Bagaimana Cara Menyewa Akuntan Yang Tepat & Efektif?
Harmony Blog
Accounting
Bagaimana Cara Menyewa Akuntan Yang Tepat & Efektif?
November 3, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Perusahaan yang baru berdiri banyak sekali menghadapi permasalahan. Salah satu diantaranya adalah kebingungan melaporkan kinerja keuangan yang dimiliki mereka. Perusahaan startup akhirnya menyewa akuntan untuk membantu mereka mengatasi kesulitan ini.

Biarpun begitu menyewa akuntan bukanlah perkara mudah. Dalam menyewa akuntan juga perlu memperhatikan kemahirannya dalam pembukuan dan teknologi. Hal ini karena pekerjaan akuntan terkadang dalam membuat laporan keuangan juga didukung dengan penggunaan software akuntansi.

Menyewa akuntan boleh saja asal selektif dan merekrut mereka yang memiliki kompetensi tinggi di bidangnya.

Kegiatan Akuntansi

Sebelum melakukan pemilihan seorang akuntan, owner bisnis harus mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya fungsi akuntansi itu. Kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan. Pelaporan dipergunakan untuk menghitung laba perusahaan ataupun pajak yang harus dibayar pada periode tertentu.

Kegiatan akuntansi juga merupakan suatu kegiatan dimana kinerja perusahaan dapat dinilai dengan angka. Hasil dari kegiatan ini adalah laporan keuangan yang dapat dimanfaatkan untuk menarik investor atau mendapatkan tambahan suntikan dana dari perbankan.

Kapan Harus Menyewa Akuntan?

Biaya dari hire seorang akuntan secara kontinyu terkadang membebani kondisi keuangan perusahaan. Ditambah dengan perusahaan yang masih belum stabil keadaan keuangannya. Hal pertama yang dapat dilakukan untuk mengurangi beban ini adalah melakukan catatan pembukuan secara mandiri.

Kegiatan pembukuan tidak boleh diabaikan oleh  owner atau pimpinan perusahaan. Pembukuan dapat membantu perusahaan untuk tracking pengeluaran yang sudah dilakukan selama jangka waktu tertentu.

Aktivitas pencatatan ini sebenarnya bisa dilakukan oleh owner tersendiri atau dirangkap oleh kasir. Walaupun sebenarnya kegiatan ini tidak direkomendasikan untuk perusahaan dalam skala yang besar.

Lalu kapan kita harus menyewa seorang akuntan? Jika kegiatan keuangan perusahaan belum terlalu kompleks mempekerjakan seorang akuntan adalah pemborosan. Akuntan akan dibutuhkan jika perusahaan tidak lagi sanggup menghandle transaksi keuangan yang semakin hari semakin banyak.

Menyewa Akuntan

Kegiatan menyewa seorang akuntan terkadang menguras tenaga. Bukan tanpa alasan memilih seorang akuntan yang dapat dipercaya untuk mengerjakan laporan keuangan adalah keharusan. Lalu bagaimana cara memilih akuntan secara tepat dan efektif itu?

Cara 1: Perusahaan Jasa Pembukuan Profesional

Bagi perusahaan startup memilih akuntan dari organisasi outsourcing adalah keuntungan. Hal ini dikarenakan pihak outsourcing menjaga kualitas dari akuntan yang dipekerjakan. Mereka juga terlebih dahulu menyeleksi akuntan-akuntan yang tergabung dalam perusahaannya.

Outsourcing akuntansi memberikan perusahaan ‘akuntan’ yang sudah matang. Tidak perlu lagi diajari apa yang harus dilakukan. Perusahaan kemungkinan hanya perlu menjelaskan garis besar keuangan  dan menyerahkan bukti transaksi untuk dikerjakan oleh akuntan tersebut.

Untuk Anda yang saat ini sedang mencari jasa pembukuan, jasa akunting atau jasa akuntansi online, Anda dapat menggunakan layanan dari Harmony. Hanya dengan biaya jasa pembukuan minimal Rp 1,5 juta Anda sudah bisa mendapatkan laporan keuangan lengkap dan terperinci setiap bulannya. Sangat efisien dibanding merekrut karyawan bukan? Untuk info selengkapnya Anda dapat mengakses layanan Harmony Accounting Service disini.

custom-form-newsletter

Cara 2: Seleksi Mandiri

Menyewa akuntan bisa juga dilakukan dengan jalur seleksi mandiri. Tentu saja kriteria disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan. Namun umumnya mencakup hal-hal berikut:

1. Pengalaman

Menyewa seorang akuntan hendaknya mempunyai pengalaman yang mumpuni. Pengalaman penting agar akuntan lebih sigap dalam menyelesaikan masalah mengenai pelaporan keuangan.

Pengalaman yang banyak akan membantu penyelesaian laporan keuangan lebih cepat. Setidaknya mereka yang berpengalaman (kebanyakan) adalah jaminan laporan keuangan yang dibuat sudah baik. Selain itu mereka yang berpengalaman biasanya dapat menemukan cara bagaimana mendapat keringan pajak dari pemerintah atau disebut juga creative accounting

2. Biaya Menyewa Akuntan

Walaupun begitu perusahaan skala start-up masih harus rasional dalam memilih akuntan. Setidaknya biaya yang dikeluarkan untuk menyewa akuntan tidak terlalu membebani biaya operasional perusahaan.

Ketahui dulu apakah akuntan tersebut dibayar per jam atau per proyek. Hal yang perlu ditanyakan sebelum bekerja sama yaitu sistem pembayaran atas akuntan tersebut. Mengetahui tenggat waktu pembayaran memberikan waktu perusahaan untuk menyusun anggaran pembayaran.

3. Sertifikasi Profesi

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kepemilikan sertifikasi. Hal ini penting karena akuntan yang bersertifikat berarti dia memang memfokuskan diri terhadap bidang yang dijalankan serta mempunyai keinginan untuk update pengetahuan terbaru.

4. Pelayanan

Sebelum memilih menyewa akuntan mana setidaknya cari dulu referensi kepada teman sejawat. Hal ini perlu untuk menilai bagaimana pelayanan yang diberikan oleh akuntan tersebut. Seperti buang diketahui bahwa pelayanan yang baik akan membuat klien merasa puas.

5. Mahir dalam Teknologi

Teknologi juga telah merasuk ke dalam dunia akunting. Banyak sekali aplikasi pembukuan yang diluncurkan guna menjawab tantangan global saat ini. Perusahaan juga diharapkan agar menyewa akuntan yang mempunyai kemahiran dalam bidang tersebut.

Tentu saja selain memudahkan pembuatan laporan keuangan hasil akhir dari laporan tersebut lumayan rapi. Ditambah jika memasukkan data yang benar bukan tidak mungkin bahwa kesalahan atas laporan keuangan sangatlah minim

Menyewa akuntan dapat menjadi solusi atas pelaporan keuangan perusahaan. Biaya yang dikeluarkan juga tidak sebesar biaya mempekerjakan akuntan. Tidak lupa penuhi kriteria di atas untuk laporan keuangan yang terjamin. Percayakan kegiatan pembukuan Anda kepada Harmony Accounting Software.

Software akuntansi ini membantu Anda dalam pembuatan invoice, penjurnalan, posting buku besar, menghasilkan laporan keuangan dan perpajakan serta bisa diakses melalui berbagai gawai. Tak hanya itu saja Anda juga bisa menggunakan software Harmony selama 30 HARI PENUH secara gratis dengan membuat  akun disini.

Ikuti update lebih lanjut mengenai Harmony dengan kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Silahkan akses melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/