Harmony Blog

Tips Memanfaatkan Internet Marketing untuk Pemula

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pin

Di era teknologi kini, untuk memasarkan produk dapat melalui sistem internet marketing. Penggunan ini bertujuan untuk meningkatkan pengunjung bahkan sampai penjualan produk Anda.

Mungkin dulu Anda masih perlu melakukan jual beli secara langsung dengan toko, namun sekarang Anda bisa memanfaatkan digital marketing untuk transaksi tersebut.

Hal ini bisa Anda ketahui bahwa memasarkan produk melalui internet marketing bukanlah hal yang mudah untuk dipelajari, terutama bagi Anda yang pemula sangat dibutuhkan keahlian dalam menggunakan internet marketing. Nah sebaiknya Anda perlu memahami tips memanfaatkan internet marketing untuk kebutuhan pemasaran produk Anda.

Metode internet marketing menjadi cara yang efektif untuk memasarkan produk Anda di tengah keadaan sulit ini. Metode internet marketing menjadi cara yang efektif untuk memasarkan produk Anda di tengah keadaan sulit ini.

Apa Itu Internet Marketing ?

Internet marketing merupakan proses kegiatan pemasaran dalam perusahaan untuk dapat mempromosikan produk, merek, barang dan layanan lainnya dengan memanfaatkan internet sebagai sarananya.

Apalagi banyak pebisnis online yang sudah memakai strategi pemasaran online ini untuk meningkatkkan penjualannya mulai dari perbaikan konten penjualan, konsep, iklan dan lain sebagainya.

Semakin besar penggunaan internet, maka tinggi peluang Anda untuk memasarkan produk lebih luas. Contoh internet marketing adalah penggunaan konten yang berkualitas, pemanfaatan sosial media dan sampai mendesain ulang websitenya.

Baca Juga : 7 Rahasia Menjadi Ahli Internet Marketer yang Sukses

Tips Memanfaatkan Internet Marketing

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda pelajari serta mengetahui cara memanfaatkan internet yang mudah bagi pemula sebagai berikut :

Lakukan Riset Produk Kompetitor Anda

Gunanya dalam melakukan penelitian terhadap produk kompetitor, yaitu Anda dapat mengetahui siapa saja yang menjadi pesaing produk bisnis Anda untuk kedepannya.

Melalui kegiatan ini Anda bisa ketahui konsep bisnis pesaing agar nantinya Anda dapat mengimbangi bahkan memenangkan persaingan produk.

Salah satu cara mudah yang dapat menjalankan penelitian produk terhadap persaingan bisnis Anda yaitu dengan memperhatikan produk Anda yang akan dijual ke dalam situs promosi marketplace.

Tujuan penelitian ini terhadap produk kompetitor juga berguna dalam menganalisis kesempatan produk, ancaman, kekuatan, dan kelemahan pesaing. Sehingga hal tersebut bisa Anda bandingkan dengan produk Anda melalui strategi bisnis.

Dengan riset produk ini, penting bagi Anda untuk menentukan harga produk yang tepat. Mungkin Anda juga bisa memanfaatkan cara leader pricing yang biasanya digunakan untuk menentukan harga produk lebih rendah terhadap harga pasaran dengan keuntungan yang minim.

Maka untuk kedepannya para pembeli akan berpindah ke produk yang Anda jual dengan meningkatkan omzet penjualan dan keuntungan perusahaan yang besar.

Ketika Anda sudah mendapatkan keuntungan, tentunya perlu dilakukan pencatatan agar semua menjadi jelas dan dapat dirasakan manfaatnya. Jika Anda belum sempat untuk melakukannya sendiri, maka Anda perlu memiliki akuntan yang kompeten untuk mencatat semua transaksi bisnis Anda. Tidak perlu khawatir, kami menyediakan layanan jasa pembukuan yang bisa Anda gunakan untuk membereskan pembukuan setiap bulannya.

Mengumpulkan Database Pelanggan

Hal yang dilakukan sekarang yaitu mengumpulkan database pelanggan. Hal ini berguna agar dapat menyusun konsumen mana yang potensial dan menjadi target promosi produk atas internet marketing dengan konten yang berkualitas serta penawaran yang terjangkau.

Pada hal ini juga berarti  harus membangun komunikasi serta koneksi terhadap pelanggan. Maka dari itu, kegunaan internet marketing tidak hanya meningkatkan penjualan saja tetapi juga menambah minatnya dan kepercayaan konsumen terhadap produk

Jalankan Penelitian Produk Anda

Untuk meningkatkan jumlah pelanggan, sebaiknya Anda juga melakukan penelitian terhadap produk Anda. Perhatikan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan omzet yang besar.

Sebagai salah satu cara mengetahui penelitian terhadap produk yaitu dengan melihat apakah produk mana saja menjadi best seller di marketplace besar di Indonesia. Untuk mengetahui cara lainnya yaitu dengan melakukan penelitian produk yang menggunakan media Google Trends.

Dengan memakai google trends bisa Anda ketahui melalui kata kunci atau keyword mengenai fungsi dan tujuan produk yang Anda inginkan. Setelah itu, Anda bisa mengamati grafik viewers mana yang meraih pencarian terbesar dan stabil yang berpotensial meningkatkan penjualan produk.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Penyediaan Sarana Internet Marketing

Setelah melakukan penelitian dan mengumpulkan data pelanggan. Hal selanjutnya yaitu memilih sarana media mana yang akan dipilih dari berbagai jenis internet marketing itu sendiri, yaitu :

1. Website Marketing

Salah satu cara efektif dalam menjalankan strategi internet marketing yaitu, menggunakan media website resmi untuk meningkatkan kepercayaan terhadap konsumen.

Sehingga dilihat dari sisi penjualan juga mampu meningkatkan brand bisnis yang Anda miliki. Adanya website, pelanggan bisa melihat produk yang Anda jual dan mengetahui kualitas dari brand tersebut secara profesional.

2. SEO Marketing

Dengan cara mengoptimalkan mesin pencarian atau SEO (Search Engine Optimization). Sehingga ketika bisnis Anda berada di halaman pertama pencarian, maka akan semakin besar kesempatan pengunjung dapat mengetahui produk bisnis Anda. Ada 3 unsur dalam pencarian konten utama SEO yaitu research keyword, on-page optimization, dan off-page.

3. Content Marketing

Kualitas konten merupakan hal yang utama, biasanya cara tradisional yang dilakukan pada waktu itu menggunakan iklan di televisi bukan? Namun dengan adanya trend internet maka orang akan berpindah ke dalam website dan menemukan berbagai iklan.

Sehingga ini menjadi peluang Anda dalam menjual produk. Dengan memperbaiki kualitas konten marketing akan mempengaruhi tingkat penjualan dan citra baik produk atau perusahaan Anda.

Konten marketing memang tidak secara langsung menjual produk yang Anda miliki. Namun produk yang dijelaskan melalui konten tersebut dapat menjual nilai manfaat dan kegunaan dari produk yang akan diraih oleh konsumen. Dengan cara menyajikan berupa video, artikel, audio, dan presentasi.

4. Sarana Iklan Melalui Aplikasi

Munculnya Facebook di awal merupakan social media yang dimiliki oleh pengunjung yang aktif dan terbanyak saat ini. Sehingga hal ini menjadi opsi untuk menjual produk yang menjanjikan.

Anda juga bisa melakukan konten menarik menggunakan Facebook Fanpage dalam meningkatkan brand produk bisnis Anda. Salah satu cara lainnya, yaitu dengan menggunakan iklan Facebook, yang dapat meningkatkan target market sesuai dengan jenis produk yang Anda jual.

Selain itu aplikasi terbesar yang sering dikunjungi yaitu situs Youtube video, dimana orang lebih memilih untuk menonton melalui Youtube. Sehingga ketika Anda membuat channel baru, maka secara tidak langsung produk Anda semakin dikenal dan pengunjung bahkan pelanggan baru juga semakin meningkat.

Channel Youtube dan konten video Anda juga bisa dibagikan kepada leads yang berpotensi melalui social media seperti Twitter, Instagram, WhatsApp, Facebook, Line, LinkedIn, Google Plus, hingga layanan iklan YouTube.

Demikianlah pembahasan mengenai tips langkah-langkah internet marketing untuk pemula yang bisa Anda jadikan acuan. Dengan menggunakan strategi yang tepat, maka profit yang didapat akan meningkat. Setelah proses online marketing berjalan dengan baik, Anda juga harus mulai melakukan pengelolaan keuangan dengan baik.

Dengan memantau dan mengamati kompetitor atas jenis bisnis yang sama Anda jalani. Maka Anda juga harus mengikuti perkembangan zaman serta mengamati marketplace atau pasar yang dapat membantu bisnis Anda.

Dari banyaknya kompetitor dalam sektor bisnis Anda, dapat memberikan peluang yang lebih baik dan besar kepada usaha Anda untuk semakin meluaskan pemasaran bisnis Anda. Harmony menyediakan layanan software akuntansi berbasis cloud yang sangat cocok untuk membantu Anda dalam mengelola bisnis.

Dengan menggunakan Harmony, Anda tidak perlu mengunduh atau install aplikasi di komputer. Dapatkan sistem pembukuan Harmony sebagai sebuah solusi untuk kemudahan pengelolaan keuangan bisnis Anda mudah digunakan, memiliki fitur lengkap dan harga terjangkau secara Gratis 30 Hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony