Harmony Blog

5 Tips Meningkatkan Sales Growth dan Cara Menghitungnya

Diupdate Apr 8th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

sales growthPin

Untuk Anda yang sedang menjalankan rencana strategis dalam bisnis atau pernah terjun langsung ke dalam dunia bisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sales growth, ya. Tapi untuk seseorang pemula yang baru saja berminat untuk terjun ke dunia bisnis, mungkin saja belum mengetahui apa yang dimaksud dengan sales growth ini.

Sales growth adalah pertumbuhan penjualan yang bisa menunjukkan perkembangan suatu perusahaan atau pertumbuhan penjualan dari waktu ke waktu.Click to Tweet

Nah, bagi yang masih bingung mengenai sales growth, baca pembahasan kali ini hingga selesai ya karena Anda akan mengetahui 5 tips meningkatkan sales growth dan bagaimana cara menghitungnya.

Pengertian Sales Growth

Sales growth adalah pertumbuhan penjualan yang bisa menunjukan perkembangan suatu perusahaan atau pertumbuhan penjualan dari waktu ke waktu. Sales growth adalah salah satu aspek yang paling penting sehingga harus diperhatikan apa saja perkembangan yang terjadi.

Apakah ada kerugian jika tidak ada sales growth? Tentu saja ada, karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sales growth adalah hal penting dan tanpa adanya pertumbuhan penjualan maka bisa dikatakan suatu bisnis tidak dapat berkembang.

5 Tips Meningkatkan Sales Growth

Penting bagi Anda untuk meningkatkan penjualan dan memperhatikan perkembangannya. Berikut ini kami berikan 5 tipsnya.

Meningkatkan sales growthPin

  1. Menyelaraskan Sales dan Marketing

    Penjualan adalah hal yang paling penting untuk meningkatkan bisnis. Dengan adanya penjualan yang meningkat maka bisa dipastikan suatu bisnis akan berjalan dengan baik. Cara yang pertama adalah menyelaraskan sales dan strategis pemasaran usaha.

    Banyak orang yang menganggap sales dan marketing sama saja, padahal berbeda namun keduanya sama penting. Biaya lebih akan dikeluarkan oleh perusahaan jika sales tidak mengoptimalkan marketing. Agar pertumbuhan penjualan meningkat, jangan lupa untuk mengoptimalkan strategi pemasaran produk.

  2. Menambahkah Rangkaian Produk

    Cara pemasaran bisnis yang ideal untuk meningkatkan pertumbuhan penjualan yaitu dengan menambah varian produk. Sebagai contohnya suatu perusahaan memproduksi smartphone, dan perusahaan tersebut bisa menambahkan berbagai rangkaian produk yang berhubungan dengan smartphone seperti casing, headset dan berbagai aksesoris lainnya. Dengan cara demikian, para pelanggan akan lebih berminat untuk membeli dan pertumbuhan penjualan juga akan meningkat.

  3. Investasi di Customer Acquisition

    Berinvestasi di customer acquisition adalah pilihan yang sangat tepat. Dengan adanya customer acquisition Anda akan menarik para pelanggan baru agar bisa lebih dekat dengan bisnis yang Anda jalankan. Jika pelanggan baru sudah mengenal bisnis Anda, pertumbuhan penjualan pun akan meningkat.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Memperluas Jaringan Penjualan

    Memperluas jaringan penjualan adalah tips yang ampuh untuk pertumbuhan penjualan. Dengan jaringan penjualan yang lebih luas maka pelanggan bisnismu juga akan meningkat bahkan secara drastis.

  5. Fokus ke Kekuatan Bisnis

    Dan yang terakhir adalah ke kekuatan bisnis yang dimiliki. Inovasi memang bisa mendatangkan pelanggan baru, namun fokus ke kekuatan bisnis juga akan ikut menyumbang sales dengan jumlah yang sama besarnya.

Bagaimana Cara Menghitungnya?

Setelah mengetahui apa saja tips untuk meningkatkan pertumbuhan penjualan maka Anda akan mengetahui cara menghitungnya.

Cara menghitung sales growth sangat mudah, yaitu dengan mengurangi jumlah penjualan di periode sekarang dengan periode sebelumnya setelah itu, Anda dapat membaginya dengan penjualan di periode sebelumnya, lalu kalikan dengan 100. Contohnya bisa Anda lihat di bawah ini:

(Penjualan periode ini – Penjualan periode sebelumnya) / Penjualan periode sebelumnya x 100

Untuk perusahaan besar, sales growth sebesar 5-10% dianggap baik. Sedangkan untuk perusahaan menengah pertumbuhan penjualan yang diharapkan sebesar 10%.

Penjualan adalah “jantung” utama dalam sebuah bisnis dan Anda bisa melakukan pencatatan transaksi secara lebih modern dengan Software Akuntansi Harmony. Sistem akuntansi ini berbasis cloud atau online yang memudahkan Anda untuk mengaksesnya. Fitur fungsional yang dihadirkan Software Akuntansi Harmony mendukung kelancaran sistem pembukuan dan laporan keuangan yang lebih modern, praktis, dan rapi. Bahkan, terdapat fitur rekonsiliasi bank otomatis untuk meminimalisir kesalahan input manual.

Segera beralih menggunakan Software Akuntansi Harmony GRATIS trial 30 days di link ini. Kini Anda juga bisa memperoleh berbagai info finansial, bisnis, marketing dan lainnya lewat akun sosial media seperti Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK