Harmony Blog

Bagaimana Cara Melacak Pengeluaran Bisnis dan Menguranginya?

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

melacak pengeluaran bisnisPin

Melacak pengeluaran bisnis pada umumnya dilakukan dengan usaha untuk menulis atau mencatat secara manual atau digital tentang semua yang dibelanjakan dalam periode tertentu. Medianya beragam,  bisa dengan buku kas harian,  aplikasi pembukuan usaha, dan sebagainya. Aktivitas melacak pengeluaran bisnis meliputi setiap pengeluaran, baik pengeluaran besar atau kecil.

Sehingga, banyaknya anggaran yang dibelanjakan dibandingkan dengan penghasilan usaha mudah diketahui. Melacak pengeluaran bisnis merupakan langkah awal yang perlu dilakukan dalam pengelolaan keuangan perusahaan.

Melacak pengeluaran bisnis merupakan langkah awal yang perlu dilakukan dalam pengelolaan keuangan perusahaan.

Melacak pengeluaran bisnis juga sangat bermanfaat untuk mengetahui financial leverage atau penggunaan dana untuk beban tetap usaha. Selanjutnya, Anda akan mudah mengetahui kinerja keuangan perusahaan dan bisa membaca laporan keuangan dengan mudah. Agar Anda bisa melacak pengeluaran, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Berikut ini, ulasan mengenai cara melacak pengeluaran dan menguranginya.

Cara Melacak Pengeluaran Bisnis

Sebenarnya, untuk melacak pengeluaran bisnis tidak sulit Anda lakukan. Anda hanya membutuhkan buku atau media berupa aplikasi untuk mencatat setiap pengeluaran usaha. Anda cukup menuliskan besar nominal dana yang dikeluarkan serta kebutuhan mengeluarkan dana tersebut. Supaya Anda bisa melacaknya dengan maksimal, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Bangun Tim yang Solid

Melacak pengeluaran bisnis akan terasa berat jika Anda melakukanya seorang diri. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk memiliki tim yang bisa membantu melakukan kebiasaan baik ini. Jika bisnis Anda masih skala kecil, Anda bisa mengajak pasangan atau teman yang dipercaya untuk mendukung Anda melakukan pencatatan dan pelacakan pengeluaran bisnis. Dengan memiliki tim yang solid untuk melakukan hal yang sama, maka akan membuat Anda bisa lebih disiplin mencatat dan melacak pengeluaran bisnis.

Baca Juga : Pengertian Perantara Keuangan, Kelebihan, dan Kekurangannya

2. Lakukan Secara Disiplin dan Konsisten

Setelah membangun tim yang solid, Anda harus terus melakukan secara disiplin dan konsisten supaya bisa memantau dengan optimal. Sikap disiplin dan konsisten dalam melacak setiap pengeluaran bisa mempengaruhi keputusan dalam membelanjakan anggaran. Selain itu, Anda akan mudah mengestimasikan kemungkinan pendapatan yang diperoleh dalam bisnis Anda.

Cara yang lebih mudah adalah dengan memanfaatkan aplikasi yang tersedia secara gratis untuk smartphone.

3. Menggunakan Aplikasi yang Tepat

Melacak pengeluaran bisnis selalu melibatkan transaksi-transaksi dengan berbagai keperluan dan nominal. Kadang ada transaksi dengan nominal yang besar dan ada pula yang kecil nominalnya. Jika dilakukan secara manual, maka kemungkinan akan menghambat waktu atau bisa jadi tidak efisien karena banyak yang harus dicatat. Maka dari itu, menggunakan aplikasi akuntansi merupakan solusi untuk mencatat dan memonitor pengeluaran bisnis Anda.

Saat ini, aplikasi atau software keuangan yang bisa Anda gunakan untuk memonitor pengeluaran bisnis tersedia dalam basis online atau cloud, sehingga bisa diintegrasikan dan disinkronkan aplikasi lain. Salah satu contoh aplikasi yang sangat direkomendasikan adalah software akuntansi Harmony.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Mengurangi Pengeluaran Bisnis

Setelah Anda menerapkan bagaimana cara mengontrol pengeluaran bisnis dengan benar, maka selanjutnya Anda harus bisa mengurangi pengeluaran bisnis Anda. Dengan melacak pengeluaran, maka secara otomatis Anda sudah tahu aliran uang yang digunakan untuk belanja. Jadi, dipastikan Anda sudah tahu pengeluaran bisnis yang menjadikan pemborosan anggaran dan pengeluaran bisnis yang memberikan keuntungan tinggi untuk usaha.

Baca Juga : Pengusaha Wajib Tahu 10 Ilmu Ekonomi Ini

Ada banyak cara yang perlu Anda lakukan supaya pengeluaran bisnis yang telah dilacak bisa dikurangi atau dihemat. Dengan demikian, Anda bisa mengambil keputusan untuk berbagai strategi bisnis yang lebih menguntungkan nantinya. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pengeluaran bisnis antara lain :

• Memastikan tidak ada bukti transaksi yang tidak tercatat

• Menyimpan bukti transaksi seperti struk atau nota belanja

• Tidak memaksa untuk pengeluaran anggaran yang terlalu besar, misalnya mengadakan rapat dengan menyewa hotel.

• Memastikan segala penggunaan sarana tercatat dengan benar, seperti penggunaan kendaraan.

• Tepat dalam melakukan pelatihan terhadap karyawan, misalnya menggunakan metode pelatihan internal oleh karyawan senior yang berkompeten dan tidak usah menyewa ahli dari luar.

• Mengotomatiskan pembukuan, pencatatan, dan laporan keuangan.

Seperti yang sudah dibahas tadi, salah satu cara melacak pengeluaran bisnis adalah dengan menggunakan software akuntansi Harmony yang paling direkomendasikan. Meskipun tanpa wawasan seorang akuntan, software akuntansi Harmony bisa Anda gunakan karena fitur-fitur yang lengkap dan mudah. Agar bisa segera menggunakan software ini untuk melacak pengeluaran bisnis, segera daftarkan diri disini dan nikmati free trial selama 30 hari.

Untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan sendiri Anda dapat menggunakan layanan jasa akuntansi dari Harmony Accounting Service. Jangan lupa untuk kunjungi sosial media Harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya? sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony