Harmony » Blog » 

Business Forecast : Ikuti Metode dan Cara Praktis Membuatnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
September 30, 2021

Business forecast bisa menjadi suatu cara merencanakan program strategis bisnis di masa depan. Atau, bisa dibilang suatu bisnis plan yang akan dijalankan. Menurut pengertiannya, business forecast adalah proyeksi perkembangan bisnis di masa depan atau industri berdasarkan trend dan pola data yang terjadi di masa lalu dan masa kini.

Penerapan metode business forecast, dapat membantu pelaku UMKM untuk memprediksi kinerja bisnis di masa depan.Click to Tweet

Business forecast sebagai bisnis plan akan membantu menentukan bagaimana perusahaan akan mengalokasikan sumber daya untuk keberhasilan proyek, aktivitas, atau operasionalnya di masa mendatang. Business forecast memungkinkan perusahaan mengelola, menyelaraskan, serta meningkatkan sumber daya dan peluang yang dimiliki agar tetap bertahan di tengah kompetisi pasar.

Metode Business Forecast

  • Model Kualitatif

    Model metode ini dipakai untuk memprediksi bisnis dalam periode singkat. Metode ini biasanya dipakai kalau perusahaan tidak memiliki data historis atau masa depan usaha sangat fluktuatif.

    Contoh business forecast model kualitatif adalah perusahaan Kartu Ucapan yang memperkirakan penjualan sampai akhir tahun. Meski di kuartal pertama omsetnya sedikit, tetapi, di kuartal terakhir, penjualan akan meningkat drastis seiring banyak orang yang merayakan liburan Natal, Tahun Baru, dan lainnya.

    Biasanya, perusahaan semacam ini akan memakai metode business forecast model kualitatif dan kuesioner untuk memprediksi perilaku konsumen di masa depan. Sehingga perusahaan juga bisa lebih cepat dalam menentukan harga jual produk/jasa tersebut.

    metode business forecast

  • Model Kuantitatif

    Beda dengan metode kualitatif, business forecast formula dengan metode kuantitatif hanya mengandalkan data historis dan pola metrik tertentu untuk memprediksi keuntungan di masa depan. Model ini dipakai kalau data historis tersedia lengkap dan dibutuhkan prediksi dalam jangka panjang.

    Contoh model kuantitatif, katakanlah penjual berasumsi kalau penjualan bulan Januari akan sama dengan penjualan bulan Desember. Akan tetapi, ada satu variabel yang perlu diperhitungkan.

    Akan ada biaya-biaya tak terduga di bulan Desember sebagai anggaran sebelum akhir tahun. Januari bisa menjadi bulan penjualan yang lambat sebab anggaran untuk tahun baru masih dalam tahap finalisasi.

    Baca Juga : Research Gap : Metode Evaluasi Penelitian yang Dapat Anda Terapkan Dalam Bisnis

  • Analisis Deret Waktu

    Analisis deret waktu atau data time series adalah business forecast formula yang berfokus pada pola yang ditemukan dalam data historis. Selain itu, metode ini menggunakan statistik untuk memahami bagaimana waktu memengaruhi variabel target. Di sini, konsep-konsep seperti analisis musiman, tren, siklus, dan ketidakteraturan yang ditemukan dalam data historis digunakan untuk memahami masa depan dengan lebih baik.

    Contoh business forecast selanjutnya adalah pabrik sepatu. Biasanya, akan memakai model deret waktu untuk memperkirakan keuntungan di kuartal berikutnya. Tetapi, dalam kondisi ekonomi saat ini, perusahaan lebih memiliki metode pendekatan indikator (indicator approach) yang lebih faktual. Dengan begitu, pebisnis juga akan mengetahui seberapa bep yang diterima dan manfaat jika sampai pada titik impas.

  • Pendekatan Indikator

    Sesuai namanya, metode ini memperhitungkan indikator tertentu untuk memprediksi masa depan. Bisa berupa KPI (Key Performance Indicator) yang mengukur kinerja usaha, data ketenagakerjaan, tingkat inflasi, dll.

[elementor-template id="26379"]

Bagaimana Cara Membuatnya?

Ikuti proses pembuatan business forecast berikut untuk mengetahui kinerja bisnis di masa mendatang:

  • Temukan titik data

    Sebelum Anda memulai cara membuat business forecast, masalah atau titik data dipilih. Pikirkan tentang, ”apa yang meningkatkan pertumbuhan penjualan kita untuk tahun fiskal berikutnya?" atau “apakah orang akan tertarik untuk membeli Produk X?”. Kemudian, kembangkan sistem yang sesuai untuk memprediksi masalah atau menilai iklim ekonomi saat ini.

  • Kumpulkan data yang relevan

    Dalam langkah ini, mengidentifikasi variabel yang relevan untuk dimasukkan dan memutuskan bagaimana mengumpulkan data yang dibutuhkan.

  • Buat asumsi

    Untuk mengurangi waktu dan data yang dibutuhkan untuk menyelesaikan business forecast, buatlah asumsi untuk menyederhanakan proses.

  • Pilih metode business forecast

    Pilih metode yang paling sesuai dengan data yang dikumpulkan, variabel yang dipilih, dan asumsi.

  • Analisis data

    Menggunakan business forecast yang dipilih, data yang dikumpulkan dianalisis dan perkiraan dibuat dari analisis. Kemungkinan bahwa peristiwa tertentu akan terjadi dalam industri bisnis diperkirakan.

  • Uji prediksi

    Bandingkan perkiraan dengan hasil aktual untuk mengubah proses business forecast jika perlu. Setiap masalah diidentifikasi dan tindakan diambil untuk memperbaikinya sehingga hasil di masa depan lebih dapat diandalkan.

Penerapan metode ini, dapat membantu pelaku UMKM untuk memprediksi kinerja bisnis di masa depan. Namun, tentunya prediksi bisnis akan semakin efektif jika didukung laporan keuangan yang akurat.

Pakai Software Akuntansi Harmony untuk membuat laporan keuangan secara otomatis, rapi, dan efisien. Tanpa ribet, aplikasi Harmony yang berbasis Cloud bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Lengkapi pembukuan bisnis Anda dengan Software Akuntansi Harmony, daftar sekarang FREE Trial 30 hari. Ingin kenal aplikasi Harmony lebih dekat? Yuk, follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony untuk info terupdate lainnya.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram