Saat ini email merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat termasuk dunia usaha. Oleh karena itu email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup sering digunakan. Dengan email marketing, perusahaan dapat mengkomunikasikan produk dan layanan mereka dengan tepat sasaran dan biaya yang relatif murah. Yuk simak bagaimana memanfaatkan dan membuat email marketing untuk bisnis Anda.
Email marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif serta efisien dalam dunia digital.
Table of Contents
Email marketing adalah salah satu strategi yang bisa digunakan oleh sebuah perusahaan untuk melakukan aktivitas pemasaran. Sebenarnya strategi email marketing dalam dunia usaha sudah dilakukan sebelum digital marketing dan media sosial populer seperti saat ini. Tetapi dalam penerapannya, email marketing mengalami evolusi yang baik dan lebih efektif dari waktu ke waktu. Email marketing juga merupakan salah satu dari keahlian dasar yang biasanya dimiliki seorang internet marketer.
Contoh yang sering dijumpai adalah bahwa dalam inbox email Anda sering menerima email dari berbagai produk atau perusahaan. Dari semua email yang Anda terima tersebut, sebagian besar karena Anda pernah mendaftar atau mensubscribe aplikasi atau platform digital tertentu. Isinya bermacam-macam dari mulai penawaran produk, artikel, informasi pelanggan dan lain sebagainya.
Secara umum, ada 3 jenis email marketing yaitu :
Email marketing jenis ini merupakan jenis yang digunakan untuk menjaga pelanggan. Biasanya konten dalam email ini berisi tentang acara-acara perusahaan yang akan datang dan mungkin mengundang para kliennya untuk ikut serta. Misalnya acara launching produk baru, seminar, workshop dan lain-lain.
Jenis ini merupakan salah satu email marketing yang secara otomatis dihasilkan oleh mailing list elektronik. Dengan jenis ini, pengguna dapat mengatur periode pengiriman email yaitu hari, tanggal dan bulan berapa mau dikirimkan. Pengguna juga bisa membatasi jumlah penerima email ini, misalnya, 50 orang atau 150 orang dalam satu kali pengiriman.
Sedangkan newsletter merupakan jenis email marketing yang digunakan untuk menjaga loyalitas pelanggan. Konten dalam jenis ini biasanya berupa informasi produk, berita dan promosi akan datang. Email newsletter bisa dikirimkan secara regular, misalnya setiap sebulan sekali.
Karena menggunakan media internet maka email marketing dapat dilakukan dengan sangat cepat dan praktis termasuk untuk yang baru menggunakan. Perusahaan hanya cukup membuat materi atau konten dan mengirimkannya ke database email pelanggan atau subscriber mereka. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan perusahaan karena kecepatan merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam dunia bisnis saat ini.
Baca juga : Tips Memanfaatkan Internet Marketing untuk Pemula
Strategi ini juga sangat efisien atau hemat biaya. Proses yang dilakukan hanya mengumpulkan database email pelanggan kemudian menggunakan tools (aplikasi) dalam mengirimkan email tersebut.
Dengan email marketing, pelanggan merasa diperlakukan lebih personal karena menerima informasi di email pribadinya. Pendekatan secara personal ini membuat pelanggan lebih nyaman karena tidak dipaksa untuk membeli produk yang ditawarkan. Pelangga juga bisa membaca informasi yang diberikan secara berulang-ulang sampai benar-benar mengerti apa yang ditawarkan.
Email marketing merupakan metode yang fleksibel karena perusahaan bisa membuat sendiri konten yang mau disampaikan kepada pelanggan. Konten tersebut bisa beruapa text (tulisan) ataupun image (gambar) atau kombinasi keduanya. Tujuan pembuatan konten pun ditentukan oleh perusahaan apakah berupa penawaran, informasi atau hanya sekedar mengucapkan selamat ulang tahun.
Kegiatan pemasaran melalu email juga bisa menghasilkan data untuk bahan evaluasi perusahaan. Pelanggan bisa mengumpulkan data terkait pelanggan yang tertarik atau tidak tertarik terhadap penawaran yang diberikan. Pelanggan juga bisa memberikan masukan terhadap perusahaan melalui email yang dicantumkan atau melakukan survey. Data-data tersebut akan mempermudah perusahaan untuk mengevaluasi program pemasaran yang dibuat agar menjadi dasar untuk perubahan strategi atau yang lainnya.
[elementor-template id="26379"]
Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat email marketing yang efektif :
Langkah pertama adalah memilih tools email marketing yang cocok untuk bisnis Anda. Sebelum Anda memilih berlanggaan tools tersebut cari tahu hal-hal seperti berapa maksimal jumlah alamat email dalam sekali pengiriman, apakah providernya sudah berpengalaman dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan profile bisnis Anda, apakah aplikasi atau platform tersebut cocok jika digunakan untuk bisnis Anda.
Langkah berikutnya adalah mengumpulkan daftar email yang akan menjadi tujuan pengiriman dari kegiatan email marketing yang dilakukan. Daftar email bisa diperoleh dari data pelanggan lama tetapi agar terus bertambah Anda harus mengumpulkan daftar email dari leads baru. Gunakan strategi lead generation dalam mengumpulkan database email tersebut.
Maksud dari membuat desain yang eye catching adalah image dalam desain email harus dibuat menarik. Tujuannya adalah agar konten email tersebut mendapat perhatian pelanggan sehingga mereka mau melihat dan membaca informasi yang disampaikan.
Selain desain yang menarik, maka konten juga harus bermanfaat atau berguna untuk pelanggan. Gunakan kalimat yang persuasif dan menarik agar pelanggan mau membaca informasi di email tersebut sampai tuntas. Pilihlah kata-kata yang sesuai dengan profile pelanggan Anda sehingga juga terjadi kedekatan secara personal.
Jika semua langkah diatas sudah Anda lakukan, maka langkah berikutnya yaitu melakukan tes pengiriman secara internal sebelum email tersebut dikirim ke para pelanggan. Tujuan melakukan ini adalah agar jika terjadi kekurangan atau kesalahan dalam konten tersebut maka masih bisa diperbaiki.
Langkah terakhir adalah mengirimkan email tersebut ke daftar email pelanggan yang sudah disiapkan. Buatlah schedule kapan email harus dikirimkan dan berapa jumlah pelanggan yang menerima. Serta buat juga laporan email yang tidak terkirim yang mungkin disebabkan oleh alamat email penerima sudah tidak aktif.
Menggunakan email marketing dalam strategi pemasaran sangat efektif dalam menjalankan bisnis. Strategi lainnya yang juga bisa membuat bisnis berkembang dengan baik adalah mengelola keuangan usaha secara optimal. Sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi agar keuangan usaha bisa dikelola dengan baik dan tanpa repot.
Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony praktis dan mudah digunakan serta memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.
Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.
Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.