Harmony Blog

Asset Under Management (AUM), Investor Perlu Tahu Hal Ini

Diposting Sep 10th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Assets Under ManagementPin

AUM atau asset under management adalah kekayaan atau dana yang dikelola. Secara umum, AUM atau asset under management adalah total nilai aset pasar dari sekuritas yang dimiliki atau dikelola oleh lembaga keuangan. Misalnya, bank, reksa dana, hedge fund, dan lainnya atas nama kliennya.

Nilai total AUM atau asset under management adalah tolok ukur atau indikator kinerja utama keberhasilan bisnis.Click to Tweet

Contoh AUM Atau Asset Under Management Adalah

Reksa Dana

Mari kita ambil contoh AUM untuk reksa dana dengan portofolio saham dan obligasi yang terdiversifikasi. Katakanlah, portofolio reksa dana terdiri atas Rp 1,5 miliar saham, Rp 2 miliar obligasi pemerintah, Rp 1,5 miliar obligasi korporasi, dan Rp 1 miliar tunai.

Nilai total AUM atau asset under management akan menjadi Rp 6 miliar.

Mengapa AUM Atau Asset Under Management Perlu Dihitung?

Nilai total AUM atau assets under management adalah tolok ukur atau indikator kinerja utama keberhasilan bisnis. Pasalnya, AUM atau assets under management yang lebih besar nilainya, mampu menghasilkan pendapatan yang besar pula dalam bentuk biaya manajemen.

Apa itu assets under managementPin

Inilah sebabnya, lembaga keuangan melihat nilai AUM atau assets under management untuk dibandingkan dengan kompetitor dan menilai trend bisnis. Selain itu, nilai AUM atau asset under management adalah indikator untuk menentukan apakah suatu lembaga perlu mematuhi peraturan hukum tertentu.

Cara suatu lembaga keuangan atau investor dalam menghitung AUM atau assets under management kadang berbeda-beda. Beberapa bank mungkin menyertakan instrumen kebijakan moneter tertentu, seperti: deposito, uang tunai, reksa dana, dan perhitungannya. Tetapi, institusi lainnya juga ada yang mempertimbangkan dana di bawah manajemen diskresioner, sehingga bisa dipakai institusi untuk transaksi atas nama kliennya.

Bagaimana AUM Atau Asset Under Management Berubah Seiring Waktu?

Jumlah AUM atau assets under management berubah disebabkan berbagai faktor, seperti:

  • Aliran dana masuk dan dana keluar. Misalnya, investor di reksa dana dapat menambah atau mengurangi ukuran investasi mereka dengan membeli saham tambahan di reksa dana atau dengan menjual saham yang sudah mereka miliki, yang akan mengubah ukuran total AUM dana tersebut.
  • Nilai sekuritas di mana AUM diinvestasikan. Misalnya, reksa dana akan mengalami kenaikan (penurunan) AUM ketika nilai pasar sekuritasnya meningkat (menurun).
  • Jumlah dividen yang dibayarkan oleh perusahaan dalam portofolio institusi, jika diinvestasikan kembali dan tidak dibagikan.

Aset Dalam Pengelolaan dan Kinerja Dana

Pertumbuhan AUM atau asset under management yang berlebihan dapat berdampak negatif bagi nilai pasar. Terutama, bagi manajer aset yang berinvestasi dengan gaya aktif dan menargetkan kinerja yang lebih baik.

Jumlah uang yang sangat besar sulit untuk dialokasikan secara tepat waktu, tanpa memengaruhi harga sekuritas yang dibeli dan dijual.

Sebagai hasil dari aliran uang dalam jumlah yang besar. Manajer aset biasanya perlu meningkatkan diversifikasi bisnis.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Seberapa Penting AUM Untuk Berinvestasi?

Reksa dana dengan AUM atau asset under management yang besar menunjukkan bahwa modal klien juga besar. Ini artinya, faktor kredibilitas dana itu juga tinggi. AUM atau asset under management dapat dipakai sebagai ukuran likuiditas dalam menilai pasar. AUM atau asset under management yang tinggi bisa memberikan jaminan jika ada pencairan besar.

Terutama, bagi dana dan likuid yang sensitif terhadap pencairan besar-besaran oleh investor. Memiliki AUM atau asset under management yang lebih tinggi untuk dana tersebut, berarti mampu menghindari shock offloading.

Perlu diingat bahwa AUM atau asset under management tidak boleh menjadi satu-satunya faktor yang memengaruhi nilai pasar dan investasi Anda. Pertimbangkan AUM atau asset under management dengan indikator lain. Seperti rasio biaya, risiko keuangan, reputasi manajer dana, dll, agar tidak terjadi permasalahan ekonomi bisnis di kemudian hari.

Berinvestasi secara tepat dan efektif, membutuhkan pertimbangan matang. Salah satu pertimbangannya adalah laporan keuangan dan pembukuan usaha yang rapi, terstruktur, dan sistematis. Yuk, tingkatkan sistem akuntansi usaha Anda bersama Software Akuntansi Harmony.

Selama bertahun-tahun, Software Akuntansi Harmony telah dikenal luas di Indonesia sebagai solusi pembukuan bisnis yang real time dan selaras dengan perkembangan bisnis digital.

Penasaran seperti apa saja fitur-fiturnya? Coba GRATIS 30 hari, daftar di sini. Nikmati juga berbagai update info finansial menarik lainnya, dengan follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK