Harmony Blog

5 Tips Membangun Personal Branding Dalam Dunia Bisnis

Diupdate Mar 11th, 2021
11

SHARES

PEMBACA

personal brandingPin

Apakah Anda pernah mendengar istilah personal branding? Perkembangan bisnis saat ini membuat banyak cara yang harus dilakukan seorang pebisnis atau profesional, salah satunya adalah strategi personal branding. Apa pentingnya personal branding untuk bisnis Anda? Bagaimana membangun personal branding yang sukses? Simak penjelasannya berikut ini.

Strategi personal branding yang tepat akan memberikan manfaat positif dan jangka panjang.

Pengertian Personal Branding

Menurut CEO Amazon, Jeff Bezos pengertian personal branding adalah apa yang orang katakan tentang Anda ketika Anda tidak ada di ruangan itu. Pengertian lain dari personal branding adalah cara untuk mempromosikan diri beserta pencapaiannya dalam karier dan keahlian yang dimiliki. Secara sederhana, bisa disimpulkan personal branding adalah citra diri Anda yang muncul dibenak orang lain.

Personal branding merupakan kombinasi unik dari keterampilan dan pengalaman yang menjadikan seseorang sebagai sosok yang sekarang ada pada dirinya. Strategi personal branding juga bisa jadi pembeda seseorang dengan orang lain yang akan berpengaruh kepada bisnisnya. Orang yang memiliki personal branding yang baik dan menarik akan lebih mudah mencapai kesuksesan dalam bisnisnya. Itulah salah satu alasan pentingnya personal branding dalam menjalankan suatu usaha.

Strategi personal branding merupakan bagian dari rencana strategis jangka panjang yang dibangun seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tujuan tersebut bisa merupakan kesuksesan dalam berbisnis, karir politik atau untuk kepentingan sosial yang dilakukan.

Khusus dalam dunia bisnis, tentu saja strategi personal branding dari pemiliknya belum cukup untuk membuat suatu bisnis menjadi sukses. Pemilik bisnis juga harus menerapkan strategi lainnya seperti strategi pemasaran STP, strategi promosi yang efektif, strategi mengelola keuangan yang benar dan lain sebagainya.

Pentingnya Personal Branding

Personal branding sangat penting untuk seseorang yang membangun citra diri dan sukses dalam bisnis atau karirnya. Beberapa hal yang bisa didapatkan dari personal branding adalah :

Untuk Membangun Kepercayaan

Orang yang melakukan personal branding sedang membangun kepercayaan orang lain terhadap dirinya. Hal ini sangat bermanfaat karena faktor kepercayaan yang sudah terbentuk akan memudahkan proses bisnis dan pekerjaan yang dilakukan. Selain itu, personal branding juga bisa membangun kepercayan diri orang yang melakukannya sehingga lebih percaya diri dalam melakukan pekerjaannya.

Untuk Membangun Koneksi

Personal branding akan membantu seseorang membangun koneksi di berbagai bidang dan bidang spesialisasi yang dia kuasai. Jika seseorang membangun personal branding yang baik, itu akan membantunya mendapatkan lebih banyak koneksi karena orang-orang tertarik dengan kharisma dan kepintarannya. Ini juga yang membuat pentingnya personal branding yang tepat dilakukan.

Contoh personal branding yang bisa membangun atau menambah koneksi dalam dunia bisnis adalah seorang pengusaha restoran yang sukses selalu membangun citra positif dirinya. Pengusaha tersebut aktif di berbagai organisasi restoran, media sosial dan sering menjadi pembicara di seminar kuliner. Citra individu yang positif itu akan membuat orang dari bidang bisnis lain tertarik untuk mengenalnya lebih dekat, meminta jadi mentor, bahkan bekerjasama dengannya.

Baca juga : Cara Cepat Pengembangan Cabang Bisnis Kuliner

Untuk Membangun Kredibilitas

Personal branding yang dilakukan seseorang bisa membangun kredibilitas orang tersebut, terutama dibidang yang dia kerjakan. Orang-orang yang melihat atau bekerjasama dengannya melihat bahwa citra diri orang itu sangat baik sehingga mereka akan mempercayainya untuk melakukan suatu pekerjaan yang merupakan spesialiasi orang tersebut.

Contoh personal branding yang dilakukan seorang pengacara dengan cara aktif di kegiatan untuk membela orang-orang lemah yang terlibat masalah hukum. Pengacara tersebut juga mendirikan LBH (Lembaga Bantuan Hukum) untuk orang-orang tidak mampu serta terlibat dalam organisasi pengacara yang ada dan aktif di media sosial. Dia sedang membangun citra positif yang bisa membangun kredibilitasnya dimata masyarakat dan para klien.

Untuk Memiliki Authenticity (Keaslian)

Orang yang berhasil membangun personal branding akan dilihat bahwa dia memiliki authenticity (keaslian) terhadap bidang yang dikuasainya. Orang tersebut akan indentik dengan bisnis atau pekerjaan yang dijalankannya.

Contoh personal branding yang memiliki authenticity yaitu seorang ahli digital marketing yang sudah membangun citra dirinya dengan memiliki banyak sertifikat penghargaan dan banyak klien ternama menggunakan jasanya. Maka image atau branding yang melekat pada dirinya adalah sebagai digital marketing yang handal, pintar dan harganya pasti mahal.

Tips Membangun Personal Branding

Berikut ini adalah 5 tips yang bisa Anda terapkan agar berhasil dalam melakukan strategi personal branding :

1. Menampilkan Citra Diri Sesuai Portofolio

Branding yang harus Anda bangun adalah yang sesuai dengan portofolio Anda. Citra diri yang harus ditampilkan tidak boleh melenceng jauh dari spesialisasi Anda. Dengan konsisten melakukan branding sesuai spesialisasi dan portofolio Anda maka perlahan citra diri Anda akan melekat pada bidang tersebut.

2. Mempelajari Kemampuan Public Speaking

Pelajari dan perdalam kemampuan public speaking karena sangat berguna dalam membangun profil bahwa Anda adalah seorang yang ahli, berwawasan luas dan bisa menyampaikan gagasan dengan baik.

Baca juga : Pentingnya Memahami Komunikasi Non Verbal Dalam Bisnis

3. Membuat Website Pribadi

Anda juga sebaiknya membuat website pribadi agar semakin banyak orang yang bisa melihat profil Anda. Website pribadi juga membuat Anda mempunyai kelas tersendiri di mata masyarakat.

4. Manfaatkan Media Sosial Untuk Personal Branding

Selain itu, Anda juga harus mempunyai media sosial pribadi dan aktif dalam membuat konten di sana. Karena jumlah pengguna media sosial yang sangat banyak akan membuat personal branding yang Anda inginkan lebih cepat tercapai.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

5. Melakukan Kolaborasi Agar Personal Branding Semakin Kuat

Anda juga harus sering melakukan kolaborasi, tentunya dengan orang, perusahaan atau organisasi yang tepat. Maksudnya adalah partner kolaborasi Anda harus mempunyai relevansi dengan citra diri Anda agar personal branding yang Anda bangun semakin kuat. Kolaborasi juga akan memperluas network dan area jangkauan Anda dalam membangun personal branding.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap membangun personal branding dalam dunia bisnis? Personal branding memang berguna untuk kesuksesan sebuah bisnis. Selain itu, agar bisnis semakin berkembang, Anda juga harus bisa mengelola keuangannya dengan optimal. Agar laporan keuangan usaha bisa dibuat dengan cepat dan mudah, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi dalam mengerjakannya.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony