Harmony Blog

5 Teknik Cepat Pembukuan Bidang Tambak

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pembukuan Bisnis TambakPin

Dewasa ini, usaha di bidang tambak semakin menjadi pilihan para investor. Kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan kemudahan dalam mengakses informasi bisnis tambak menjadi penyebab utamanya. Selain mengenai cara berbisnis dan pemasarannya, pembukuan bisnis kecil samapai besarpun seperti bidang tambak juga harus diperhatikan agar bisnis tersebut bisa berkembang.

Pembukuan usaha tambak harus dilakukan secara profesional agar bisnisnya bisa berjalan maksimal.

Pembukuan bidang tambak maksudnya adalah pencatatan akuntansi untuk usaha tambak tersebut. Pembukuan bidang tambak bertujuan untuk menyediakan laporan keuangan yang valid sebagai dasar dalam mengelolah dan mengembangkan usaha tambak. Tidak peduli apakah tambak udang, ikan ataupun tambak lainnya tetap membutuhkan pembukuan akuntansi agar usaha tersebut memiliki laporan dalam keuangan usahanya.

Simak bagaimana Pak Suganda sebagai pemilik budidaya lele Kersa Mulya Bakti dalam merapihkan pembukuan. Tonton video Pak Suganda berikut ini.

Usaha tambak termasuk dalam usaha dagang karena transaksinya adalah menjual produknya yaitu berupa hasil tambak seperti udang, ikan atau yang lainnya . Bagi Anda yang berniat terjun ke bisnis tambak atau telah memiliki usaha tambak, simak 5 teknik cepat pembukuan bidang tambak ini ya.

1. Pekerjakan Orang Khusus Untuk Pembukuan

Agar usaha tambak memiliki pembukuan yang baik Anda harus mempekerjakan karyawan yang khusus melakukan pencatatan pembukuan usaha tambak tersebut yaitu orang yang mengerti atau pernah belajar tentang keuangan dan akuntansi. Jangan gunakan karyawan untuk memelihara kolam, memberi makan ternak atau bagian sales merangkap bagian pembukuan bidang tambak tersebut.

2. Lakukan Pencatatan Pengeluaran Setiap Hari

Catatlah pengeluaran usaha tambak Anda setiap hari, jangan ditumpuk ya. Hal ini bertujuan agar laporan yang disediakan bisa setiap hari dan jadi cepat mengambil keputusan. Mencatat pengeluaran yang bertumpuk juga akan membuat orang yang mencatatnya jadi malas saat mencatat karena terlalu banyak untuk dilakukan pencatatannya.

3. Lakukan Pencatatan Pemasukan Setiap Hari

Sama halnya dengan pengeluaran, pemasukan pada usaha harus dicatat tiap hari untuk mendapatkan pembukuan bidang tambak yang rapi dan cepat. Pemasukan yang dicatat tiap hari meminimalkan resiko pencarian jika ada pencatatan yang salah. Jangan ketika mau diperiksa atau diaudit baru melakukan pencatatan ya.

Baca juga : Cara Belajar Akuntansi dengan Mudah dan Menyenangkan

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Gunakan Rekening Usaha

Ingat ya, jangan campur uang usaha tambak dengan uang pribadi. Karena jika dicampur pasti pembukuan yang dibuat akan berantakan. Selain itu resiko lainnya adalah uang tambak bisa dipakai tanpa pertanggung jawaban.

Jauhkan kepentingan pribadi dari kepentingan bisnis agar usaha Anda dilakukan secara profesional. Usaha yang dilakukan secara profesional pasti akan memberikan hasil yang maksimal. Terapkan prinsip ini dalam mencatat pembukuan bidang tambak Anda.

5. Gunakan Aplikasi Pembukuan Online

Yang terakhir tapi tidak kalah penting adalah manfaatkan teknologi dalam pembukuan bidang tambak Anda. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini aplikasi pembukuan online sangat mudah didapatkan. Anda hanya membutuhkan akses internet agar bisa mengerjakan menggunakan aplikasi pembukuan usaha tambak Anda secara online.

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan online maka pembukuan tambak akan sangat praktis dan mudah dikerjakan. Bagian pembukuan hanya fokus pada penginputan data dan aplikasi tersebut yang melakukan proses selanjutnya. Tidak perlu menghabiskan berhari-hari atau berminggu-minggu untuk meyediakan laporan dari pembukuan bidang tambak yang dibuat.

Dengan melakukan ini maka Anda akan menghemat waktu dan tenaga, meminimalkan human error serta bisa kerja tanpa terbatas ruang dan waktu. Hasil yang diperoleh dari keuntungan itu semua adalah arus kas usaha Anda akan meningkat dan terkontrol dengan baik. Tidak hanya itu aplikasi pembukuan online juga bisa membantu Anda mengelolah inventaris usaha tambak Anda agar kebocoran atau kehilangan bisa dihilangkan.

Gunakan Harmony untuk aplikasi pembukuan online usaha tambak Anda. Karena selain fiturnya lengkap dan harga terjangkau,

Harmony adalah aplikasi akuntansi online terbaik yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan dimanapun dan kapanpun dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang  akuntan sekalipun. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah keuangan bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi. Yuk coba Harmony GRATIS 30 hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony