Harmony Blog

Bagaimana Cara Memilih dan Memanfaatkan Pinjaman Online untuk Bisnis?

Diupdate Feb 25th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

pinjaman onlinePin

Pinjaman Online saat ini sudah sangat dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Platform pinjaman online bisa diakses dengan mudah, hanya dengan mendownload aplikasinya melalui google play. Setiap pemilik smartphone bisa menggunakannya.

Pinjaman online juga menjadi penyedia layanan keuangan yang memudahkan para nasabah yang ingin mendapatkan dana segar secara instan. Tidak perlu pergi untuk mengisi aplikasi permohonan, namun dalam aplikasi pinjaman online telah disediakan fitur-fitur untuk mengajukan permohonan hanya dari rumah saja. Saat ini, pinjaman online merupakan salah satu bisnis model cloud yang menyediakan kebutuhan finansial.

Pinjaman online menjadi penyedia layanan keuangan yang memudahkan para nasabah yang ingin mendapatkan dana segar secara instan.

Adanya pinjam uang online untuk pribadi maupun bisnis tentunya memberikan angin segar bagi setiap orang yang sedang mencari modal usaha. Syarat pinjaman online tidak serumit saat Anda harus mengajukan KTA di Bank.

Umumnya, platform pinjaman online hanya membutuhkan syarat pinjaman online berupa: KTP, bukti penghasilan atau pekerjaan, dan kontak darurat yang bisa dihubungi jika terjadi kendala di kemudian hari. Namun, perlu Anda ingat bahwa selain kemudahaan yang diberikan, ada banyak masalah yang mungkin saja terjadi jika Anda bermain dengan pinjaman online.

Ada banyak kasus yang terjadi bagi para nasabah pinjaman online yang pada akhirnya terjerat pada hutang di berbagai platform. Akibat gagal bayar, tentunya akan membuat track record keuangan Anda buruk pada setiap layanan keuangan. Maka itu, sebelum Anda tertarik dengan kemudahan pinjaman online, Anda harus tahu lebih banyak informasi mengenai pinjaman online ini.

Jenis-Jenis Pinjaman Online

pinjam uang online memiliki banyak jenisnya. Klasifikasi pinjaman online bisa berbeda berdasarkan jumlah pinjaman, tenor (jangka waktu pinjaman), suku bunga, agunan, dan tujuan dari pembiayaan yang diberikan. Berikut ini, beberapa jenis pinjaman online jika ditinjau untuk keperluan pembiayaannya :

• Kredit Tanpa Agunan, yaitu salah satu pinjaman online yang menyediakan pembiayaan untuk keuangan pribadi tanpa syarat agunan atau jaminan atas kredit yang diajukan nasabah.

• Kredit Karyawan, yaitu pinjaman online yang menyediakan pembiayaan khusus untuk karyawan yang bekerja di instansi, perusahaan, badan usaha dan lembaga lainnya dengan syarat SK pegawai, rekomendasi jabatan, atau slip gaji.

• Kredit Kendaraan, yaitu pinjaman online yang tujuan pembiayaannya untuk keperluan kredit motor atau mobil para nasabah.

• Kredit Pemilikan Rumah (KPR), yaitu pinjaman online yang tujuan pembiayaannya untuk keperluan kepemilikan rumah supaya nasabah bisa membeli rumah dengan cara mencicil.

• Pinjaman Usaha, yaitu pinjam uang online untuk bisnis yang tujuan pembiayaannya untuk pinjaman modal usaha yang tepat bagi perorangan.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Menghitung BEP dalam Bisnis

Cara Memilih Pinjaman Online

Setelah Anda tahu jenis-jenis pinjaman online berdasarkan tujuan pembiayaan, maka Anda sudah bisa memastikan jenis pinjaman online yang sesuai dengan tujuan Anda, misalnya untuk tujuan pribadi atau kelayakan usaha. Ada beberapa hal penting yang harus perhatikan sebelum memilih pinjaman online. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan memilih platform pinjaman online.

• Perhatikan memilih platform pinjam uang online yang telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjamin terlaksana hak-hak Anda sebagai nasabah.

• Perhatikan tenor pinjaman online supaya Anda bisa mempersiapkan diri untuk membayar atau mencicil sesuai dengan kemampuan.

• Perhatikan suku bunga yang diberikan, tidak boleh lebih dari 0,8% per hari sesuai dengan himbauan OJK.

• Perhatikan review dari pengguna platform pinjaman online, pastikan memilih platform yang memiliki banyak review positif.

• Baca dan pahami SOP yang terdapat aplikasi Pinjaman Online.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Memanfaatkan Dana dari Pinjaman Online

Jika melihat dari segi kebutuhan untuk menggunakan jasa pinjaman online, maka sangat disarankan bagi Anda untuk meminjam uang online hanya untuk keperluan bisnis. Sebisa mungkin hindari pinjam uang online untuk pribadi seperti untuk membeli kebutuhan konsumtif.

Perlu Anda tahu bahwa, tenor yang diberikan oleh penyedia pinjam uang online umumnya hanya 7 hari sampai dengan 30 hari. Artinya, Anda harus sudah memiliki plan atau perencanaan untuk mengembalikannya.

Jika Anda gagal memutar uang pinjaman, maka Anda akan kerepotan untuk melunasinya dan pastinya berdampak buruk pada usaha Anda. Selain itu, nama Anda akan terdaftar sebagai nasabah yang tidak layak dalam pendanaan oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan OJK.

Ketika Anda gagal mengembalikan uang pinjaman pada tenor yang telah ditentukan, jangan sekali-kali menutup dengan melakukan pinjaman pada platform lain. Banyak yang pada akhirnya harus terjebak dengan banyak hutang pinjaman online karena melakukan hal seperti ini. Lebih baik segera hubungi pihak kreditur pinjaman online dan jelaskan masalah Anda yang sebenarnya.

Pinjam uang online untuk bisnis memang bisa sangat membantu Anda di tengah krisis saat ini. Tapi, Anda harus memiliki manajemen keuangan yang ampuh supaya pinjam uang online bisa memberikan untung bagi usaha Anda. Sangat perlu bagi Anda membekali manajemen keuangan bisnis dengan aplikasi atau software akuntansi Harmony.

Manajemen keuangan yang baik tentu saja didukung dengan sistem yang baik pula. Untuk sistem yang lebih mumpuni, software akuntansi Harmony GRATIS selama 30 hari. Anda bisa segera mendapatkannya setelah melakukan registrasi disini.

Anda tidak ingin repot dalam mengurus pembukuan perusahaan sendiri? Anda dapat menggunakan layanan dari Harmony Accounting Service, laporan keuangan akan tersedia setiap bulannya. Jangan ketinggalan update penawaran dan info menarik lainnya dari akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony