Harmony Blog

Advertising : Kenali Jenis, Contoh & Bedanya Dengan Marketing

Diposting Jul 26th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

AdvertisingPin

Dalam dunia bisnis, baik penjualan produk atau jasa tentu Anda tidak terlepas dari peran marketing (pemasaran) dan juga advertising (periklanan). Dimana kedua peran tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu sebagai strategi pemasaran dan juga untuk meningkatkan penjualan bisnis.

Advertising adalah bentuk presentasi yang menarik dari materi atau pesan yang disampaikan kepada publik melalui media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan.Click to Tweet

Pengetahuan tentang keduanya tentu sangatlah penting bagi bisnis. Sebab kedua hal tersebut tentu akan berpengaruh besar pada proses bisnis lainnya.

Lantas apa itu advertising? Dan apa saja jenis serta perbedaanya dengan marketing? Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan membahas dan membantu Anda dalam memahaminya, maka dari itu simak artikel berikut ini.

Apa itu Advertising?

Periklanan atau disebut advertising adalah sebuah strategi pemasaran yang mana digunakan untuk menarik perhatian para pelanggannya melalui pesan yang persuasif dalam bentuk video, gambar, ataupun kata-kata mengenai produk aja jasa yang ditawarkan.

Apa itu advertisingPin

Di dalam sebuah bisnis, iklan memang bertujuan untuk menarik setiap pelanggan baru dengan menetapkan target pasar serta menjangkau para pelanggan dengan kampanye iklan yang efektif.

Selain itu iklan yang dibuat tentu harus bersifat kreatif, hal ini bertujuan agar para calon pelanggan Anda akan menjadi tertarik pada produk yang Anda tawarkan kepada mereka.

Maka dari itu advertising adalah menjadi sebuah bentuk komunikasi efektif yang dapat Anda gunakan dalam membangun sebuah bisnis agar menjadi lebih berkembang dan dikenal oleh banyak masyarakat.

Apa Pentingnya Advertising?

Adapun hal penting yang perlu Anda ketahui ketika Anda menerapkan advertisement pada bisnis Anda yaitu:

  1. Menjadi Sebuah Alat Promosi

    Iklan ini sangat penting dijadikan sebagai alat promosi produk maupun layanan bisnis Anda agar semakin banyak digunakan oleh calon pelanggan lainnya.

    Sebab dalam advertisement ini dicantumkan keunggulan produk atau layanan serta ajakan untuk menggunakan produk atau layanan yang mana bisa disebut dengan call to action (CTA).

    Baca Juga: Pemasaran Global (Global Market) – Arti, Manfaat, Contoh Dan Faktornya

  2. Dapat Meningkatkan Kesadaran Pelanggan

    Salah satu pentingnya menggunakan advertising adalah dapat meningkatkan kesadaran para pelanggan terhadap produk maupun layanan yang Anda tawarkan dalam bisnis.

    Pada saat pelanggan melihat sebuah iklan produk baik dari televisi, billboard, ataupun internet. Maka dengan secara tidak langsung mereka akan mengetahui bahwa ada produk yang Anda tawarkan.

    Maka dari itu, iklan menjadi salah satu hal yang penting dalam sebuah bisnis Anda. Sebab semakin Anda aktif dalam memasang iklan, maka semakin besar peluang pelanggan dalam menjangkau produk atau layanan bisnis Anda.

  3. Menjadi Alat Perbandingan dengan Kompetitor

    Kompetitor tentu sudah pasti akan memasang iklan dengan tujuan yang sama dengan bisnis Anda. Maka oleh karena itu sangat penting untuk memasang iklan dengan kualitas bagus yang mana bertujuan sebagai bahan perbandingan bagi konsumen.

    Seperti contoh, konsumen ingin membeli suatu produk, kemudian konsumen tersebut melihat berbagai macam iklan produk yang ada, mulai dari iklan Anda hingga iklan kompetitor lainnya.

    Kemudian konsumen juga akan membandingkan mana produk yang nantinya akan dibeli dengan melihat berbagai macam keunggulan yang ditampilkan di dalam masing-masing iklan tersebut.

Jenis-Jenis Advertising

Adapun beberapa jenis advertising yang perlu untuk Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

  • Online Advertising

    Biasanya Anda dapat menemukan online iklan ini di dalam sebuah website, media sosial, aplikasi dan lainnya.

    Jenis iklan ini merupakan salah satu iklan yang paling efektif untuk digunakan baik dalam konsep penjualan dan pemasaran dalam bisnis. Bagaimana tidak, melalui iklan online Anda dapat menentukan target pasar yang sesuai dengan keinginan Anda. Seperti usia, gender, dan lainnya.

     

    Oline advertisingPin

    Bukan hanya itu saja, untuk masalah harga tentu online advertising adalah iklan yang terbilang relatif murah. Namun adapun kelemahan yang didapat dari iklan online ini yaitu tidak semua orang mengklik iklan yang sudah Anda pasang di internet. Selain itu mungkin saja pesannya tidak mencapai pada audiens yang ditargetkan.

    Adapun beberapa contoh jenis iklan online yang dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda seperti YouTube, LinkedIn, Facebook, Google, Instagram, dan lainnya.

  • Iklan Media Cetak

    Iklan media cetak seperti contoh yang terdapat pada koran memang belakangan ini tidak terlalu populer seperti iklan online. Namun jenis iklan ini juga masih digunakan untuk mempromosikan produk maupun layanan.

    Selain itu biasanya jenis advertisement ini juga masih digunakan oleh bisnis lokal untuk mempromosikan bisnisnya agar dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas.

  • Iklan Outdoor

    Tentu Anda pernah menjumpai iklan yang mana berbentuk billboard yang ada di sepanjang jalan. Nah iklan tersebut merupakan salah satu bentuk dari jenis iklan outdoor ini.

    Jenis advertisement ini juga dikenal dengan iklan yang menjangkau konsumen ketika mereka sedang berada di luar rumah. Salah satu contohnya yaitu billboard. Sampai saat ini jenis iklan outdoor ini masih sering digunakan sebagai media iklan.

  • Product Placement

    Jenis iklan ini juga terbilang sangatlah unik. Sebab jenis advertisement ini merupakan salah satu kegiatan yang mempromosikan produk atau jasa secara diam-diam melalui film, sinetron, dan lainnya.

    Secara tidak langsung jenis iklan ini akan mempromosikan produknya dalam bentuk fisik namun tidak dijelaskan secara langsung di dalam sebuah adegan film maupun sinetron tersebut. Cara ini juga terbilang sangat efektif mencapai demografis yang diinginkan oleh pengiklan.

  • Paid Search Advertising

    Jenis paid search advertisement merupakan jenis iklan yang ditampilkan di dalam mesin pencarian.

    Tujuannya, apabila konsumen Anda mencari suatu produk, maka yang muncul di halaman pencarian adalah website Anda. Maka karena itu, jenis paid search ini sangat berhubungan dengan kata kunci atau keyword produk.

    Kelebihan dari paid search ini yaitu konversi yang dihasilkan lebih teratur, dari jumlah klik, impreasi, hingga berakhir ke pembelian. Dan juga terdapat dashboard khusus untuk memasang, mengelola dan juga mendapatkan laporan advertisement.

  • Native Advertising

    Native ads adalah salah satu dari jenis online advertisement dalam bentuk konten berbayar yang mana memiliki tampilan menyerupai konten di satu halaman situs. Yang mana ditandai dengan adanya sebuah keterangan kecil Ad atau Sponsored.

    Native advertisingPin

    Kelebihan dari jenis advertising adalah dapat memberikan kenyamanan visual pada pengunjung. Sebab dikarenakan tampilannya, baik font, lokasi penempatan iklan, tata letak, hingga pada desainnya pun hampir sama dengan konten biasa.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bedanya Marketing dengan Advertising

Marketing atau disebut sebagai pemasaran ini lebih sering dikenal sebagai aktivitas dan proses dalam membuat sebuah pesan komunikasi terkait dengan penawaran ataupun pemasaran langsung atas suatu produk kepada masyarakat secara luas.

Dapat disederhanakan marketing ini sebagai sebuah perencanaan, pelaksanaan, serta analisis dalam aktivitas usaha yang mana bertujuan mendatangkan penjualan.

Sedangkan advertisement atau periklanan adalah sebuah kegiatan ataupun aktivitas yang dilakukan pebisnis untuk menarik perhatian konsumen melalui jasa penyediaan informasi atau platform berbayar. Dengan hal tersebut maka konsumen akan menerima informasi terkait dengan produk dan layanan bisnis yang dipromosikan.

Namun posisi advertisement ini juga sangat berkaitan erat dengan penjualan/sales/decision dalam proses marketing. Maka dapat dikatakan bahwa advertising adalah bagian dari marketing.

Perlu Anda ketahui juga bahwa tidak semua marketing adalah advertisement, namun advertising adalah marketing. Marketing adalah proses jangka panjang, sedangkan advertising mengacu pada apa yang ditawarkan (promosi) saat ini.

Itulah penjelasan mengenai periklanan dan seberapa penting hal itu untuk digunakan dalam bisnis. Secara umum, advertising adalah hal yang cukup penting bagi perusahaan dalam mengembangkan bisnis.

Jika bisnis Anda semakin berkembang tentu omset yang akan Anda dapat nantinya akan semakin meningkat. Tentu dengan omset yang meningkat Anda juga harus bisa mengeloh setiap laporan keuangan Anda.

Namun jika Anda kesulitan untuk mencatat laporan keuangan tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Harmony.

Fitur dan modulnya lengkap untuk menyederhanakan tugas pembukuan seperti pencatatan transaksi, laporan keuangan, rekonsiliasi bank, hingga smart invoicing dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Bagi Anda yang tertarik mencoba Software Akuntansi Harmony, silakan klik tautan ini untuk dapatkan GRATIS selama 30 hari. Yuk, cek fitur selengkapnya dengan follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony