Apa Itu Prive? Berikut Pengertian, dan Pengelolaannya
Harmony Blog
Accounting
Apa Itu Prive? Berikut Pengertian, dan Pengelolaannya
June 24, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Apakah istilah prive itu cukup familiar bagi Anda sebagai pengusaha? Bagi sebagian kalangan istilah prive itu masih sangat tabu, dan masih belum paham. Namun jika Anda memperhatikan laporan keuangan beberapa perusahaan, perhitungan prive sering tertulis di dalamnya dan hal tersebut telah sesuai dengan aturan standar akuntansi pemerintah.

Pentingnya prive dalam perusahaan dapat mempengaruhi perhitungan ekuitas di akhir tahun dalam perusahaan.

Pengertian Prive

Didalam dunia bisnis seorang investor dapat menarik modal yang telah diinvestasikan pada sebuah CV atau lembaga usaha atau perusahaan tentunya atas dasar persetujuan. Investor menginvestasikan dalam beberap bentuk seperti uang, saham, peralatan produksi dan yang lainnya.

Prive adalah penarikan modal baik berupa dana ataupun aset oleh para owner atau investor untuk kebutuhan pribadi. Owner ataupun investor dapat bebas untuk  menarik dana modal senilai modal awal. Dan tentunya penarikan modal tersebut dapat berimbas pada ekuitas perusahaan.

Melakukan penarikan dana modal tidak semudah membalikan telapak tangan, pastinya ada prosedur untuk menarik dana atau asset tersebut. Prosedur yang harus dilewati adalah harus melalui persetujuan para komisaris, jika dewan komisaris menyetujui, maka dana atau asset dapat dipakai oleh investor secara pribadi.

Berdasarkan hal tersebut, prive tergolong masuk dalam kolom saldo debit pada pembukuan perusahaan. Walaupun prive dapat mempengaruhi pada ekuitas perusahaan, prive pun merupakan hak para investor ataupun owner.

Kategori Transaksi Prive

Selain dalam bentuk uang, prive dapat juga berupa aktiva tetap dan tidak tetap serta dapat juga dalam bentuk sebuah barang dagangan dalam sebuah lembaga usaha tersebut. Dan penggunaannya memiliki beberapa pengelompokkan transaksi lainnya.

Ada 4 transaksi yang dapat dikelompokan ke dalam prive diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pembagian laba dengan nama baik dalam bentuk apapun

2. Gaji yang akan dibayarkan kepada sekutu aktif dan sekutu pasif yang modalnya tidak terbagi dalam saham

3. Anggota perseroan komanditer yang memakai dana untuk kepentingan pribadi

4. Sekutu aktif ataupun sekutu pasif yang melakukan penarikan modal

Seperti yang Anda ketahui bahwa prive dapat dicairkan kapan saja dan disarankan menggunakan faktur yang terperinci untuk melakukannya. Namun didalam perhitungan yang tepat akan  dilakukan pada setiap akhir tahun sebagai pengurang pendapatan bersih maupun modal pada periode tersebut.

custom-form-newsletter


Tips Terbaik Dalam Pengelolaan Prive

Peranan Prive yang sangat penting dalam perusahaan, dan bila hal ini tidak dapat dikelola dengan baik maka akan berdampak buruk keperusahaan Anda. Dengan hal ini terdapat 5 tips terbaik dalam pengelolaan prive :

1. Dana Cadangan

Tips yang pertama dalam mengelola prime dengan baik adalah dengan menyiapkan dana cadangan. Dana cadangan ini berfungsi untuk kebutuhan yang tidak terduga dan mendesak. Laba yang ditahan dapat berfungsi sebagai dana cadangan bagi perusahaan.

Dana cadangan ini tidak termasuk dalam kelompok prive namun setidaknya dana ini mempunyai backup jika terjadi penarikan modal oleh owner atau investor.

2. Batasan Prive

Batasan prive adalah termasuk tips yang kedua untuk mengolola prive. Seperti yang Anda ketahui prive merupakan hak untuk para owner atau investor, Anda tidak dapat berbuat sesuai keinginan hati sendiri.

Disarankan untuk pemilik bisnis, akan lebih baik jika menginginkan penarikan modal tidak melebihi 50 persen dari modal awal. Karena sejatinya prive bukanlah bagian dari pajak.

3. Harus Kurang dari Laba Yang Diterima

Buatlah aturan dalam sebuah perusahaan bahwa untuk penarikan asset atau modal harus kurang dari laba yang diterima, hal ini harus dilakukan untuk menghindari permasalahan dalam keuangan perusahaan.

Pengurangan Harga jual dengan harga pokok penjualan menghasilkan sebuah laba, dan laba inilah yang harus diperhatikan agar penarikan asset atau modal tidak kurang dari laba tersebut.

Karena biasanya para stakeholder atau pemegang saham sudah memiliki laba tersendiri sejak awal mereka menanamkan modalnya. Dengan ini akan lebih baik untuk Anda harus memberitahukan sejak pertama kalinya menanamkan modal.

4. Jangan Mencampuradukkan

Pernah mendengar kalimat janga mencampuradukkan masalah pribadi dengan masalah perusahaan? Hal ini juga berlaku pada pengelolaan prive. Disarankan untuk memisahkan dana pribadi Anda dengan dana perusahaan Anda, apalagi sampai menarik modal perusahaan untuk kepentingan pribadi.

Informasikan juga kepada investor untuk tidak menggunakan dana perusahaan tersebut secara berlebihan, apalagi sampai digunakan untuk memenuhi gaya hidup mereka.

5. Pengevaluasian Prive

Biasanya para investor kurang bijak dala penggunaan prive tersebut, yang mengakibatkan pada saldo debit yang semakin memburuk.

 Lakukan pengevaluasian secara rutin dan bertahap untuk menghindarinya, pastikan juga para investor tidak melakukan penarikan saham melebihi saham dan modal yang dimiliki.

Melakukan evaluasi tersebut bisa dilakukan secara bertahap dan rutin, minimal seminggu sekali atau bahkan bisa dilakukan bulanan. Hal ini berguna untuk pemantauan saldo debit dan keuangan perusahaan dapat tetap seimbang.

Pengelolaan prive harus dilakukan oleh perusahaan agar penarikan modal tidak berpengaruh buruk pada kinerja perusahaan tersebut. Meskipun sebenarnya penarikan modal tidak berdampak secara langsung, namun jika tidak dikelola secara baik maka hal ini akan membuat perusahaan menjadi terpuruk.

Jadi perusahaan harus dapat melakukan pengelolaan yang baik untuk menghindari terganggunya kinerja di dalam perusahaan tersebut. Penarikan aset yang dilakukan di luar dari kepemilikan saham, sebab posisi prive yang berbeda.                               

Apalagi jika perusahaan Anda sering melakukan proses Purchase Order kepada distributor rekanan perusahaan Anda yang dapat mengakibatkan pembayaran terhadap purchase order pun ikutan terganggu.

Untuk itu disarankan untuk melakukan pengelolaan dengan baik. Pengelolaan yang baik disertai dengan penggunaan sistem pengelolaan keuangan yang baik pula.

Untuk dapat menggunakan sistem pengelolaan yang baik, perlu satu sistem akuntansi yang tidak sekedar mengelola keuangan sebuah perusahaan, namun mampu memberikan informasi yang gampang dicerna oleh seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan laporan keuangan tersebut.

Untuk mendapatkan hasil laporan keuangan yang baik dan fleksibel pada Anda, maka semestinya Anda menggunakan aplikasi pencatatan keuangan yang realtime dan fleksibel serta dapat digunakan dimana saja, guna menunjang pergerakan Anda dan bisnis Anda yang dinamis.

Sebagai solusi atas kebutuhan tersebut, Harmony Smart Accounting Solution hadir menjadi teman setia Anda dalam menemani dalam pembuatan laporan keuangan pada bisnis yang sedang Anda jalani.

Dengan teknologi tinggi dan user friendly, Harmony menjadi salah satu pilihan para ribuan pebisnis yang telah terbantu dalam hal laporan keuangan, seperti yang diinformasikan melalui konferensi tahunan kami di  FinTax Fair 2019 .

Mulai gunakan Harmony untuk membereskan pembukuan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini dengan mendaftarkan akun bisnis/ perusahaan Anda. Dan nikmati perkembangan dunia akuntansi dan laporan keuangan berbasis teknologi dalam genggaman Anda hanya di Harmony Smart Accounting Solution.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/