Harmony Blog

5 Tips & Trik Foto Produk yang Membuat Pelanggan Tertarik

Diposting Sep 1st, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Foto ProdukPin

Anda mungkin pernah mendengar tentang foto produk atau jasa fotografi produk. Di era media sosial saat ini, foto produk memegang peran penting dalam penjualan. Baik, foto produk kerajinan, makanan, foto produk sepatu, atau foto produk lainnya.

Foto produk yang baik dan berkualitas adalah salah satu cara pebisnis untuk dapat meningkatkan penjualan dan menarik konsumennya untuk tetap membeli produk.Click to Tweet

Foto produk atau jasa fotografi produk adalah pengambilan gambar memakai teknik khusus yang secara akurat dapat mewakili produk. Gambar produk atau jasa fotografi produk yang bagus dapat meningkatkan penjualan dan menarik orang yang melihatnya agar mau membeli produk tersebut.

Jenis-Jenis Foto Produk

Adapun beberapa jenis foto produk yang bisa Anda lakukan sebagai strategi pemasaran adalah:

  1. White Background Shots

    Salah satu jenis gambar produk yang paling populer. Dengan latar belakang putih, sehingga produk tampil lebih jelas. Biasanya, dipakai untuk foto produk yang membutuhkan detail. Seperti produk sepatu, produk kosmetik, produk peralatan rumah tangga, dan lainnya.

    Tips foto produkPin

  2. Lifestyle Action Shots

    Jenis gambar produk selanjutnya adalah lifestyle action shots. Yaitu, pengambilan gambar yang fokus dalam pemakaian atau fungsi produk tersebut. Terdapat beberapa jenis lifestyle action shots, di antaranya:

    • Hero shot: Meningkatkan kesadaran audiens tentang manfaat produk dan membayangkan jika mereka memakainya.
    • Flat lay photography: Foto produk yang menaruh di atas meja atau tempat datar. Kemudian, ditambahkan aksesoris atau properti tambahan.
  3. Scale Shots

    Bila Anda memang ingin menggambarkan ukuran produk yang Anda tawarkan, maka Anda bisa memilih jenis gambar produk scale shots. Untuk bisa melakukannya, maka Anda bisa menggunakan objek lain sebagai bahan pembandingnya.

    Untuk bisa menjelaskan betapa kecilnya Zanco tiny t1, produk tersebut difoto bersebelahan dengan kunci dan juga koin.

  4. Detailed Shots

    Sesuai jenis gambar produk ini, mengambil gambar produk dan fokus untuk memperlihatkan rincian tekstur, fungsi, atau bagian penting produk. Sehingga, audiens dapat melihat secara jelas detail foto produk.

    Baca Juga: Pengertian Pre Order Dan Cara Memaksimalkannya Pada Bisnis Anda

  5. Ghost Mannequin Photography

    Untuk gambar produk fashion seperti pakaian, perhiasan, atau sepatu, dan lainnya, Anda bisa memakai jenis gambar produk ini agar tercipta efek 3D. Jenis gambar produk ini juga dapat membuat gambar tampak lebih profesional.

  6. 360 Product Photography

    Selanjutnya, jenis foto produk yang lebih interaktif dan kekinian adalah 360 product photography. Jenis gambar produk membutuhkan usaha karena harus mengambil gambar berkali-kali untuk kemudian digabung ke dalam satu gambar.

Tips Foto Produk Yang Memikat Pelanggan

Jenis foto produk di atas dipengaruhi trend di media sosial atau kebutuhan iklan. Berikut ini beberapa tips gambar produk yang bisa diikuti bagi pemula:

  1. Letakkan Kamera Di Tripod

    Tripod dapat melindungi dari guncangan dan pengambilan gambar lebih stabil. Selain itu, kecepatan rana juga lebih efektif tanpa risiko blur. Gambar produk menjadi lebih tajam dan fokus.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  2. Mempersiapkan Pencahayaan Yang Baik

    Pencahayaan yang baik, tidak harus selalu mahal dan memakan waktu. Ada beberapa jasa fotografer produk yang mempersiapkan pencahayaan di studio selama berjam-jam. Sehingga, bisa dipakai untuk pengambilan gambar produk lain berulang-ulang.

    Tetapi, Anda juga bisa memanfaatkan pencahayaan alami dari sinar matahari di dekat jendela yang terang. Dengan latar belakang dan properti yang tepat, gambar produk akan tampil memikat pelanggan.

  3. Bidik Banyak Angle

    Khusus untuk jasa fotografi produk online, pelanggan tidak bisa menyentuh produk secara langsung. Maka itu, dibutuhkan pemotretan dari berbagai angle dan tunjukkan detailnya lebih dekat.

    Terutama, untuk gambar produk makanan  atau gambar produk kerajinan. Sebab, tekstur atau detail inilah yang membedakan dari produk pesaing. Jadi, pastikan untuk memamerkan keunikan ini.

Nah, dengan menampilkan foto produk yang keren, Anda bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan usaha. Bila perlu, gunakan jasa fotografi produk profesional agar kredibilitas produk bertambah.

Bukan hanya foto produk saja yang perlu diperhatikan secara detail, anggaran keuangan dan pembukuan usaha juga layak dipertimbangkan serius. Terlebih lagi, dalam hal pencatatan transaksi keuangan, pembelian, penjualan, serta manajemen utang-piutang usaha. Semuanya akan sangat ribet bila dilakukan pencatatan secara manual.

Jangan khawatir, soal pembukuan bisnis, percayakan hanya pada Software Akuntansi Harmony. Dirilis oleh P.T. Harmoni Solusi Bisnis (Harmony) sebagai financial technology terpercaya yang mengembangkan model bisnis seperti bidang sistem finansial, invoicing, dan akuntansi. Ayo, nikmati 30 hari pemakaian GRATIS aplikasi Harmony, daftar di sini.

Cari tahu seputa info lengkapnya pada akun InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony yang juga hadir di medsos, follow sekarang juga, ya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!