Harmony Blog

Apa Saja Tugas Manajer Keuangan? Simak Selengkapnya

Diupdate Feb 24th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

tugas manajer keuanganPin

Bagi sebuah sistem yang ada pada perusahaan tentu akan bersemangat ketika sedang membicarakan ide-ide bisnis. Sedangkan tidak jarang didapat perusahaan yang mengesampingkan manajemen keuangan yang sebenarnya tidak kalah penting dari ide bisnis itu sendiri. Manajemen keuangan harus ambil bagian dari pelaksanaan tindakan ekonomi dalam berbisnis. Maka dari itu, harus ada satu orang yang fokus mengerjakannya, yaitu manajer keuangan. Sebagai seseorang yang memegang jabatan vital, tugas manajer keuangan.

Manajemen keuangan membahas tentang cara mengelola kekayaan untuk menghasilkan keuntungan dan juga memanfaatkan sumber modal untuk membiayai usaha ke depannya.

Tidak sedikit orang yang berpikir, ketika bisnis yang sudah dijalankan berjalan mulus, maka kondisi keuangan akan sama bagusnya. Anggapan tersebut boleh saja benar, tapi sebenarnya bisnis bukan sekedar cara menghasilkan uang, tetapi juga cara untuk membelanjakan sekaligus mengendalikannya. Maka dari itu, fungsi manajemen keuangan hadir untuk mengatur atau memanajemen uang kas yang terjadi selama kegiatan bisnis berjalan.

Berikut ini, akan dibahas lebih rinci mengenai tugas manajer keuangan bagi sebuah perusahaan.

Mengenal Manajer Keuangan

Manajer keuangan merupakan jabatan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan dengan peran yang beragam, disesuaikan dengan ukuran dan kompleksitas suatu perusahaan. Misalnya, pada suatu perusahaan yang lebih besar, mungkin manajer keuangan dapat melakukan kegiatan yang terfokus pada analisis strategi. 

Kegiatan tersebut berfungsi untuk membantu para manajer senior dalam membuat keputusan yang terbaik. Kegiatan juga dapat mencakup interpretasi informasi keuangan dan perkiraan berbagai tren yang mungkin terjadi di masa mendatang. 

Pada perusahaan dengan skala yang lebih kecil, manajer keuangan dapat mempunyai tanggung jawab yang jauh lebih luas, bahkan mungkin saja harus mengelola seluruh fungsi keuangan.

Manajer keuangan bahkan bisa saja melakukan pengawasan terhadap tim silang fungsi (cross-function) dengan departemen TI dan juga dengan staf administrasi. 

Baca Juga : Peluang Kerja Manajemen Keuangan, Prospek Karir dan Jobdesknya

Tugas Manajer Keuangan

Dalam setiap perusahaan, tentu harus disertai dengan keberadaan seorang manajer keuangan. Tugas manajer keuangan tersebut sangat vital dalam mengatur keuangan suatu perusahaan. Ketika sebuah perusahaan tidak memiliki manajer keuangan, maka kemungkinan akan mengalami kesulitan dalam mengatur kebutuhan yang harus disiapkan saat ini ataupun kebutuhan yang akan datang. Artinya, peran seorang manajer keuangan sangat diperlukan dalam jangka panjang dan jangka pendek.

Manajer keuangan merupakan seorang yang mempunyai hak untuk mengambil keputusan yang vital dalam suatu perusahaan. Keputusan tersebut menyangkut semua aspek yang ada kaitannya dengan pemasukan dan pengeluaran keuangan dalam perusahaan. 

Secara garis umum, tugas utama dari seorang manajer keuangan dibagi menjadi empat tugas. Keempat tugas tersebut antara lain:

1. Manajer keuangan akan bekerja sama dengan manajer lain dalam perusahaan dan bertugas untuk merencanakan/meramalkan beberapa aspek dalam perusahaan termasuk perencanaan umum bagi keuangan perusahaan.

2. Manajer keuangan bertugas dalam mengambil keputusan penting dari segi investasi, berbagai pembiayaan, dan semua hal yang terkait dengan keputusan tersebut.

3. Manajer keuangan bertugas dalam menjalankan dan mengoperasikan roda kehidupan perusahaan agar tetap bisa berjalan efisien dengan menjalin kerjasama dengan manajer lainnya dalam perusahaan.

4. Manajer keuangan bertugas untuk menjembatani antara perusahaan dengan pasar keuangan sehingga bisa memperoleh dana dan dapat memperdagangkan surat berharga perusahaan.

Dari keempat tugas manajer keuangan tersebut, dapat dirangkum secara singkat mengenai tugas manajer keuangan yaitu berhubungan dengan keputusan investasi dan pembiayaan perusahaan yang berpengaruh pada laju pertumbuhan perusahaan.

Tugas manajer keuangan dalam suatu perusahaan akan dilaksanakan dengan baik jika mengetahui dengan baik tugas dan tanggung jawab untuk mencapai tujuan perusahaan. Berbagai tugas manajer keuangan tidak lepas dari pembuatan laporan keuangan yang baik.

Saat ini, tugas manajer keuangan dalam mengelola dan menyusun laporan keuangan dapat dilakukan dengan menggunakan software akuntansi seperti Harmony. Anda akan sangat terbantu dalam membuat laporan keuangan secara instan dan realtime, dan menyediakan 20 lebih laporan keuangan yang dapat Anda gunakan untuk memonitoring keuangan perusahaan sehingga Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis. Coba Gratis Software Harmony Selama 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony