Berbasis Saham + Pajak Tangguhan + Item Non Tunai Lainnya – Kenaikan Piutang Usaha – Kenaikan Persediaan + Kenaikan Piutang Hutang + Kenaikan Biaya Masih Harus Dibayar + Kenaikan Pendapatan Ditangguhkan + Kenaikan Pendapatan Ditangguhkan

Cara Menjaga Arus Kas Operasional Selalu Positif

Tidak sama dengan neraca keuangan atau laporan pemasukan, arus kas hanya memakai cash sebagai dasar dari akuntansinya. Namun sebuah neraca juga penting dalam perusahaan karena jika neraca saldo tidak seimbang, dapat mempengaruhi laporan keuangan sebuah perusahaan sehingga pebisnis harus mencari cara menangani neraca saldo tidak seimbang.

Adapun cara menjaga arus kas operasional suapaya selalu positif. Berikut adalah 3 cara dalam menjaga arus kas operasional suapaya selalu positif, yaitu:

1. Menetapkan Budget

Untuk menjauhkan laporan arus kas yang menunjukkan hasil yang negatif, penting bagi Anda untuk menetapkan budget.

Dengan menetapkan budget untuk semua keperluan operasional usaha, sama halnya Anda sudah mempunyai kejelasan untuk pembiayaan sehingga terjadi penyesuaian kas untuk keperluan usaha, tanpa harus kehilangan lebih banyak uang di luar planning sehingga arus kas operasional Anda akan tetap bernilai positif.

2. Tingkatkan Penjualan

Terus meningkatnya penjualan dapat membantu arus kas Anda terus positif. Namun arus diperhatikan waktu pembayaran Anda, jangan sampai hal ini menipu Anda sehingga laporan arus kas nantinya akan menjadi negatif.

Penerapan diskon adalah salah satu cara yang akan membantu Anda untuk dapat meningkatkan penjualan dan menerima pembayaran secara cepat sehingga antara laporan penjualan dan ketersediaan kas menjadi dua hal yang sama-sama bernilai positif.

3. Meneliti Aktivitas Kas

Penelitian secara terus menerus pada sebuah kegiatan kas ini penting untuk Anda lakukan. Dalam meneliti kegiatan kas Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi akuntansi online serta untuk mempermudah Anda dalam membuat pembukuan Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pendukung untuk membuat pembukuan Anda rapih.

Format Laporan Arus Kas

Format ini juga merupakan format standar dalam pelaporan arus kas di banyak perusahaan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah ilustrasi format laporan arus kas.

Image 61Pin

3 Jenis  Dalam Laporan Arus Kas

Selain Anda melakukan laporan keuangan, ada baiknya Anda mengetahui cara menganalisis laporan keuangan. Setidaknya, ada tiga kegiatan utama yang harus ada dalam laporan arus kas ini, yakni:

1. Kegiatan Operasi

Kegiatan yang pertama ini kegiatan operasi berisi segala kegiatan dan beban operasional perusahaan secara langsung.  Atau, dengan kata lain, kegiatan ini merupakan segala bentuk dari transaksi yang dapat mempengaruhi secara langsung pada kas dalam penentuan laba bersih.

Di antaranya meliputi: penggajian karyawan, penjualan barang/jasa, pembelian persediaan dan perlengkapan, utang ke supplier, serta berbagai beban operasional lainnya.

Untuk mempermudah pengecekan, semua data ini disusun secara sistematis sekaligus kronologis atau disesuaikan tanggal transaksi.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

2. Kegiatan Investasi

Tidak sama dengan kegiatan operasi yang cenderung langsung, kegiatan atau arus kas investasi yang satu ini justru lebih pada transaksi aset.

Entah itu transaksi pembelian atau penjualan aktiva tetap, investasi jangka panjang, ataupun investasi aset dalam rentang waktu lebih dari satu tahun. Yang jelas, laporan keuangan ini akan berisi arus kas dari perolehan penjualan atau pembelian tersebut.

3. Kegiatan Pendanaan

berbanding terbalik dengan dua kegiatan sebelumnya, laporan pendanaan ini berhubungan erat dengan urusan modal.

Lebih tepatnya, berupa pengurangan atau penambahan kas yang berasal dari ekuitas pemilik ataupun kewajiban jangka panjang dan investasi yang dilakukan olehnya. Sebagai contoh, utang bank atau peminjaman dana, obligasi, penerbitan saham, dan penambahan/pengambilan uang oleh pemilik.

Transaksi-transaksi yang sifatnya tidak tunai seperti penurunan nilai, penambahan bunga, dan lainnya tidak terlibat langsung dalam cash flow, dengan semua hal ini menjadikan laporan keuangan ini lebih sulit untuk dimanipulasi. Maka dari itu fungsi akuntansi menunjuk pada serangkaian cara mengumpulkan data untuk pengambilan suatu keputusan

Contoh Laporan Arus Kas

Image 62Pin

Laporan arus kas tidak hanya akan sangat berfungsi untuk mempermudah pengecekan kas pada periode tersebut, tetapi juga dapat menjadi landasan prediksi dari ketidakpastian arus kas di masa depan.  Hal ini diKarenakan laporan ini akan sangat bermanfaat bagi para kreditor, investor, pihak manajemen, atau pihak terkait lainnya.

Namun bila Anda kesulitan untuk pengelolaan dan membuat laporan arus kas atau laporan keuangan lainnya seperti laporan laba rugi , neraca, dan lain lain secara terperinci, Anda bisa memakai software akuntansi untuk kemudahan proses pembukuan yang lebih baik.

Dan setelah Anda lebih paham dengan cara  Efektif Dan Efisien Mengelola Arus Kas Operasional tidak lupa juga harus membuat laporan keuangan yang rapih dan dengan seiring perkembangan teknologi anda dapat dibantu dengan sebuah software akuntansi yang dapat mempermudah Anda untuk mencatat setiap keuangan pada bisnis Anda tersebut. Jangan sampai bisnis Anda memiliki profit namun Anda tidak bisa menggunakan profit itu sendiri dan keuangan bisnis Anda menjadi acak-acakan.

Untuk mencatat keuangan dengan baik dan rapi perlu suatu sistem pencatatan keuangan yang tidak hanya sekedar mencatat saja, namun sistem tersebut mampu secara fleksibel bisa digunakan dan cocok pada bisnis yang Anda jalankan saat ini. Sistem pencatatan keuangan tersebut Harmony Smart Accounting Solution.

Berawal dari rumitnya membuat sebuah pencatatan keuangan yang dibutuhkan masyarakat, Harmony Smart Accounting Solution kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi pebisnis dinamis dalam membantu mereka melakukan pencatatan keuangan bisnis yang sedang dijalankan.

Dengan teknologi tinggi dan user friendly, Harmony menjadi salah satu pilihan para ribuan pebisnis yang telah terbantu dalam hal laporan keuangan, seperti yang diinformasikan melalui konferensi tahunan kami di  FinTax Fair 2019 . Mulai gunakan Harmony untuk membereskan pembukuan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini dengan mendaftarkan akun bisnis/ perusahaan Anda. Dan nikmati perkembangan dunia akuntansi dan laporan keuangan berbasis teknologi dalam genggaman Anda hanya di Harmony Smart Accounting Solution.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony