Harmony Blog

Barang Komplementer : Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

barang komplementerPin

Barang komplementer adalah barang yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, biasanya setiap manusia akan bergantung akan keberadaan sebuah komoditas maupun barang.

Untuk mendapatkan contoh barang komplementer seperti ini juga memiliki peranan yang begitu penting dalam setiap aktivitas manusia terkait dengan pemenuhan kebutuhannya baik yang bersifat dasar atau primer, tersier dan sekunder.

Sebagai contoh yang disimpulkan sebut saja yaitu bahan makanan pokok, pakaian, ponsel, barang-barang elektronik, motor, mobil, rumah, ataupun lainnya.

Ditengah bidang perekonomian, suatu jenis barang menurut fungsi dan perbedaannya secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi dua yakni contoh barang substitusi dan contoh barang komplementer. Akan tetapi, pada artikel ini akan membahas untuk difokuskan tentang apa itu contoh barang komplementer dan 5 contoh barang lainnya pada artikel dibawah ini.

Pada bagian ekonomi yang disebut sebagai contoh barang komplementer atau barang pelengkap ini bersifat ketika memiliki banyak permintaan barang pokok maka akan banyak juga permintaan barang pelengkapnya bagi kebutuhan setiap masyarakat.

Pengertian Barang Komplementer

Pada pengertian contoh barang komplementer merupakan suatu produk atau jasa yang dirancang sebagai barang kebutuhan dan keinginan dalam penggunaan produk atau layanan jasa perusahaan lainnya. Biasanya barang memiliki fungsi saling melengkapi satu sama lain.

Dengan adanya suatu barang tersebut, maka barang yang lainnya akan mengalami penurunan fungsi atau bahkan tidak dibutuhkan. Contoh barang komplementer yaitu spidol dan cairan tintanya.

Sebagai keterkaitan barang tersebut, Anda juga bisa mengasumsikan bahwa ada barang yang ketergantungan antara satu barang dengan barang yang lain.

Maka dari itu pada segi ekonomi, kebutuhan akan contoh barang komplementer akan saling terkait dengan produk pasangannya dan dapat mempengaruhi tinggi atau rendahnya permintaan barang tersebut pada penjualan.

Dengan mengetahui adanya ketergantungan dari contoh barang komplementer yang begitu tinggi terhadap barang yang menjadi pelengkapnya.

Itu sebabnya sebagai pihak produsen harus memikirkan dan mampu meyakinkan konsumen tentang kegunaan lain dari barang komplementer yang dibutuhkan serta manfaatnya.

Contoh Barang Konsumsi

Pada sebuah contoh barang komplementer merupakan bagian dari barang konsumsi yang menjadi suatu barang hasil akhir dari menetapkan biaya produksi dan perusahaan manufaktur sehingga dapat dijual serta ditampilkan kepada konsumen untuk dilihat di rak toko atau mall. Berikut ini contoh dari barang konsumsi yaitu :

1. Barang Mudah Didapat

Sebagai barang yang mudah didapat biasanya barang ini dikonsumsi secara teratur dan sering ditemukan. Pada dasarnya, barang-barang praktis masuk dalam kategori barang yang mudah ditemui seperti makanan cepat saji, rokok dan tembakau dengan nilai yang standar.

Akan tetapi barang ini juga akan dijual kepada pedagang grosir atau pengecer untuk membuatnya tersedia bagi konsumen dalam kapasitas yang besar atau cukup.

2. Barang Sehari-Hari

Sebagai kebutuhan barang sehari-hari di mana pembelian membutuhkan lebih banyak pemikiran dan perencanaan dibandingkan dengan pemborosan pembelian.

Dengan pembelian barang yang bijak akan memiliki dampak suatu barang yang lebih mahal dan memiliki daya tahan dan rentang hidup yang lebih lama. Sebagai contoh barang termasuk peralatan rumah tangga dan pakaian.

3. Barang Mewah

Sebagai barang spesial merupakan barang yang jarang diproduksi dan seringkali dianggap sebagai barang mewah. Pembelian barang spesial disediakan untuk pembeli kelas elit untuk melakukan pembelian barang mewah. Dengan cara pemasaran diarahkan untuk pasar terbatas, biasanya kelas atas. Produk-produk ini termasuk mobil mewah dan perhiasan.

4. Barang Pendukung Dan Jasa Lainnya

Dalam pembelian barang yang belum dikenal atau pendukung kehidupan sehari-hari sudah diketahui namun belum terpikirkan bagi konsumen. Oleh sebab itu, ada beberapa anggota pasar yang sudah membeli barang atau jasa spesial ini.

Sebagai contoh barang ini biasanya tidak dibeli berulang kali dan biasanya melayani kebutuhan khusus seperti asuransi jiwa maupun sebagainya.

Contoh Barang Ekonomi

Dalam mencari contoh barang ekonomi tidak memiliki kesulitan, karena banyak barang disekitar Anda yang diperoleh dengan pengorbanan tertentu seperti dengan keputusan yang akan dibeli. Berikut beberapa contoh dari barang ekonomi yang dimaksud yaitu :

• Barang Pakaian

• Barang Pelengkap Makanan dan Minuman

• Barang Rumah dan Perabotannya

• Barang Kendaraan

Namun, selain barang yang berupa barang seperti contoh di atas, barang ekonomi juga bisa berwujud jasa pelayanan. Seperti misalnya dari barang ekonomi berwujud jasa adalah dokter, montir mobil, bengkel motor, hiburan, dan sebagainya. Sehingga, pada jumlah ahli di bidang tersebut juga lebih sedikit dibanding yang membutuhkan suatu pengorbanan. Maka dari itu jasa pelayanan merupakan bagian dari barang ekonomi.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Produk Tidak Laku Menjadi Laris Manis

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Barang Bebas

Biasanya barang bebas yang sangat sering didapapatkan yaitu oksigen yang Anda hirup untuk bisa hidup. Pada kondisi sehat dan bugar Anda bisa mendapatkan oksigen atau udara segar ini dengan gratis bahkan dipakai setiap saat dan setiap waktu. Namun seperti apa contoh barang bebas lainnya yaitu

• Sinar Matahari

• Air Laut

• Pasir Alam

• Es Kutub

• Batu Bara

• Minyak Bumi

• Air PDAM

• Dan Sebagainya

Untuk barang bebas pada keberadaan air yang sebenarnya sangat berlimpah di lautan dan akan diubah menjadi barang ekonomi ketika ingin dimanfaatkan sebagai air bersih atau air tawar untuk digunakan rumah tangga.

Contoh Barang Mentah

Sebagai barang mentah merupakan bahan dasar pertama yang digunakan untuk membuat suatu produk menjadi barang penjualan atau yang biasa disebut bill of material. Produk tersebut berasal dari bahan-bahan alami yang ditemui. Namun, bahan alami dapat berupa dari tanaman, hewan, atau tambang yang dapat Anda gunakan manfaatnya. Berikut merupakan beberapa contoh yang sering Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

• Barang mentah tanah, barang mentah ini dapat diolah menjadi berbagai hal mulai dari keranjinan gerabah, bahan bagunan, dan lain-lain.

• Barang mentah udara, bahan alami yang telah ada tidak perlu melaui proses pengolahan. Sudah menjadi kebutuhan dasar makhluk hidup.

• Barang mentah air, kebutuhan primer bagi semua makhluk yang sudah tersedia sejak dahulu. Tergantung Anda memanfaatkan air yang ada. Mengolah menjadi sesuatu yang lebih berarti atau menggunakan sebagai fungsi aslinya.

• Barang mentah pohon, bahan mentah dari suatu konstruksi rumah atau kerajinan yang dapat bermanfaat bagi manusia. Pohon ini memiliki manfaat yang sangat banyak apabila seseorang mampu mengolah dengan baik. Seperti yang Anda ketahui bahwa manfaat alami dari pohon juga sudah banyak.

• Barang mentah timah, hasil tambang yang memiliki niali cukup tinggi. Timah dapat diubah menjadi produk-produk yang bernilai.

• Barang mentah biji besi, bahan mentah ini dapat dimanfaatkan menjadi suatu produk yang sangat bermanfaat bagi manusia. Seperti kontruksi bangunan, pagar rumah, dan lain-lain.

• Barang mentah logam, berbagi jenis logam yang merupakan hasil tambang dapat menjadi bahan baku yang bernilai tinggi, namun pengolahan logam harus menggunakan teknologi yang tinggi agar menghasilkan produk yang bermanfaat.

• Barang mentah emas, bahan mentah yang memiliki banyak manfaat. Apabila emas diolah menjadi perhiasan maka akan semakin bertambah nilai dari kebermanfaatan dari bahan tersebut.

• Barang mentah gandum, bahan makanan yang memiliki kandungan gizi yang banyak. Olahan gandum dapat berupa makanan bergizi.

• Barang mentah minyak tanah/bensin, bahan bakar yang dapat dimanfaatkan berbagai jenis kendaraan.

• Barang mentah karet,  bahan ini dapat diolah menjadi segala hal yang bermanfaat. Segala hal yang menunjang kebutuhan sekunder atau kebutuhan tersier dalam sehari-hari. Seperti produksi ban kendaraan, sepatu, dan lain-lain.

• Barang mentah kelapa sawit, salah satu bahan minyak goreng yang memiliki kualitas yang tinggi.

• Barang mentah batu bara, bahan utama untuk pembangkit listrik yang memiliki manfaat besar bagi manusia.

• Barang mentah perak, bahan mentah untuk perhiasan.

• Barang mentah plastik, untuk membuat berbagai jenis perlengkapan sehari-hari yang memiliki banyak jenis.

Seperti itulah penjelasan lengkap mengenai contoh barang komplementer yang biasa di gunakan pada perusahaan untuk mendapatkan manfaatnya sehingga dapt dijual kepasaran. Namun, Anda juga perlu mengukur suatu keputusan dalam mengolah suatu barang atau bahkan mmbeli barang jadinya.

Sehingga, pada keputusan Anda membeli dan mengeluarkan uang dapat terencana dan sesuai dengan hasil perhitungan yang matang. Begitu juga Anda membutuhkan pada laporan keuangan yang digunakan perusahaan seberapa besar dapat menguntungkan perusahaan hingga menyanggupi pengelurannya.

Untuk itu dalam memperoleh perhitungan laporan keuangan yang Anda inginkan. Harmony Smart Accounting akan memudahkan pekerjaan Anda karena dapat di akses melalui gadget di mana saja dan kapan saja.

Harmony adalah software akuntansi online yang dapat membantu ribuan UMKM dalam mengelola pembukuan bisnis dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun. Software ini menyediakan lebih dari 20 jenis laporan keuangan secara real-time agar lebih efektif dan efisien. Anda dapat mencoba GRATIS selama 30 hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK