Berapa Biaya Jasa Pembukuan Yang Tepat Bagi Perusahaan?
Harmony Blog
Accounting
Berapa Biaya Jasa Pembukuan Yang Tepat Bagi Perusahaan?
November 1, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Pembukuan menjadi salah satu elemen penting dalam mengelola keuangan perusahaan. Sayangnya, tidak semua perusahaan memiliki sumber daya manusia dan waktu yang cukup untuk melakukan pembukuan. Pada poin inilah, perusahaan mulai sadar untuk menggunakan jasa pembukuan. Lalu berapa biaya jasa pembukuan yang lumrah dibebankan ke perusahaan?

Jasa akuntansi online menjadi hal yang lumrah di era digital seperti sekarang.

Sudah sejak lama, bisnis jasa pembukuan sudah mulai dipakai oleh perusahaan. Bedanya, dulu jasa pembukuan menggunakan sistem manual dan sekarang sudah beralih ke sistem yang lebih canggih.

Apa saja layanan yang didapat dari biaya jasa pembukuan yang dibayarkan tadi? Apakah biaya jasa pembukuan di tiap kota di Indonesia sama?

Jenis-Jenis Jasa Pembukuan

Di Indonesia sendiri, jasa pembukuan juga dikenal dengan nama jasa akunting. Anda bisa menemukan dengan mudah penyedia layanan jasa akuntan online di Indonesia dan di negara lain. Lalu, jasa akunting seperti apa yang harus digunakan perusahaan?

Pada dasarnya, pembebanan biaya dari satu penyedia jasa dan lainnya tidaklah sama. Hal ini karena ada 3 jalan yang bisa Anda ambil untuk memperoleh layanan jasa pembukuan yaitu:

Mempekerjakan Karyawan Secara Full-Time

Untuk pilihan pertama ini, jelas menambah biaya operasional perusahaan Anda. Karyawan full-time berarti karyawan tetap yang akan mendapat gaji pokok, tunjangan dan hak-hak lainnya. Nominal gaji pokok juga disesuaikan dengan UMR di mana perusahaan Anda beroperasi.

Pilihan pertama ini sepertinya cocok untuk perusahaan yang ingin pengelolaan pembukuan ada dalam pengawasan perusahaan. Sehingga semuanya bisa dikontrol secara internal.

Menggunakan Jasa Pembukuan Manual

Selanjutnya ada jasa pembukuan manual. Biasanya mereka ada di tiap kota dengan jumlah anggota terbatas. Mereka biasa membebankan biaya jasa per jam untuk pembukuan bulanan.

Total biaya jasa pembukuan mereka tergantung pada berapa lama mereka menyelesaikan pembukuan perusahaan Anda. Biasanya, di awal kerja sama, pihak penyedia jasa akan memberikan estimasi berapa lama (dalam hitungan jam) pembukuan Anda selesai.

Estimasi ini tidak selalu sama karena tidak sedikit pengerjaan yang molor karena ada data dari perusahaan yang belum lengkap dan alasan lainnya. Jika setelah dikerjakan ternyata pembukuan Anda lebih kompleks, maka bisa dipastikan waktu yang dibutuhkan semakin lama.

Jasa pembukuan yang kedua ini lebih cocok digunakan untuk perusahaan dengan pembukuan sederhana dan transaksi yang tidak terlalu banyak. Perusahaan dengan pembukuan kompleks sebaiknya menghindari pilihan ini karena perhitungan biaya jasa pembukuannya bisa membengkak.

custom-form-newsletter

Menggunakan Jasa Pembukuan Online

Penyedia jasa pembukuan online biasanya mempekerjakan beberapa tenaga profesional untuk layanannya. Berbeda dengan jasa pembukuan manual yang terbatas jangkauan wilayahnya, maka jasa pembukuan online bisa berbasis di manapun.

Mayoritas jasa pembukuan online akan membebankan biaya bulanan dengan tambahan biaya untuk beberapa layanan ekstra. Biaya jasa pembukuan online bisa dibilang lebih terprediksi dibandingkan dengan biaya jasa pembukuan manual.

Dari awal kerja sama, biaya yang ditentukan sudah mencakup segala yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Pilihan ketiga ini jelas cocok untuk perusahaan dengan pembukuan yang rumit dengan intensitas transaksi  tinggi.

Apapun pilihan Anda, pastikan juga untuk mengetahui apakah penyedia jasa pembukuan yang Anda pilih membebankan harga jasa konsultasi akuntansi atau tidak ya. Karena ini bisa menjadi biaya tambahan yang harus ditanggung perusahaan.

Baca juga: Metode Creative Accounting: Pengertian dan Penerapannya

Gunakan Jasa Pembukuan Harmony

Anda yang saat ini sedang mencari jasa pembukuan, jasa akunting atau jasa akuntansi online mungkin bisa menghentikan pencarian di Harmony. Hanya dengan biaya jasa pembukuan minimal Rp 1,5 juta Anda sudah bisa mendapatkan laporan keuangan lengkap dan terperinci setiap bulannya. Sangat efisien dibanding merekrut karyawan bukan? Untuk info selengkapnya Anda dapat mengakses layanan Harmony Accounting Service disini.

Tentunya, biaya jasa pembukuan ini akan berubah tergantung dengan tingkat kesulitan dan jumlah transaksi bisnis yang Anda sodorkan. Harmony sendiri merupakan satu-satunya jasa pembuatan laporan keuangan di Indonesia yang terintegrasi dengan jasa akuntan.

Jangan salah, Harmony menggunakan software akuntansi canggih dan didukung oleh jasa akuntan yang berpengalaman dan profesional pastinya. Jika Anda ingin mengelola keuangan perusahaan secara internal, mungkin penggunaan Harmony Accounting Software bisa jadi pilihan. Software akuntansi yang satu ini memiliki banyak fitur dan modul yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda lho. Jangan ragu untuk konsultasikan kebutuhan software akuntansi Anda dengan kami. Konsultasi bisa dilakukan melalui live chat Harmony lho. Segera daftarkan akun Anda dan DapatkanSoftware Harmony GRATIS 30 Hari disini.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Jangan lupa untuk ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/