Harmony Â» Blog Â» 

Apa Itu Influencer Marketing, Keuntungan dan Bagaimana Menerapkannya?

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 15, 2021

Apakah Anda tahu istilah influencer marketing? sesuai dengan namanya influencer adalah seseorang yang memiliki jumlah pengikut terbanyak dari salah satu sosial media Anda.

Nah, pada era teknologi sekarang ini influencer marketing merupakan trend baru sebagai pemasaran yang berkembang ditengah masyrakat. Sehingga pemasaran ini banyak digunakan oleh para pebisnis, untuk meningkatkan branding maupun penjualan produknya.

Maka dari itu inilah mengapa influencer marketing strategy akan diterapkan ke dalam bisnis Anda. Karena sebagai penjual juga harus menentukan strategi pemasaran STP yaitu segmenting, targeting, dan positioning yang menjadikan konsumen berasal dari media sosial.

Influencer adalah seseorang yang mampu mempengaruhi keputusan pembeli sebagai target audiens terhadap suatu brand yang dipromosikan.Click to Tweet

Apa Itu Influencer Marketing?

Pada dasarnya influencer adalah seseorang yang memberikan pengaruh positif kepada masyarakat, serta mendapatkan kepercayaan publik dalam mengikuti media sosial Anda.

Sebagai contoh influencer ini merupakan seseorang seperti selebgram, blogger, selebritis, youtuber, serta public figure lainnya yang dianggap sangat penting dalam komunitas tertentu.

Nah, influencer marketing strategy ini juga harus memiliki ribuan follower ataupun jutaan pengikut dalam media sosialnya, karena kekuatan strategi ini terletak pada trend setter seseorang baik skala kecil ataupun besar dalam mempromosikan produk.

Namun bagaimana bisa dikatakan sebagai influencer marketing strategy? Karena adanya perusahaan yang mengajak seseorang influencer untuk bekerja sama, dalam meningkatkan branding serta penjualan produknya yang sesuai dengan target pasar.

Apa Saja Jenis-Jenisnya?

Adapun jenis-jenis influencer marketing yang membedakan jumlah follower dan penggunaan media dalam memasarkan produknya yaitu:

Jenis Influencer Marketing

  1. Skala Mikro

    Sebagai influencer mikro ini biasanya memiliki jumlah follower kurang lebih 10 ribu orang, kekuatan dari influencer ini memiliki keterikatang yang baik dengan followernya. Bahkan kemungkinan konsumen yang melihat promosi tersebut, akan membeli produk tersebut denga kesuksesan mencapai 82 persen.

  2. Skala Makro

    Dalam kategori makro ini memiliki jumlah pengikut lebih dari 10 ribu orang, bahkan influencer ini dikenal luas meskipun belum seterkenal selebritis.

    Manfaat influencer ini dapat mempromosikan produk yang potensial ke pada banyak orang dan membuat produk atau branda Anda terlihat sangat eklusif.

  3. Skala Premium

    Nah, bagaimana dengan skala premium? Seseorang yang memiliki jutaan pengikut ini merupakan top influencer, dimana promosi dan pembelian produk ini tetap menjanjikan walaupun tidak sebesar selebgram.

    Dengan demikian jika Anda ingin bekerja sama perlu adanya pemikiran kesesuaian budget dan produk yang ditawarkan.

  4. Artis Selebgram

    Seringkah Anda memakai media sosial instagram? Anda pastinya akan kenal siapa saja selebritis instagram yang merupakan seorang publik figure yang potensial untuk melakukan pemasaran produk usaha makanan, kerajinan, baju, makeup, skin care, dan sebagainya.

  5. YouTuber

    Pada platform youtube ini seorang youtuber tentunya memiliki jumlah subscriber yang tinggi, di mana seseorang ini mempromosikan produk melalui kontennya. Pemasaran ini memang cukup signifikan karena dapat menarik perhatian konsumen akan branding produk tersebut.

Apa Saja Keuntungan Influencer Marketing Bagi Pebisnis?

Adapun beberapa keuntungan yang bisa Anda gunakan dalam mempromosikan produk saat bekerja sama dengan inluencer yaitu:

  • Mendapatkan Kepercayaan

    Memiliki banyak pengikut yang berarti seorang tersebut merupakan publik figure yang terpercaya bagi masyarakat. Di mana ketika nantinya mempromosikan dan membranding produk tersebut, maka followers akan mudah percaya dan mau membeli produk.

  • Membuat Branding Awareness

    Menawarkan kerja sama dengan influencer pastinya akan membantu Anda dalam meningkatkan brand awareness bagi produk Anda. Sehingga produk Anda akan memiliki potensi untuk dikenal oleh banyak orang melalui postingan.

  • Mudah Memperoleh Target Pasar

    Memanfaatkan strategi ini membuat Anda dalam memperoleh kemudahan untuk mencapai target pasar Anda. Karena melalui influencer marketing ini Anda harus memilih kriteria produk serta audience.

    Dengan demikian Anda akan lebih mudah memprediksi pengikut merupakan target pasar yang cocok dengan profil brand Anda atau tidak.

  • Biaya Pemasaran Menjadi Terjangkau

    Beberapa jasa ini tentunya akan sangat beragam. Nah, biasanya tarif promosi ini juga tergantung pada kisaran harga tersebut.

    Sehingga dibandingkan dengan harga iklan di TV akan lebih mahal dari strategi ini, dan umumnya harga tergantung pada jumlah follower yang diperoleh.

Baca Juga: 10 Cara Pemasaran Bisnis Ekspor Yang Dapat Anda Terapkan

Bagaimana Tips Dalam Menerapkannya?

Berikut ini ada beberapa cara dalam menerapkan influencer marketing strategy ke dalam bisnis Anda tersebut yaitu:

Menerapkan Influencer Marketing

  • Menyesuaikan Budget Dan Melakukan Kerja Sama

    Memiliki budget yang terbatas merupakan hal yang harus dilakukan untuk memilih seseorang influencer yang tepat. Namun dalam memasarkan produk yang efektif, sebaiknya Anda mencari seorang yang aktif dan sering berinteraksi dengan follower.

    Sehingga nantinya mereka yang mempromosikan produk Anda dan memberikan masukan kepada follower mengenai produk tersebut, maka dari itu walaupun budget Anda terbatas pastinya juga tetap memperoleh manfaat yang sama.

    Selain itu dalam melakukan kerja sama Anda harus merincikan hak dan kewajiban pihak masing-masing agar nantinya tidak ada kesalahpahaman hukum. Sehingga sebelumnya perusahaan pasti memberikan briefing dahulu kepada influencer saat melakukan promosi.

  • Menyesuaikan Dengan Target Pasar Bisnis Anda

    Melalui target pasar ini berguna untuk mengetahui mana saja konsumen yang pas bagi perusahaan Anda, sehingga nantinya dalam melakukan promosi sudah tepat dengan sasaran.

    Maka dari itu sebaiknya Anda mencari yang tepat dengan produk Anda, seperti contoh influencer yang mempromosikan produk kerajinan anak-anak maka target konsumennya merupakan ibu rumah tangga.

  • Memiliki Profil Dan Reputasi Baik

    Menjadi publik figure ternyata harus memiliki reputasi yang baik dibidangnya, agar nantinya melalui kerja sama ini perusahaan bisa bekerja dengan lebih nyaman.

    Selain itu pilih yang memiliki reputasi baik, maka akan memiliki profil yang terjaga dan dapat membantu bisnis Anda untuk melakukan promosi branding produk yang tepat.

    [elementor-template id="26379"]

  • Memiliki Penonton Yang Besar

    Sebagai pembawa pengaruh pastinya juga memiliki keterikatan dengan pengikutnya, sehingga Anda yang melakukan kerja sama dapat mengetahui bahwa mereka memiliki penonton yang besar.

    Seperti contoh influencer biasanya memiliki penonton dan interaksi yang tinggi, sehingga cara ini dapat meningkatkan impression konsumen dalam mengetahui produk Anda.

  • Memiliki Konten dan Postingan Terbaik

    Melakukan postingan terbaik ternyata membuat penonton Anda menjadi lebih intensitas untuk tetap pada akun influncer tersebut. Seperti contoh influencer yang sering melakukan posting besar kemungkinan maka promo yang berikan cepat hilang dari halaman.

    Sehingga sebagai penonton harus berusaha menemukan konten produk Anda. Namun pemilik konten yang memiliki channel banyak pastinya akan memberikan kemudahan dalam berbagai media, dan akan meningkatkan calon konsumen juga yang ingin melihat.

Menjadi pemilik bisnis merupakan hal yang menjadi trend untuk memanfaatkan jasa ini untuk mempromosikan produk dan memberikan keuntungan bisnis Anda yang lebih baik.

Nah, tahukah Anda bahwa ada banyak keberhasilan yang dapat menguntungkan bisnis Anda, sebagai salah satunya yaitu dengan menghemat biaya pemasaran yang Anda keluarkan. Namun ternyata hal ini membutuhkan pengelolaan pembukuan yang rapi bukan?

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan laporan keuangan secara cepat, sekarang bisa Anda gunakan jasa profesional. Layanan ini juga membantu Anda menghitung dan melaporkan pajak Anda.

Bukan hanya itu pembukuan bisnis Anda pun dapat dibereskan dengan teknologi oleh layanan profesional ini. Apa sih teknologi yang digunakan?

Harmony software akuntansi adalah solusi pembukuan berbasis teknologi yang bisa membantu Anda. Ingin menggunakannya? Kini tersedia Gratis 30 Hari jika Anda mendaftarkannya di sini.

Harmony telah membantu ribuan pebisnis untuk mendapatkan laporan keuangan realtime dan menyelesaikan transaksi penjualan dan pengeluaran dengan mudah. Jadi, tunggu apalagi? Nikmati kemudahannya untuk bisnis Anda. Untuk mengetahui informasi terkait Harmony, Anda juga bisa mengikuti sosial medianya seperti Facebook, Instagram dan Linked In.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram