Harmony Ā» Blog Ā» 

Apa Itu Lead dan Cara Mudah Mendapatkannya?

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 20, 2021

Sebagian dari Anda pasti bingung apa itu lead bukan? Namun jika Anda membahas tentang lead, Anda juga perlu memahami soal strategi marketing. Baik itu pemasaran langsung maupun tidak langsung. Sebab, lead adalah subjek yang telah mengenal produk Anda ketika Anda menerapkan strategi marketing yang tepat.

Lead mengandung arti orang yang bisa menjadi pelanggan potensial bisnis Anda.ā€Click to Tweet

Di dunia bisnis, strategi marketing yang sukses adalah ketika produsen atau penjual mampu memenuhi selera dan permintaan konsumen. Dengan begitu akan tercipta keseimbangan pasar, sebab terjadi keseimbangan permintaan dan stok.

Akan tetapi, masih banyak pemasar yang bingung, bagaimana menerapkan strategi marketing agar tercipta lead generation? Lalu, apa itu lead dan lead generation?

Kenali Apa Itu Istilah Lead?

Setelah menerapkan strategi pemasaran sesuai planning, kini saatnya menganalisa apakah lead dan lead generation sudah tercapai. Tetapi, apa itu lead? Menurut pengertian sederhana, lead adalah orang yang bisa menjadi pelanggan potensial bisnis Anda.

Umumnya, apa itu lead adalah digambarkan seperti Anda selaku salesman atau pemasar sudah menjelaskan berbagai manfaat dan fungsi produk smart TV, misalnya.

Kemudian, si pelanggan merasa tertarik dan meminta nomor kontak yang bisa dihubungi untuk segera memesan smart TV tersebut. Dari nomor kontak ini, apa itu lead bisa tercapai.

Nah, jika sudah memahami pengertian apa itu lead. Sekarang, Anda juga memahami makna lead generation. Sebab, keduanya sangat berkaitan.

Lead generation adalah kegiatan untuk memikat atau menarik sebanyak mungkin calon pelanggan agar bisa menjadi pelanggan tetap bisnis Anda. Lead generation lebih mudah dicapai dengan program customer loyalty seperti diskon, voucher, souvenir/ free things, dan masih banyak lagi.

Cara Mudah Mendapatkan Lead

Bagaimana, sudah mulai memahami apa itu lead? Agar lebih mudah mencapai lead dan lead generation, mari simak beberapa cara mudah mendapatkan lead dan lead generation di bawah ini:

  1. Membuat Akun Media Sosial

    Di era media sosial saat ini, hampir semua bisnis memiliki akun medsos. Tujuannya hanya satu, agar konsumen lebih mudah menjangkau dan mendapatkan informasi secara cepat dan instan.

     

    Cara Mudah Apa Itu Lead

    Dari akun media sosial, lead generation lebih mudah dicapai, karena umumnya bisnis akan terlihat lebih kredibel. Sehingga, audiens atau pelanggan juga lebih mudah memberikan kontak nomor telepon atau emailnya untuk bisnis.

    Yang nantinya, bisa diolah timĀ  strategi marketing dalam mencapai lead generation.

  2. Free Things

    Siapa sih orang yang tak suka hal gratis alias cuma-cuma? Hampir sebagian besar pelanggan senang diberikan hadiah atau souvenir gratis.

    Untuk mendorong pengetahuan apa itu lead generation yang lebih tinggi, bisnis Anda bisa membagikan free things berupa souvenir, merchandise, buku, e-book, pamflet/ brosur, checklist, panduan singkat, worksheet, dan sebagainya.

    [elementor-template id="26379"]

  3. Halaman Arahan atau Landing Page

    Satu lagi, cara mudah mendapatkan apa itu lead generation bagi pebisnis. Yaitu membuat website khusus yang berisi konten hard selling atau landing page. Di dalam landing page, umumnya terdapat konten yang berisi manfaat produk hingga kontak yang bisa dihubungi.

    Jadi, akan semakin mudah mendapatkan lead generation karena setiap konsumen bisa dengan cepat menghubungi nomor telepon bisnis Anda dalam sekali klik.

Nah, demikian penjelasan mengenai apa itu lead dan lead generation. Semoga bisa dipahami, ya. Kesimpulannya, lead adalah orang-orang yang memiliki potensi tinggi menjadi pelanggan tetap bisnis Anda.

Jangan pernah sia-siakan calon konsumen dengan lead generation tinggi. Sebab, dari sinilah lead generation bermula dan menjadi ujung tombak kesuksesan bisnis Anda.

Dukung selalu kesuksesan bisnis Anda dengan sistem pembukuan dan akuntansi keuangan yang modern, sistematis, dan akurat. Software Akuntansi Harmony, bisa menjadi solusi laporan keuangan dan pembukuan Anda.

Tersedia 20 jenis laporan keuangan yang bisa digunakan secara instan, praktis, dan kredibel. Tim keuangan bisa semakin produktif dan cepat menyelesaikan tugas-tugas administrasi yang berulang setiap periode. Sehingga, perusahaan dapat semakin meningkatkan efisiensi waktu, tenaga, dan biaya.

Coba GRATIS selama 30 hari Aplikasi Harmony sekarang, dengan klik tautan ini. Dapatkan pula informasi fitur-fitur Software Akuntansi Harmony secara lengkap melalui akun media sosial, akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram