Harmony Â» Blog Â» 

Cara Praktis Mengetahui Penjualan Menggunakan Software Akuntansi

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Agustus 23, 2020

Tidak semua perusahaan bisa memantau grafik penjualan dengan cepat. Selain itu, belum tentu juga informasi yang mereka dapatkan akurat karena pencatatan masih manual. Nah, faktanya Anda bisa menempuh cara praktis mengetahui penjualan menggunakan software akuntansi.

Mereka yang masih bertahan dengan sistem manual tentunya perlu waktu yang lebih lama untuk bisa mendapatkan informasi penjualan.

Dalam akuntansi, penjualan selalu menjadi ujung tombak perusahaan. Nilai penjualan yang stabil dan meningkat tentunya akan berdampak pada laba yang diperoleh.

Peluang untuk bisa mengetahui penjualan menggunakan software akuntansi ini tentunya sangat menarik untuk dibahas bukan? Dengan mengetahui penjualan menggunakan software akuntansi ini, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga untuk mencari info hasil penjualan.

Kenapa Laporan Penjualan Penting untuk Perusahaan?

Penting bagi perusahaan untuk mengetahui tingkat penjualan produknya secara berkala ataupun sewaktu-waktu. Informasi ini sangat terkait dengan kebijakan yang akan diambil perusahaan ke depannya. Kenapa?

1. Melalui laporan penjualan, perusahaan bisa tahu apakah strategi pemasarannya efektif.

2. Perusahaan juga bisa mengevaluasi target pasar dari laporan penjualan.

3. Laporan penjualan bisa dijadikan bahan evaluasi karyawan pemasaran dan penjualan.

4. Tak hanya evaluasi SDM dan pasar, dari laporan penjualan ini perusahaan juga bisa mengevaluasi produk-produk yang sudah dirilis ke pasar. Produk yang kurang laku bisa ditarik ataupun di-upgrade agar bisa memenuhi permintaan pasar.

Keempat alasan di atas tentunya menjadi beberapa indikator kenapa informasi penjualan ini harus bisa disajikan dengan cepat dan akurat. Kabar baiknya, saat ini Anda bisa mengetahui penjualan menggunakan software akuntansi.

Baca Juga: Neraca Saldo : Pengertian Lengkap, Jenis Dan Contoh Praktisnya

Bagaimana cara mengetahui penjualan menggunakan software akuntansi ini?

Caranya sangat mudah. Dalam software akuntansi selalu ada beberapa pilihan modul mulai dari keuangan, inventory hingga penjualan. Sebagai informasi tambahan saja, Anda bisa menyesuaikan modul ini sesuai kebutuhan bisnis lho.

Jadi, Anda bisa mengetahui penjualan menggunakan software akuntansi di modul penjualan ini. Tak hanya laporan penjualan, Anda juga bisa melihat efektifitas staff penjualan dan pemasaran Anda di modul ini. Jadi, di dalam modul ada bagian menu pembagian tugas di mana Anda memiliki akses penuh untuk melihatnya.

Dari sini, secara tidak langsung Anda bisa memulai evaluasi SDM dan mencari cara untuk meningkatkan kinerja mereka. Saat kinerja SDM meningkat maka tidak menutup kemungkinan grafik penjualan stabil dan naik.

Lengkap sekali bukan? Anda tak hanya bisa mengetahui penjualan menggunakan software akuntansi saja, tetapi juga bisa mengevaluasi SDM, meningkatkan kinerja dan menaikkan grafik penjualan.

Baca juga: Cara Mudah Menangani Neraca Saldo yang Tidak Seimbang

[elementor-template id="26379"]

 

Software Akuntansi untuk Mempermudah Lapor Pajak Online

Pada akhirnya, saat Anda mengetahui penjualan menggunakan software akuntansi yang ternyata mengalami peningkatan maka secara tidak langsung laba perusahaan juga meningkat. Informasi ini tentunya akan berkaitan dengan laporan laba rugi dan jumlah pajak yang harus Anda bayar.

Kabar baiknya, perhitungan pajak juga bisa dilakukan dengan mudah menggunakan software akuntansi. Jadi, Anda hanya perlu memilih menu laporan pada software akuntansi. Dalam menu ini, ada banyak sekali pilihan laporan pajak termasuk PPN dan PPh. Jadi, software akuntansi ini bisa membantu membuat e-faktur, SPT hingga bukti pemotongan pajak.

Ini semua akan berguna untuk mengisi efilling saat lapor pajak online. Sebelum lapor pajak, pastikan Anda sudah menyiapkan E-FIN pajak dan akun DJP online ya. Setelah semuanya siap, Anda bisa melanjutkan untuk lapor pajak online di situs pajak online. Ikuti langkah-langkah yang tersedia di dalamnya dan pelaporan pajak Anda selesai.

Wah, selain untuk mengetahui penjualan menggunakan software akuntansi, ternyata software ini juga bisa mempermudah cara lapor pajak online Anda kan?

Sebagai rekomendasi terbaik, Anda bisa menggunakan software canggih yang sudah terintegrasi seperti Harmony Accounting Software. Software akuntansi online yang satu ini memiliki fitur lengkap dan cocok digunakan untuk berbagai jenis bisnis. Dengan software ini, Anda bisa mengelola keuangan, penjualan hingga inventory perusahaan dengan lebih mudah.

Ayo konsultasikan kebutuhan Anda dengan kami melalui live chat Harmony. Segera daftarkan akun Anda dan Dapatkan Software Harmony GRATIS 30 Hari disini. Kapan lagi Anda bisa mencoba fitur canggih untuk mengetahui penjualan menggunakan software akuntansi kan?

 

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram