Jika dalam keuangan ada istilah “cashflow is king” maka dalam bidang internet marketing juga dikenal istilah “content is king”. Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar istilah tersebut. Content memang sangat penting dalam bidang pemasaran khususnya yang dilakukan secara online, karena itu kali ini kami akan mengulas tentang content marketing. Apa yang dimaksud dengan content marketing dan bagaimana cara menerapkannya dalam bisnis? Berikut penjelasannya.
Content marketing merupakan hal yang sangat menentukan kesuksesan dalam pemasaran online.
Table of Contents
Content marketing menurut para ahli yaitu Pulizzi (2009) mendefinisikan content marketingsebagai suatu teknik pemasaran untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang relevan dan berharga kepada target audience yang jelas. Tujuannya adalah untuk mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan pembuat konten.
Gunelius (2011) menyimpulkan bahwa content marketing adalah proses promosi bisnis atau merek melalui konten teks, video, atau audio yang menjadi nilai tambah bagi bisnis baik secara online maupun offline.
Jadi bisa disimpulkan bahwa content marketing adalah suatu teknik pemasaran yang melibatkan pembuatan serta distribusi konten yang relevan dan penting untuk menarik audiens dengan tujuan untuk mengonversi mereka menjadi konsumen (terjadi penjualan produk atau jasa).
Bentuk-bentuk konten marketing yang cukup sering dijumpai saat ini adalah Blog, Ebook, Video, Email dan Sosial Media. Content marketing adalah bagian dari strategi pemasaran 4P yaitu bagian promotion.
Ada beberapa tujuan atau manfaat yang diperoleh dari pembuatan content marketing, yaitu :
Konten yang dibuat bisa berguna dalam meningkatkan brand awareness. Misalnya, Harmony membuat artikel di blog tentang benchmarking dan Anda telah membacanya.
Maka apabila ada teman Anda yang menanyakan tentang pengertian atau manfaat benchmarking maka Anda kemungkinan akan merefrensikan artikel di blog Harmony tersebut.
Hal itu tentu saja akan membuat brand awareness Harmony menjadi naik. Bahkan ada kemungkinan teman Anda tersebut mencari artikel lagi di blog Harmony atau mempelajari tentang Harmony dan mencoba Free Trial yang disediakan.
Content marketing merupakan investasi jangka panjang selama konten yang dibuat masih relevan. Konten tersebut akan selalu ada di media internet selama belum dihapus. Pembuat juga bisa mengupdate kontennya agar bisa menyesuaikan dengan tren yang ada.
Content marketing juga bisa membuat traffic website, blog atau sosial media Anda semakin tinggi. Traffic yang tinggi berhubungan dengan peningkatan brand awareness, kepercayaan dan terjadinya pembelian terhadap produk yang Anda tawarkan.
Semakin banyak pengunjung website atau blog Anda maka persentase kemungkinan terjadinya penjualan produk juga akan semakin meningkat
Salah satu tujuan strategi pemasaran adalah untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Sebelum membeli sebuah produk, biasanya pelanggan akan mencari tahu terlebih dahulu tentang produk tersebut dan sarana yang paling sering digunakan untuk pencarian tersebut adalah internet.
Jika Anda mempunyai content marketing di internet baik itu blog, video, media sosial dan lain sebagainya maka akan mempermudah pelanggan menemukannya sekaligus meningkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnis atau produk Anda.
Konten merupakan ujung tombak dalam SEO. Karena itulah mengapa pembuatan konten yang menarik dan relevan sangat diperlukan dalam menerapkan strategi SEO agar optimal.
Konten yang menarik dan benar akan memudahkan search engine terbesar yaitu Google merefrensikan artikel/blog Anda kepada para pengunjung yang memasukkan keyword yang relevan.
Seperti yang dijelaskan di atas bahwa traffic yang tinggi bisa meningkatkan persentase terjadinya penjualan. Dari situ bisa disimpulkan bahwa content marketing bisa mengkonversikan pengunjung menjadi pelanggan. Hal ini memang merupakan tujuan dari kegiatan pemasaran yang dilakukan, yaitu mendapatkan pelanggan.
Baca juga : Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran
[elementor-template id="26379"]
Berikut beberapa langkah untuk menerapkan strateginya dalam bisnis Anda.
Sebelum membuat suatu content marketing, Anda terlebih dulu harus tahu tujuan apa yang hendak dicapai dari pembuatan konten tersebut. Karena tujuan akan membuat konten yang dibuat menjadi relevan dan berkontribusi.
Tanpa tahu tujuan dari pembuatan konten maka tidak ada suatu arahan yang pasti sehingga bisa membuat suatu konten menjadi bias terhadap apa yang mau disampaikan lewat konten tersebut.
Contoh content marketing yang dibuat, misalnya Anda menjual masker dan berniat membuat konten yang bertujuan mengedukasi pembaca tentang pentingnya penggunaan masker agar tidak tertular virus. Maka Anda bisa mengisi konten dengan ukuran virus, tipe-tipe masker, dan cara memakai masker yang benar.
Memahami dan mengenali target pelanggan merupakan hal yang penting dan menentukan kesuksesan dalam pembuatan content marketing. Karena setiap produk memiliki target pelanggan yang berbeda-beda, maka Anda tidak perlu membuat terlalu general di semua konten. Konten di produk A belum tentu cocok untuk target pelanggan produk B.
Anda harus benar-benar mengetahui apa yang menjadi keinginan pelanggan. Anda juga bisa membuat daftar profil pelanggan seperti jenis kelamin, usia, lokasi, hobi dan lain sebagainya agar lebih spesifik sehingga bisa membantu Anda membuat content marketing yang cocok.
Tetapi yang terpenting juga adalah Anda harus fokus pada pelanggan yang terbaik karena merekalah yang memberikan kontribusi terbesar terhadap penjualan produk Anda.
Jika sudah menentukan tujuan pembuatan konten dan mengenali target pelanggan, maka langkah selanjutnya adalah membuat konten itu sendiri. Konten harus disesuaikan dengan tujuan Anda dan tidak boleh melenceng jauh dari tujuan tersebut. Kalimat dan image yang digunakan harus sesuai dengan profil target pelanggan yang ditetapkan.
Membuat content marketing yang benar akan berdampak pada kesuksesan dalam pemasaran sehingga bisnis bisa berjalan lancar. Selain pemasaran, agar bisnis berkembang dengan baik Anda juga harus bisa mengelola keuangan usaha secara optimal. Anda sebaiknya menggunakan software akuntansi agar keuangan usaha bisa dikelola dengan cepat dan tanpa repot.
Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.
Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.
Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.