5 Tips Pengelolaan Piutang Yang Baik Untuk Perusahaan
Harmony Blog
Business
5 Tips Pengelolaan Piutang Yang Baik Untuk Perusahaan
January 27, 2021
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Pengelolaan piutang dimaksudkan agar tidak terjadi kredit macet yang akan menghambat arus kas usaha. Dalam menjual suatu produk, perusahaan bisa melakukan transaksi secara tunai atau kredit. Piutang usaha merupakan kondisi yang muncul karena sistem pembayaran kredit.

Perusahaan yang memiliki piutang akan memiliki aktiva yang masuk secara kontinyu hingga habis masa piutangnya. Namun, perusahaan tetap harus melakukan pengelolaan piutang yang baik.

Pengelolaan piutang perlu dilakukan agar kas perusahaan bisa terjaga dengan baik.

Belum lagi, perusahaan cenderung memiliki beberapa bentuk piutang dan jenis hutang yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk. Pengelolaan piutang sangat penting agar hutang usaha tidak menjadi beban berkelanjutan bagi perusahaan.

Pengelolaan piutang usaha dan utang usaha merupakan bagian dari cara menerapkan skala prioritas keuangan usaha. Manajemen piutang adalah sistem yang paling berperan dalam membangun kebijakan pengelolaan piutang usaha yang baik dan tepat. Dengan demikian, perusahaan akan terhindar dari kebocoran, pemborosan, peningkatan kredit macet, dan menurunya value added. Berikut ini, beberapa tips mengelola piutang usaha yang tepat dalam bisnis.

Membuat Standar Kredit 5C

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk mengelola piutang usaha dengan benar adalah membuat standar kredit. Tujuannya adalah agar perusahaan bisa tahu kualitas minimal kelayakan kredit dari pemohon kredit.

Agar bisa membuat standar kredit yang baik, perusahaan harus bisa menilai probabilitas terjadinya penunggakan oleh pelanggan. Metode yang digunakan biasanya Five C of Credit (5C) yang meliputi characters, capacity, capital, collateral, dan conditions.

Character merupakan penilaian atas kejujuran pelanggan dalam memenuhi kewajibannya

Capacity merupakan penilaian untuk pendapat yang sifatnya subjektif mengenai kemampuan pelanggan,

Capital merupakan penilaian terhadap kekuatan finansial atau anggaran keuangan calon pelanggan secara umum

Collateral penilaian atas untuk jaminan yang akan menunjukkan kekuatan finansial calon pemohon kredit

Conditions merupakan penilaian terhadap kemungkinan-kemungkinan perubahan yang akan terjadi terhadap kemampuan calon pemohon kredit.

Menentukan Syarat Kredit

Dalam perkreditan, suatu syarat sangat penting untuk memberikan kejelasan atas SOP perusahaan yang harus dimengerti oleh para pemohon kredit. Perusahaan Harus menetapkan periode kredit, tenor, besar cicilan, hingga bunga yang dibebankan kepada pemohon kredit.

Perusahaan harus bisa menentukan syarat kredit dengan banyak pertimbangan seperti sifat ekonomi produk, gambaran umum mengenai kondisi calon pelanggan, periode kredit, potongan tunai, dan tingkat bunga bebas risiko.

Lakukan Penagihan Secara Rutin

Bagi perusahaan yang telah memberikan kredit terhadap pelanggan, maka sangat penting untuk melakukan penagihan secara rutin. Caranya bermacam-macam, mulai mengirimkan pesan melalui telepon, email, atau media lainnya untuk mengingatkan pelanggan supaya melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo. Misalnya dengan menghubungi pelanggan minimal 7 hari atau 3 hari sebelum jatuh tempo.

Baca Juga : Pengertian Biaya Peluang, Fungsi, Contoh, dan Pentingnya dalam Bisnis

Melakukan Penilaian Piutang

Jumlah piutang yang diberikan pasti diharapkan akan dapat ditagih dengan mudah. Maka dari itu, sangat perlu melakukan penilaian piutang sejak awal piutang diberikan. Untuk melakukannya bisa menggunakan metode cadangan kerugian piutang dan metode penghapusan langsung.

custom-form-newsletter

Metode cadangan kerugian piutang berguna jika penilaian terhadap piutang jika piutang sudah dipastikan tidak dapat ditagih. Metode ini akan menyebabkan rekening cadangan kerugian piutang didebet dan piutan yang ada akan dihapus. Sementara metode penghapusan langsung akan digunakan jika kerugian ternyata diakui pada waktu piutang dihapuskan.

Nilai Kinerja Keuangan pada Arus Kas Usaha

Arus kas merupakan laporan keuangan yang mencatat beberapa transaksi, termasuk aktivitas operasional perusahaan dalam menghasilkan laba bersih. Arus kas menjadi bukti penerimaan kas yang berasal dari setoran piutang dari pelanggan, penerimaan bunga, dan dividen dari investasi.

Maka dari itu, laporan arus kas secara langsung menunjukkan data-data yang sangat penting untuk menentukan kebijakan dalam pengelolaan piutang usaha.

Itulah 5 tips mengelola kartu piutang yang bisa Anda berikan jika pelanggan ingin melakukan pembelian secara kredit. Dengan pengelolaan piutang yang baik, perusahaan dapat mengoptimalkan penjualan secara kredit yang aman dan tidak menimbulkan kredit macet secara berlebih. Piutang merupakan salah satu aktiva lancar yang bisa mempengaruhi kondisi arus kas perusahaan..

Saat ini, perusahaan Anda tidak akan sulit mengelola data piutang karena bantuan software akuntansi Harmony yang terpercaya dan aman. Dengan menggunakan software akuntansi Harmony, Anda dapat mengelola piutang dengan baik untuk membuat laporan arus kas, buku umum pembantu piutang, laporan laba rugi dan lainnya.

Jika Anda ingin mengingatkan pelanggan untuk melakukan pembayaran, Anda bisa memanfaatkan fitur invoice dari Software Akuntansi Harmony yang bisa Anda kirimkan melalui email tagihan terhadap pelanggan.

Keunggulan Software akuntansi Harmony untuk manajemen piutang adalah memastikan setiap piutang tidak mengalami kredit macet dan menentukan metode penilaian yang tepat untuk piutang usaha. Jangan tunda lagi, segera klik  di sini untuk menggunakan software akuntansi Harmony GRATIS dalam sebulan penuh. Ikuti terus informasi terupdate setiap hari lewat akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/