Harmony Blog

Brand Extension, Kenali Strategi Baru dan Contoh Sukses Menerapkannya

Diposting Jul 30th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Brand ExtensionPin

Seperti yang kita tahu, sudah banyak brand yang mulai mengembangkan bisnisnya ke dalam beragam jenis produk. Hal ini merupakan sebuah bentuk dari rencana strategi brand extension agar mampu menjangkau konsumen yang lebih luas.

Brand extension merupakan strategi untuk memanfaatkan ekuitas brand terkenal dalam satu kategori untuk merilis produk baru di kategori yang berbeda.Click to Tweet

Pada umumnya, brand extension adalah suatu strategi brand yang mana sering dilakukan oleh perusahaan besar, salah satu brand yang menggunakan strategi brand extension adalah google.

Meskipun produk utamanya merupakan search engine atau mesin pencarian, namun google juga menawarkan produk lain yang mana produk tersebut masih berhubungan dengan produk utama mereka seperti google apps, play store, google cloud platform, dan lainnya.

Lalu apa itu brand extension? Dan apa saja strategi serta contoh sukses menerapkannya? Nah, bagi Anda yang masih bingung dengan hal tersebut, kami akan membantu Anda dalam memahaminya pada penjelasan artikel berikut ini.

Apa itu Brand Extension?

Dilansir dari laman Investopedia, yang menyatakan bahwa brand extension adalah suatu strategi pemasaran bisnis yang sering digunakan oleh suatu brand yang  memang sudah berkembang.

Hal itu bertujuan agar bisnis tersebut dapat mengembangkan produk barunya yang berbeda daripada produk utamanya. Sering dikenal dengan nama brand stretching.

Apa itu brand extensionPin

Agar dapat menerapkan perluasan merek strategy ini, maka suatu brand tersebut sudah harus memiliki brand equity yang stabil. Selain itu brand extension strategy ini juga sangat bergantung pada brand loyalty.

Bukan hanya itu saja, dalam menerapkan brand extension strategy ini Anda juga harus memperhatikan setiap strategi pemasaran STP pada bisnis Anda. Dengan adanya strategi ini juga dapat membantu pemasaran Anda menjadi lebih efektif dan lebih terkontrol.

Jika berjalan dengan baik, maka perluasan merek dapat membantu perusahaan dalam meraih demografi baru, meningkatkan penjualan bisnis, serta memperluas basis konsumen dan juga meningkatkatkan keuntungan dalam bisnis.

Agar berhasil, maka harus ada negosiasi yang logis antara produk yang asli dengan produk baru yang akan dikeluarkan atau dirilis. Lemahnya sebuah negosiasi akan mampu merugikan induk brand.

Adapun beberapa cara atau strategi yang dapat diterapkan dengan melakukan brand extension:

  • Membuat fitur baru pada produk yang mana sebelumnya sudah ada.
  • Menambahkan beberapa komponen khas pada produk yang akan dirilis.
  • Memberikan beberapa komponen khas pada produk baru.
  • Mengembangkan sebuah produk yang sama dalam bentuk yang berbeda dengan produk aslinya.
  • Memperluas produk produk pada beberapa bidang yang sudah menjadi sebuah keahlian khusus brand.

Keberhasilan brand extension strategy ini akan membuat suatu perusahaan dalam melakukan penawaran dan juga meningkatkan pangsa pasarnya sendiri. Selain itu hal ini juga dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan dibandingkan dengan para kompetitornya yang tidak menawarkan produk yang sama.

Elemen Penting Brand Extension

Berikut terdapat beberapa elemen penting dalam menentukan brand extension yaitu:

  1. Kredibilitas

    Kredibilitas merupakan suatu bentuk kepercayaan dari seorang pelanggan pada suatu tingkat kapabilitas brand inti dalam hal memperluas kategori produk lainnya.

    Produk dengan brand yang sudah diyakini kualitasnya belum tentu mendapatkan kesuksesan meskipun pebisnis melakukan sebuah strategi perluasan merek.

    Contohnya saja seperti brand Samsung yang berhasil dalam melakukan perluasan merek pada berbagai macam jenis produk elektronik.

    Tentu hal tersebut merupakan hasil dari sebuah kredibilitasnya yang menjadi brand image, seperti yang terdapat dalam berbagai kategori elektronik, baik dari laptop, televisi, hingga smartphone.

    Namun, perlu Anda tahu juga bahwa kredibilitas yang sudah dimiliki oleh brand ini belum tentu berhasil apabila mereka melakukannya pada industri lain, seperti halnya pada fashion.

  2. Relevansi

    Ada baiknya jika brand extension yang sudah Anda lakukan memiliki sebuah relevansi yang kuat pada brand inti usaha Anda. Seperti contoh, apabila Anda memiliki brand inti fashion, maka buatlah brand extension yang masih memiliki keterikatan kuat dengan brand fashion Anda, seperti aksesoris.

    Hal tersebut perlu untuk Anda lakukan sebab brand extension yang memiliki keterikatan kuat dengan brand inti mampu meningkatkan nilai perusahaan di mata masyarakat dan kompetitor lainnya.

  3. Transfer

    Elemen penting dari transfer ini menjadi sebuah bagian dari persepsi kemampuan serta pengalaman dari suatu brand yang mana sudah dirasakan oleh pelanggan, dan selanjutnya akan di ditransfer pada brand extension.

    Contohnya dapat Anda lihat dari penerbangan Garuda Airlines Indonesia. Mereka dapat dialihkan pada jasa pengantaran dokumen maupun barang ke luar dan dalam negeri.

    Selain itu mereka juga menyediakan jasa pembuatan visa dan juga asuransi. Jadi, brand extension akan dipengaruhi dengan brand inti perusahaan.

    Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba

Contoh Brand Extension

Adapun beberapa contoh perusahaan yang sukses menjalankan strategi brand extension ini adalah sebagai berikut:

  1. Sikat Gigi Colgate

    Strategi yang dilakukan oleh perusahaan colgate ini merupakan suatu strategi brand extension terbaik.

    Pasalnya perusahaan ini mengkombinasikan produk sikat gigi dengan pasta gigi. Sebab hal tersebut dapat dikatakan saling berhubungan dan merupakan produk penting. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa strategi branding colgate ini suatu brand extension yang berhasil dilakukan.

    Hal tersebut juga menjadi salah satu keuntungan brand extension yang akan Anda dapatkan apabila berhasi menjalannya dengan baik.

  2. Apple

    Tentu Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan merek produk ini? Setiap produk-produk yang dikembangkan oleh Apple merupakan contoh sukses dari strategi brand extension.

     

     

    ApplePin

    Komputer Mac merupakan produk pertama dan populer yang dibuat oleh Apple. Perusahaan juga memanfaatkan popularitas tersebut untuk membuat produk lainnya seperti IPad dan iPhone.

    Seperti yang sudah kita tahu, bahwa popularitas brand Apple masih bertahan sampai sekarang ini. Hampir setiap produk Apple banyak digemari oleh masyarakat. Meskipun produk Apple ini dijual dengan harga yang besar, namun masih tetap banyak orang menyukai dan membeli produk ini.

  3. Honda

    Seperti yang kita tahu, bahwa honda merupakan merek terkenal untuk setiap produk kendaraan seperti sepeda motor dan mobil. Namun apakah Anda tahu bahwa perusahaan honda ini merilis produk pemotong rumput?

    Meskipun pada awalnya perilisan produk ini tidak dikenal, namun strategi brand extension yang dilakukan honda sudah bisa dikatakan sukses. Dan perlu Anda tahu juga bahwa honda ini berada di urutan ketujuh di dalam industri mesin pemotong rumput dunia.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Aunt Jemima’s Pancake & Waffle Syrup

    Pada awalnya brand aunt jemima’s ini dirilis pertama kali sebagai brand yang mengeluarkan produk sirup yang dikhususkan untuk pancake.

    Namun untuk mengembangkan bisnisnya, maka brand ini selanjutnya mengembangkan produk pancake mic yang mana dijual bersamaan dengan sirupnya.

Tentu dengan menerapkan contoh brand extension ini pada bisnis Anda maka bisnis serta brand yang Anda miliki juga akan semakin banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Selain itu, jika Anda bisa melakukannya dengan tepat, maka brand extension akan mampu mendatangkan laba bisnis yang sangat melimpah.

Namun, Anda harus bisa mencatat laba bisnis tersebut dalam laporan laba rugi perusahaan. Merupakan jenis laporan keuangan yang sangat membantu Anda dalam membuat kebijakan bisnis di masa depan.

Untuk lebih membantu Anda dalam membuat laporan keuangan, disarankan untuk menggunakan software akuntansi, salah satu software akuntansi yang disarankan adalah Harmony.

Harmony dapat membantu Anda dalam membuat laporan keuangan yang rapi secara real time di mana pun dan kapan pun. Untuk menggunakan Software Harmony, segera daftarkan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari di sini.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony