Apa Saja Perbedaan Cloud Accounting Software Dengan Desktop?
Harmony Blog
Accounting
Apa Saja Perbedaan Cloud Accounting Software Dengan Desktop?
October 18, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Pada era teknologi seperti sekarang, software akuntansi yang mudah digunakan dimanapun dan kapanpun menjadi peran akuntansi yang sangat penting dalam mendukung proses menjalankan suatu bisnis. Salah satu contoh perkembangan teknologi saat ini yaitu cloud accounting.

Dalam menggunakan akuntansi berbasis cloud atau yang biasa disebut cloud accounting, bagi pebisnis seperti Anda istilah cloud accounting tidak asing lagi untuk didengar dan dipakai. Karena biasanya pebisnis dan UKM juga perlu menggunakan cloud accounting dalam mempermudah kegiatan bisnis dan laporan keuangan perusahaan secara cepat.

Untuk itu dalam menjelaskan dan membantu Anda memahami apa itu cloud accounting serta keuntungan dan kelemahannya dari desktop secara tradisional.

Pada dasarnya software akuntansi terbagi dua jenis, yaitu software akuntansi desktop dan software cloud accounting. Software akuntasi juga dinilai dapat memudahkan pekerjaan dibandingkan secara manual.

Pengertian Cloud Accounting

Cloud accounting adalah perangkat software yang memiliki perbedaaan yang sangat jelas dengan software akuntansi desktop, yaitu penyimpanan dan pengelolaan data pada cloud accounting melalui perangkat lunak dengan server pusat yg diakses melalui internet.

Pebisnis atau pengguna juga dapat menyimpan dan mengakses data secara mudah, melalui jarak yang jauh sekalipun. Hal ini berbeda dengan software akuntansi berbasis desktop, yang hanya bisa menyimpan informasi pada komputer tertentu saja.

Semakin meningkatnya teknologi mengenai perangkat cloud accounting software, maka semakin popularnya software tersebut. Hingga pada akhirnya pebisnis dan UKM akan memilih cloud accounting karena berbagai kelebihan serta fitur yang sangat cocok untuk perusahaan.

Keuntungan Menggunakan Cloud Accounting Pada Bisnis

Berikut ini, beberapa keuntungan dalam memakai cloud accounting pada bisnis Anda, yaitu :

Memiliki fitur multi company

Dapat secara otomatis memasukkan transaksi sebagai fungsi akuntansi dari pembukuan manual

Memudahkan dalam mengakses data (dimana saja dan perangkat apapun)

Memiliki pembaruan data secara realtime

Memberikan penghematan penggunaan kertas

Dapat menjadi pengurangan biaya

Dapat merencanakan keuangan

Pencatatan hutang & piutang dagang dengan mudah

Mengelola arus kas

Penyajian laporan keuangan dengan mudah

Baca Juga : Metode Creative Accounting: Pengertian dan Penerapannya

Perbedaan Cloud Accounting Software Dengan Software Akuntansi Desktop

1. Dari Segi Kualitas

Penyimpanan informasi data keuangan pada software akuntansi desktop disimpan pada hard drive komputer dan biaya software juga terbilang cukup mahal.

Pada cloud accounting software, menyediakan perangkat lunak tanpa biaya yang besar. Hal ini berbeda karena penyimpan data tersebut melalui perangkat lunak, yang hanya diperbaharui, dan dipelihara pada server pusat.

Cloud accounting software dapat dikontrol melalui perangkat lunak tersebut, dan juga mengurangi kerugian pembajakan perangkat lunak.

Adanya cloud accounting software dapat memudahkan dalam mengambil data secara real time melalui perangkat lunak manapun dibandingkan dengan software akuntansi desktop.

Cloud accounting software dapat memasukkan pembukuan akuntansi dan memastikan semua laporan secara akurat dan jelas sehingga bisa terupadate dimana saja dan kapan saja dibandingkan dengan software desktop.

2. Dari Segi Biayanya

Pada cloud accounting software memiliki harga yang lebih hemat dibandingkan sistem berbasis desktop. Hal ini disebabkan tidak berkaitan dengan pembaharuan peningkatan lunak dan pemeliharaan sistem.

Penggunaan serta fitur software akuntansi desktop yang dimiliki juga terbatas, dan harus mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Pada cloud accounting software diawal hanya bebas biaya, dan juga kelebihanya dapat menggunakan semua fitur pada setiap harga paketnya tergantung kebutuhan perusahaan tersebut. Biasanya akses pengguna software ini juga unlimited dan berbasis cloud, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pebisnis agar lebih berkembang dan besar.

Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Accounting Dengan Software Akuntansi Desktop

Software Cloud Accounting

Dari penjelasan yang sudah disebutkan diatas, Anda dapat mengetahui bahwa software cloud accounting membutuhkan sambungan internet. Dengan menggunakan software ini dapat diakses melalui user atau pengguna software tersebut yang menjadi service provider. Berikut ini kelebihan dan kekurangannya, yaitu :

Kelebihan

1. Penyimpanan data ke dalam cloud server sehingga dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

2. Dapat mengakses melalui komputer mana saja sebagai server, sehingga dapat mengurangi biaya pemeliharaan.

3. Tidak repot dalam mengupgrade secara berkala, sebab Anda hanya cukup mengakses dari web browser.

Kekurangan

Terlalu bergantung pada koneksi internet, sehingga ketika tidak ada koneksi internet tidak dapat dibuka dan diakses dalam menggunakan software ini.

Software Akuntansi Desktop

Perbedaannya pada software akuntansi desktop ini dari sebuah software yang penggunaannya harus di install ke dalam perangkat komputer yang akan digunakan dan harus mendukung software tersebut. Namun dalam menggunakan software tersebut Anda tidak membutuhkan internet.

Kelebihan

1. Tentunya akan memiliki performa yang baik, sebab software ini dioperasikan pada spesifikasi hardware tetap.

2. Tidak perlu memiliki koneksi internet.

Kekurangan

1. Dalam mengakses data tersebut, penggunaan software ini terbatas karena tidak dapat dilihat secara mudah, fleksibel dan kapan saja. Sehingga harus bergantung pada komputer yang sudah di instal saja.

2. Software desktop harus diupgrade ketika batas waktu lisensinya sudah habis.

Baca Juga : Cara Praktis Mengetahui Penjualan Menggunakan Software Akuntansi

Hal Yang Harus Diperhatikan Pada Software Cloud Accounting

Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada software cloud accounting, yaitu :

1. Dapat Di Andalkan Dalam Menyajikan Suatu Data

Adanya cloud accounting software, pastikan perngkat Anda dapat mencadangkan data Anda. Sehingga Anda dapat mengakses data dimana saja dan kapan saja.

Pastikan software ini cepat, mudah dan tepat untuk mengambil data Anda. Sehingga dapat memberikan ketenangan, dan informasi yang tersimpan Aman karena didukung oleh sistem yang terbaik.

2. Memberikan Sistem Keamanan Yang Kuat

Pada cloud accounting software, keamanan adalah kunci utama perusahaan. Karena informasi keuangan perusahaan merupakan hal yang bersifat pribadi dan membutuhkan suatu perlindungan.

Untuk itu bagi Anda sebagai pebisnis, pastikan perangkat lunak Anda memiliki enkripsi yang kuat, anti firewall dan malware. Terutama sebaiknya Anda memiliki pemantauan ketat untuk mencegah akses masuknya diluar pengguna yang tidak sah.

3. Memberikan Kejelasan Suatu Angka Secara Akurat

Pastikan software ini dapat memberikan kemapuan dalam menganalisis angka-angka secara efisien dan akurat pada informasi laporan keuangan perusahaan Anda.

Sebaiknya software tersebut dapat memudahkan Anda memahami, dari segi mengakses data dengan mudah hingga menganalisis informasi dapat berjalan dengan lancar dibandingkan pembuatan laporan secara manual.

custom-form-newsletter

Seberapa Amankah Data Anda Menggunakan Software Cloud Accounting Harmony?

Adanya kepopuleran dan segi penggunaan dari cloud accounting software tentunya masih menimbulkan suatu kekhawatiran. Serta pertanyaan tentang bagaimana keamanan data informasi, apalagi ketika internet mudah diakses oleh seluruh masyarakat di dunia.

Namun juga perlu Anda ketahui bahwa software akuntansi desktop juga memiliki kelemahan itu sendiri, dimana keamanan perangkat serta penyimpanan data juga dapat diakses dan diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Keamanan dalam menyimpan data informasi pada cloud accounting juga lebih unggul dari software akuntansi berbasis desktop. Karena Anda dapat merasa aman, jika suatu saat nanti bisa mengurangi resiko kesalahan human eror, perangkat keras yang rusak atau bencana alam.

Untuk itu Anda tidak perlu meragukan keamanan dalam penggunaan cloud accounting software Harmony. Karena seluruh data pengguna Harmony terenskripsi dengan keamanan yang tinggi dan sudah tersimpan otomatis melalui cloud server.

Anda juga dapat memiliki data informasi pembukuan tersebut walaupun dengan perangkat apapun, dimanapun serta kapanpun Anda bisa akses. Oleh karena itu, data subscriber kami secara rahasia dapat terjaga dengan baik.

Salah satu teknologi pembukuan tersebut bisa memudahkan Anda melalui sistem pencatatan pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis ayam potong. Sekarang Anda menggunakan software akuntansi online yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun Anda inginkan.

Tidak hanya melihat pencatatan pembukuan saja, software akuntansi seperti software Harmony juga dapat dengan mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Cobalah gunakan Harmony GRATIS 30 hari.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/