Harmony Blog

Buzz Marketing – Ketahui Kelebihan, Kekurangan dan Tips Menjalankannya

Diposting Jul 22nd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Buzz MarketingPin

Dalam sebuah marketing, ada begitu banyak strategi pemasaran yang tersedia dan bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan sebuah bisnis. Salah satu strategi yang sudah tidak asing lagi dilakukan ialah buzz marketing.

Buzz marketing merupakan sebuah teknik pemasaran dengan cara memviralkan produk atau jasa melalui buzzer agar dapat dikenal oleh banyak orang.Click to Tweet

Seperti yang kita tahu, bahwa online marketing masih menjadi sebuah cara atau strategi utama bagi setiap para marketer dalam menjalankan tugasnya. Selain itu kegiatan online marketing ini juga bisa dibilang cukup terjangkau dari segi harga.

Nah, buzz marketing merupakan pilihan yang tepat bagi bisnis Anda yang ingin meningkatkan strategi pemasaran di zaman yang serba canggih seperti saat ini.

Bagi Anda yang belum memahami buzz dalam marketing, dalam artikel ini kami akan membantu Anda dalam memahami lebih jelas mengenai apa itu marketing buzz, dan apa saja kelebihan serta kekurangannya dan tips menjalankan buzz marketing.

Apa Itu Buzz Marketing?

Ada menyatakan bahwa buzz marketing adalah salah satu dari strategi pemasaran yang tujuannya meningkatkan engagement atau penjualan bisnis melalui mulut ke mulut atau word of mouth.

Secara umum, dapat diartikan bahwa buzz marketing adalah suatu kegiatan ataupun aktivitas dari sebuah pemasaran yang mana dalam kegiatan tersebut memanfaatkan para buzzer untuk terus membicarakan suatu produk agar dapat menjadi viral atau trending di media sosial.

Apa itu buzz marketingPin

Maka dengan begitu, secara tidak langsung perlahan-lahan akan ada orang yang tertarik membicarakan produk tersebut dan kemudian mereka akan memberikannya kepada orang atau kerabatnya.

Sehingga, engagement bisnis uang Anda jalankan akan semakin meningkat, hal tersebut dikarenakan ada banyak orang yang mengetahui produk maupun layanan jasa yang Anda miliki.

Tujuan dari sebuah buzz marketing adalah agar setiap orang tertarik untuk membicarakan setiap brand Anda, bukan hanya sekedar memperkenalkannya kepada orang lain.

Strategi ini tentu sangat efektif untuk dilakukan bagi Anda yang ingin merilis suatu produk ataupun jasa layanan yang baru pada publik.

Kelebihan dan Kekurangan Buzz Marketing

Terdapat beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang perlu Anda ketahui pada saat menerapkan buzz marketing yaitu:

Ketika Anda menerapkan buzz marketing tentu ada keuntungan yang dapat Anda peroleh yakni:

  • Brand atau produk Anda akan banyak dibicarakan oleh masyarakat luas.
  • Biaya yang dibutuhkan untuk membuat buzz marketing tergolong murah.
  • Dengan adanya buzz marketing tentu dapat mempermudah Anda dalam memperoleh jangkauan planggan yang lebih luas.
  • Mendapatkan sebuah feedback dari pelanggan.
  • Dapat meningkatan penjualan produk.

Baca Juga: Keseimbangan Pasar: Apa Artinya, Fungsi Dan Prosesnya

Meskipun buzz dalam marketing memiliki banyak kelebihan, namun buzz marketing ini juga tentu memiliki sebuah kekurangan tersendiri. Nyatanya salah satu kekurangan dari buzz marketing adalah proses yang harus dilakukan terbilang sangat kompleks dan juga sulit.

Tentu bukan suatu hal yang mudah untuk membuat sebuah produk dapat menjadi viral dan bisa diperbincangkan oleh banyak orang. Adapun beberapa kekurangan dari buzz marketing adalah:

  • Sulit dalam menentukan kendali apakah iklan dalam brand tersebut sesuai dengan target atau tidak.
  • Buzz marketing masih memiliki ketergantungan pada triggers atau pemicu yang bisa membuat produk tersebut menjadi viral.
  • Dibutuhkan beberapa tes atau pencobaan agar iklan dapat menjadi viral di masyarakat.

Bagaimana Tips Menjalankan Buzz Marketing?

Agar dapat memperoleh hasil yang maksimal, berikut terdapat beberapa tips yang perlu untuk Anda lakukan dalam buzz marketing Anda yaitu:

  1. Melakukan Kerjasama Dengan Influencer

    Seorang influencer tentu memiliki pengaruh yang besar dalam sebuah dunia marketing. Buzz dalam marketing sering menggunakan cara ini setiap strategi yang dijalankan membuah hasil yang baik.

    Maka dari itu cobalah untuk melakukan kerja sama dengan seorang influencer dengan melakukan endorsement agar influencer memposting produk Anda di sosial mediannya.

    Dengan cara tersebut, maka seorang influencer akan mempengaruhi para pengikutnya untuk mengenal lebih jauh tentang produk atau brand yang ditawarkan. Sehingga hal tersebut juga membuat sebagian pengikutnya akan tertarik untuk mencoba produk Anda.

  2. Membuat Kampanye Iklan yang Menarik

    Apabila Anda membuat sebuah kampanye yang monoton dan tidak menarik, maka uang yang sudah Anda keluarkan untuk menyewa buzzer ataupun influencer tentu akan sangat sia-sia.

    Dengan hal tersebut tentu akan membuat para pelanggan Anda tidak memberikan perhatiannya pada produk yang Anda tawarkan.

    Membuat kampanye iklan yang menarikPin

    Salah satu cara yang ampuh alam memaksimalkan strategi buzz marketing adalah dengan membuat sebuah konsep yang menarik dalam membuat kampanye dan konten iklan produk Anda.

    Maka dari itu, buatlah kampanye iklan yang lebih menarik dari kompetitor lainnya. Pastikan juga bahwa isi kampanye iklan yang Anda buat memiliki pesan yang lebih emosional dan mampu menyentuh haru setiap calon konsumen yang melihatnya.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Memaksimalkan Media Sosial

    Agar produk Anda menjadi viral marketing di setiap kalangan masyarakat, maka pastikan bahwa Anda sudah memaksimalkan seluruh konten media sosial sebaik mungkin.

    Kemudian bagikanlah kampanye iklan ke berbagai media sosial  bisnis Anda seperti Facebook, Instagram, dan lainnya. Dengan hal tersebut tentu pemasaran global juga akan terjadi pada bisnis Anda, sehingga banyak kalangan yang dapat mengetahui produk yang bisnis Anda tawarkan.

    Dengan Anda memaksimalkan setiap media sosial tersebut, maka bukan tidak mungkin produk yang sudah Anda tawarkan menjadi sebuah bahan perbincangan oleh banyak orang.

  4. Lakukan Sebuah Analisis Pada Kampanye Anda

    Hal yang tidak boleh untuk Anda lupakan ialah melakukan sebuah analisis pada kampanye iklan yang sudah Anda lakukan. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mengetahui seberapa tinggi animo audiens pada produk Anda.

    Lakukan sebuah analisis pada kampanye andaPin

    Selain itu Anda juga dapat mengetahui apa saja yang tentunya harus Anda  perbaiki pada setiap kampanye iklan selanjutnya.

  5. Menciptakan Konsep yang Berbeda

    Jika produk ataupun jasa yang Anda jual sudah banyak di jual di pasar bebas, maka cara yang harus Anda lakukan adalah dengan menciptakan perbedaan produk atau layanan Anda dengan kompetitor lain.

    Caranya bisa dengan memberikan sebuah konsep yang berbeda agar membuat usaha Anda tampil di barisan terdepan dan membuat para konsumen lainnya tertarik kepada produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  6. Utamakan Kualitas dan Layanan Produk

    Perlu untuk Anda ketahui bahwa viral marketing yang Anda jalani tentu harus diseimbangi dengan sebuah kualitas produk yang baik. Sebab akan disayangkan jika produk yang Anda tawarkan pada pelanggan tidak memenuhi ekspansi mereka.

    Maka untuk itu buatlah viral marketing dengan kualitas produk atau layanan jasa yang baik pada konsumen agar mampu memenuhi ekspektasi pelanggan pada setiap produk Anda.

Itulah beberapa penjelasan mengenai buzz marketing. Namun sebelum Anda memutuskan untuk melakukan strategi ini, Anda harus bisa memahami terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Kemudian Anda bisa mengikuti beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas agar strategi buzz marketing Anda dapat berjalan dengan maksimal dan mendatangkan keuntungan yang berlimpah.

Namun, Anda harus mencatat keuntungan tersebut secara rapi dan akurat pada laporan laba rugi. Selain itu, Anda juga harus mengelola anggaran pemasaran yang baik untuk menerapkan strategi buzz marketing dan mencatatnya pada laporan arus kas. Nantinya, laporan keuangan tersebut akan membantu Anda dalam menentukan kebijakan bisnis di masa depan.

Tapi, jika Anda kesulitan untuk mencatat laporan keuangan tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Harmony.

Fitur dan modulnya lengkap untuk menyederhanakan tugas pembukuan seperti pencatatan transaksi, laporan keuangan, rekonsiliasi bank, hingga smart invoicing dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Bagi Anda yang tertarik mencoba Software Akuntansi Harmony, silakan klik tautan ini untuk dapatkan GRATIS selama 30 hari. Yuk, cek fitur selengkapnya dengan follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK