Harmony Blog

Administrasi Keuangan: Pengertian, Fungsi dan Cara Memaksimalkannya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pin

Dalam perkembangan usaha yang sangat pesat, tentunya perusahaan harus memperhatikan administrasi keuangan. Mengapa administrasi keuangan sangat penting? Karena merupakan salah satu aspek yang dapat mengatur pendapatan dan pengeluaran perusahaan.

Justru dikarenakan aspek tersebut penting, maka perusahaan perlu melakukan administrasi keuangan secara efektif dan efisien. Kebanyakan orang akan mengira bahwa administrasi keuangan selalu berhubungan dengan mencatat transaksi keuangan atau pembayaran.

Namun keberadaan kegiatan ini juga bisa Anda artikan sebagai sebuah proses yang dilakukan oleh seseorang, untuk mengelola keuangannya di dalam perusahaan baik itu bersifat pribadi atau publik. Hal ini juga bertujuan agar terciptanya sistem keuangan yang baik, dan terstruktur bagi perusahaan dimasa yang akan datang.

Administrasi keuangan merupakan sebuah proses rencana keuangan yang terorganisir, sehingga kegiatan tersebut dapat mencapai tujuan perusahaan.

Pengertian Administrasi Keuangan

Administrasi keuangan adalah suatu proses kegiatan usaha yang dilakukan untuk dapat membantu, melayani, dan kegiatan tersebut dalam mencapai tujuannya. Tentunya hal ini akan dibutuhkan oleh setiap perusahaan yang ingin keuangannya diatur dengan baik.

Pengertian administrasi keuangan lainnya sebagai sebuah aktivitas yang dilakukan oleh sekelompok orang, untuk mengatur dan memimpin kegiatan tersebut supaya tujuan yang dicapai bisa lebih efektif dan efisien.

Di era digital ini, kegiatan ini juga memiliki keberagaman dalam kegiatan operasionalnya di perusahaan. Sehingga dalam pengertian administrasi keuangan juga memiliki arti luas dan sempit bagi perusahaan.

Pada arti luas, adalah sebuah kegiatan organisasi yang termasuk ke dalam pengelolaan keuangan misalnya akuntabilitas, perencanaan, regulasi dan pengawasan keuangan.

Selain itu pada arti sempit, adalah kegiatan yang selalu berhubungan dengan pendataan, pencatatan dan pengeluaran dana dalam berbagai kegiatan operasional perusahaan.

Apa Saja Tujuan Administrasi Keuangan

Umumnya tujuan administrasi keuangan, agar mempermudah proses dalam mengatur keuangan di sebuah perusahaan.

Dengan mengikuti sistem keuangan perusahaan, Anda bisa mempertanggung jawabkan dan mengelola keuangan dengan baik. Adapun tujuannya yaitu :

1. Dapat memudahkan proses transaksi pengeluaran dan pemasukan pada perusahaan

2. Memperoleh kemudahan dalam melakukan kegiatan transaksi keuangan, ditambah adanya bukti transaksi yang bisa dipertanggung jawabkan.

3. Dapat memudahkan manajer untuk mengetahui kondisi keuangan dalam waktu tertentu.

Pekerjaan di bidang ini, tentunya akan memiliki kewajiban untuk membuat pembukuan serta mengontrol laporan keuangannya.  Dengan begitu proses kegiatan transaksi yang dijalankan harus sesuai dengan benar, sehingga tidak ada penyimpangan atau kecurangan yang dilakukan di dalam laporan keuangan perusahaan.

Namun bagaimana jika Anda sebagai pemilik bisnis yang memiliki kegiatan padat, tetapi juga ingin mengontrol kegiatan transaksi dan keuangan Anda? Untuk itu Anda bisa memanfaatkan dengan memakai jasa pembukuan walaupun tidak memiliki akuntan sekalipun.

Dengan menggunakan jasa pembukuan, Anda juga dapat terbantu dalam melakukan perhitungan dan pelaporan pajak sebagai pengusaha yang sibuk setiap harinya.

Unsur-Unsur Administrasi Keuangan

Dengan melaksanakan kegiatan administrasi keuangan. Tentunya kegiatan tersebut juga memiliki unsur atau faktor penting di dalam perusahaan, yaitu sebagai berikut :

1. Pencarian keuangan, merupakan kegiatan yang berhubungan dengan pencarian dana dari seluruh kegiatan operasional supaya kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan sesuai.

2. Penganggaran dan pengelolaan keuangan, adalah sebuah kegiatan yang memanfaatkan pengeluaran, pemasukan dana untuk kegiatan yang sudah direncanakan atau memaksimalkan dana tersebut.

3. Perencanaan dan pengendalian keuangan, merupakan kegiatan yang melakukan perencanaan atas pengeluaran, pemasukan dana, penilaian, serta perbaikan performa keuangan di suatu perusahaan dalam waktu tertentu.

4. Penyimpanan keuangan, merupakan suatu kegiatan untuk mengumpulkan seluruh dana perusahaan yang nantinya akan disimpan ke tempat yang aman dan privasi.

5. Pemeriksaan keuangan, adalah kegiatan yang berkaitan dengan proses audit internal perusahaan terhadap bagian keuangan perusahaan di mana hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam perusahaan.

Apa Saja Fungsi Administrasi Keuangan?

Berikut ini ada beberapa cara untuk memaksimalkan fungsi administrasi keuangan dalam perusahaan, yaitu sebagai berikut :

a. Fungsi Pencarian Dana

Dalam fungsi pencarian dana ini, dimaksudkan agar perusahaan mampu memenuhi kegiatan dan kebutuhan perusahaan. Sehingga cara ini bisa dijadikan untuk mencari investor atau sponsor perusahaan.

b. Fungsi Investasi

Sebagai kegiatan administrasi keuangan yang menyimpan dana perusahaan, digunakan untuk kebutuhan perusahaan. Namun sebagai pemilik usaha yang berinvestasi pasti akan memiliki investasi, yaitu :

Investasi jangka panjang, tanah, gedung, alat mesin produksi, kas, kendaraan dan sebagainya.

Selain itu, investasi jangka pendek, misalnya utang, piutang, kas, persediaan dan sebagainya.

c. Fungsi Bagi Hasil

Dengan menjalankan tugas administrasi keuangan tentunya kegiatan ini diberikan kepercayaan dari perusahaan, untuk menentukan pembagian hasil keuntungan kepada investor atas investasi yang didapatkan oleh perusahaan.

d. Fungsi Belanja

Dalam fungsi belanja, tugas yang diberikan kepada administrasi keuangan dipercaya oleh perusahaan untuk membelanjakan kebutuhan operasional perusahaan dengan bijak.

Cara Memaksimalkan Administrasi Keuangan Dalam Bisnis

Berikut ini ada beberapa tips yang dilakukan oleh administrasi keuangan agar kegiatan tersebut berjalan dengan maksimal, yaitu :

1. Lakukan Pencatatan Transaksi Secara Detail dan Rapi

Sebagai administrasi keuagan, hal ini sangat penting untuk mencatat semua pengeluaran dan pemasukan yang dapat membantu pemilik bisnis. Sehingga laporan tersebut dapat dimiliki secara detail dan rapi dari setiap transaksi yang tercatat.

2. Tepat Waktu Dalam Menyajikan Laporan Keuangan

Alangkah baiknya sebagai karyawan administrasi keuangan, dapat menyajikan laporan keuangan secara tepat waktu. Dengan begitu, hal ini bisa memaksimalkan laporan keuangan bulanan atau tahunan, serta mengurangi resiko selisih nominal dan kesalahan pencatatan.

3. Gunakan Sistem Akrual Untuk Laporan Keuangan

Kewajiban administrasi keuangan juga perlu melakukan sistem pencatatannya secara akrual. Cara ini dapat memaksimalkan suatu  perusahaan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaannya. Baik itu dari segi uang masuk dan keluar, utang, serta piutang dalam bisnis yang secara akurat.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Siapa Saja Petugas Administrasi Keuangan?

Berikut ini ada beberapa orang yang bersangkutan menjadi petugas administrasi keuangan, yaitu :

1. Manajer Keuangan

Tugas manajer keuangan, yaitu dengan melakukan pemeriksaan laporan kas kecil serta menyetujui pengeluaran dana kas kecil.

2. Sekretaris  

Sebagai tugas sekretaris yaitu, melakukan penyetoran uang di bank, melakukan pencatatan atas pajak, dan sumbangan dana pemilik bisnis, serta menyediakan dana kas kecil dalam keperluan yang rutin.

3. Bendahara

Tugas seorang bendahara yaitu, menyetujui pengeluaran dana kas kecil, membuat laporan keuangan, serta mengisi kembali dana kas kecil dalam bentuk uang dan cek.

Apa Saja Tugas Dari Seorang Administrasi Keuangan?

Tentunya sebagai seorang administrasi keuangan akan memiliki tugas khusus dalam suatu perusahaan, yaitu meliputi :

1. Untuk Mengelola Uang Tunai

Secara umum tugas admnistrasi keuangan juga dapat mengelola uang tunai atau modal, yaitu dengan cara melaporkan penarikan dana, membuka rekening, menentukan penyetoran dana, serta mencatat seluruh transaksi uang tunai perusahaan.

2. Membuat Rencana Keuangan

Sebagai tugas administrasi untuk membuat rencana keuangan, akan meliputi berbagai aspek pendapatan, pinjaman, pengeluaran yang lakukan secara terstruktur.

3. Memproses Pengelolaan Kredit atau Pinjaman

Tugas administrasi keuangan, harus dapat mengelola dana pinjaman atau kredit yang menjadi beban bagi perusahaan.

4. Membuat Laporan Keuangan

Sebagai tanggung jawab administrasi keuangan, sudah seharusnya membuat laporan keuangan tahunan. Dengan mempersiapkan dan melakukan laporan tersebut secara bertahap, baik itu harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

Pada dasarnya fungsi dan tugas administrasi keuangan pada bertujuan untuk melakukan proses kegiatan dana, dan mengatur keuangan dari sebuah perusahaan.

Peran administrasi keuangan juga sangat penting bagi perusahaan, selain memudahkan pencatatan keuangan di perusahaan juga dapat mengatur transaksi atas kegiatan operasional usaha. Cara agar perusahaan lebih mudah melakukan tugas administrasi keuangan serta tugas akuntan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi dari Harmony.

Dengan menggunakan Harmony akan lebih memudahkan staff Anda di bagian administrasi keuangan serta bagian akuntan, untuk melakukan pembukuan keuangan atau hal lain yang berkaitan dengan akuntansi.

Sehingga staff Anda dapat menyajikan laporan keuangan yang cepat, akurat dan tepat. Untuk itu, Anda dapat menggunakan pembukuan seperti Harmony software yang merupakan sebuah solusi untuk kemudahan pengelolaan keuangan bisnis Anda. Mudah digunakan dan memiliki fitur lengkap dan harga terjangkau secara Gratis 30 Hari.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Dengan mengklik sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony