Apa sih Aliansi Strategis dan Bagaimana Cara Menerapkannya?
Harmony Blog
Marketing
Apa sih Aliansi Strategis dan Bagaimana Cara Menerapkannya?
September 24, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Seiring perkembangan zaman dan ketatnya persaingan dalam dunia usaha maka pebisnis harus bisa terus berinovasi dalam menjalankan bisnisnya. Salah satu upaya agar bisnis terus eksis dan berkembang adalah dengan melakukan aliansi strategis bisnis. Beberapa kendala dalam perusahaan bisa teratasi sehingga bisnis menjadi lancar dan keuntungan semakin tinggi jika menerapkan aliansi strategis bisnis.

Aliansi strategis bisnis bisa menjadi salah satu solusi efektif untuk perusahaan yang mau berkembang dengan cepat.

Pengertian Aliansi Strategis Bisnis

Yang dimaksud dengan aliansi strategis bisnis adalah sebuah hubungan antara beberapa kelompok yang memiliki tujuan sama dan melibatkan beberapa bidang bisnis. Dalam hal ini, pihak yang melakukan aliansi bukan menjadi pesaing bisnis secara langsung walaupun memiliki kesamaan produk atau jasa serta target market yang sama.

Aliansi strategis bisnis bisa dilakukan oleh perusahaan besar maupun UMKM. Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak UMKM yang terkena dampak dan harus beraliansi antar UMKM. Dengan melakukan aliansi diharapkan UMKM lebih siap dalam menghadapi era new normal sehingga bisa melewati situasi krisis yang harus dihadapi.

Dengan melakukan aliansi strategis bisnis, perusahaan yang terlibat mengharapkan terjadinya keuntungan yang lebih tinggi dan brand awareness yang lebih dikenal masyarakat. Selain itu mereka juga mengharapkan perusahaan yang terlibat dapat ruang lingkup aliansi strategis tersebut bisa saling membantu dengan sumber daya yang dimiliki masing-masing perusahaan.

Aliansi strategis bisa mencakup kerjasama strategi pemasaran yang efektif, pengembangan produk yang menarik, penghematan biaya produksi dan lain sebagainya. Kelebihan dan kekurangan aliansi strategis merupakan bagian yang harus dianalisa oleh manajemen perusahaan sebelum memutuskan untuk melakukan aliansi dengan perusahaan lain.

Manfaat Aliansi Strategis Bisnis dan Cara Menerapkannya

Berikut beberapa manfaat melakukan aliansi strategis bisnis untuk perusahaan serta contoh cara menerapkannya.

1. Sumber Daya Jadi Tercukupi

Sumber daya suatu perusahaan bisa tercukupi jika melakukan aliansi dengan beberapa perusahaan lain sehingga perusahaan yang beraliansi bisa berjalan dan berkembang dengan baik. Contoh penerapan aliansi strategis dalam hal ini adalah 2 perusahaan produk makanan berkolaborasi dalam strategi pemasaran dengan membuat produk baru yang mengabungkan merek kedua perusahaan seperti Indomie rasa Chitato.

2. Saling Berbagi Ilmu dan Pengetahuan dengan Perusahaan Lain

Dengan melakukan aliansi maka perusahaan yang terlibat bisa saling berbagi ilmu dan pengetahuan. Bertambahnya ilmu dan pengetahuan ini akan membuat daya saing masing-masing perusahaan menjadi meningkat. Hal-hal yang bisa dibagikan antara lain cara menentukan segmen pasar yang tepat, pengetahuan tentang bahan baku, mencari solusi dalam produksi, strategi branding yang efektif atau menangani komplain dari pelanggan.

3. Bisa Membuat Pemilik Bisnis Lebih Fokus

Aliansi strategis juga membuat pemilik bisnis menjadi bisa lebih fokus dalam menjalankan perusahaan. Kekhawatiran terhadap hal-hal yang tidak dikuasai bisa hilang atau berkurang dan bisa konsentrasi dalam memaksimalkan kelebihan usahanya.

Contoh penerapannya dalam hal ini adalah rumah makan yang mau merubah strategi pemasarannya dari konvensional menjadi online bisa beraliansi dengan rumah makan lain yang sudah sukses dalam online marketing. Rumah makan tersebut bisa lebih fokus dengan menyediakan menu andalan dan pelayanannya sedangkan strategi pemasaran onlinenya diatur oleh aliansinya tersebut.

Baca juga : 9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Meledakan Omzet

custom-form-newsletter

4 Tipe Aliansi Strategis

Selain manfaat dan contoh penerapannya, Anda juga harus tau ada 4 tipe aliansi strategis bisnis, yaitu :

1. Join Venture

Join venture merupakan tipe aliansi strategis yang didalamnya terdapat dua atau lebih perusahaan yang menciptakan perusahaan secara mandiri dan legal. Kedua atau lebih perusahaan itu akan saling berbagi sumber daya dan keahlian yang dimiliki untuk dikombinasikan agar mampu meningkatkan kemampuan saya saing mereka.

2. Equity Strategic Alliance

Equity strategic alliance adalah aliansi strategis dimana dua atau lebih perusahaan memiliki persentase kepemilikan yang dapat berbeda dalam perusahaan yang dibentuk bersama namun mengkombinasikan semua sumber daya dan kapabilitas untuk mengembangkan keunggulan bersaing.

3. Nonequity Strategic Alliance

Nonequity strategic alliance adalah aliansi strategis dimana dua atau lebih perusahaan memiliki hubungan kontraktual untuk menggunakan sebagian sumber daya dan kapabilitas unik untuk mengembangkan keunggulan bersaing.

4. Global Strategic Alliances

Global strategic alliances merupakan salah satu tipe aliansi strategis yang didalamnya terdapat sebuah kerjasama secara partnerships antara dua atau lebih perusahaan. Dimana perusahaan tersebut bukan terjadi antar dalam negara tetapi antar lintas negara dan lintas industri.

Bagi usaha yang mau berkembang semakin besar bisa menggunakan aliansi strategis sebagai pilihan strategi yang dijalankan. Selain menjalankan berbagai strategi, dalam mengembangkan usaha pebisnis juga harus membuat laporan keuangan usaha dengan cepat. Untuk memperoleh laporan keuangan usaha dengan cepat, Anda bisa menggunakan Harmony.

Harmony merupakan salah satu software akuntansi online terbaik di Indonesia. Harmony sangat praktis dan mudah digunakan serta memiliki 20 lebih laporan keuangan real time. Dengan mengunakan teknologi cloud maka laporan keuangan usaha Anda bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun.

Coba Harmony GRATIS 30 hari dengan mendaftar disini. Harmony juga menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan dan analisanya. Bagi pebisnis yang memerlukan jasa tersebut bisa melihatnya di Harmony Accounting Service. Ikuti update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/