Harmony Blog

5 Strategi Viral Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

viral marketingPin

Viral marketing merupakan strategi yang memanfaatkan perkembangan komunikasi saat ini. Seiring kemajuan teknologi dan berkembangnya pemasaran interaktif, istilah komunikasi word of mouth ini sudah meluas jangkauannya, dimana informasi dipertukarkan melalui dunia maya.

Memanfaatkan viral marketing pada saat ini sangatlah diperlukan dalam meningkatkan penjualan, dikarenkan adanya jaringan komunikasi dari orang ke orang untuk menyebarkan pesan pemasaran tentang bisnis online. Segala bentuk komunikasi seperti teks, foto, berita, atau video dapat diteruskan melalui email,website, media sosial dan fasilitas internet lainnya.

Viral marketing berkembang melalui pesan yang disebarluaskan di jejaring sosial dunia maya. Tujuannya adalah untuk menjadikan produk tersebut semakin meluas dan berkembang di dunia maya.

Dimana sudah banyak konsumen sangat memahami penggunaan internet sebagai sarana berkomunikasi sehari-hari. Berkaca dari gaya hidup masyarakat saat ini yang serba online, membuat bisnis online semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Walaupun kelihatan menjanjikan, menjalani strategi pemasaran online bukanlah hal yang mudah. Karena para pelaku bisnis dituntut harus cepat, kreatif, dan juga memberikan pelayanan yang baik.

Apa Itu Viral Marketing ?

Viral marketing adalah sebuah strategi pemasaran dengan menampilkan konten marketing yang sedang banyak diminati dan sering untuk diperbincangkan di tengah masyarakat. Contoh konten viral marketing ini bisa bermacam-macam seperti foto, video, artikel, dan sebagainnya.

Bentuk strategi viral marketing ini merupakan strategi pemasaran yang modern. Terlebih saat ini masyarakat selalu terhubung dengan koneksi internet dan hal ini lah yang membuat penyampaian pesan melalui strategi viral marketing akan lebih cepat penyebarannya.

Hal yang paling penting dari keberhasilan strategi ini adalah ide atau konten yang menarik. Kuncinya adalah membuat sebuah konten yang mungkin sedikit berbeda dari pebisnis lainnya.  Sebab kebanyakan dari masyarakat cenderung lebih tertarik kepada hal-hal yang menurut mereka tidak biasa.

Baca Juga : Pengertian Lengkap CRM (Customer Relationship Management)

Lalu, Apa saja Strategi Viral Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan ?

1. Pakai Social Media Analytics

Memasarkan suatu produk tidaklah mudah, Anda harus mengetahui strategi pemasaran dan riset pemasaran produk yang efektif dan efisien. Salah satunya adalah personalized marketing. Salah satu cara yang dilakukan oleh penjual untuk memasarkan suatu produk secara personal atau per individu.

Namun dibalik dari pemasaran tersebut, audiens adalah salah satu orang yang memiliki peran sangat penting untuk Anda jadikan sebagai strategi dalam memasarkan bisnis Anda melalui konten yang Anda buat. Maka untuk itu Anda harus dapat mengetahui konten seperti apa yang mereka sukai, apakah dalam bentuk video, stories, meme, atau lainnya.

Untuk mempermudah Anda dalam menganalisis keinginan konsumen, Anda dapat menggunakan bantuan social media analytics. Dengan menggunakan alat ini, Anda akan dipermudah dalam mengumpulkan data dari setiap aktivitas di media sosial. Termasuk melacak performa dari setiap campaign.

Anda juga bisa mencari insight dari setiap konten atau campaign yang sekiranya paling unggul. Anda dapat melihatnya dari jumlah likes terbanyak, komentar, klik, views dan lain-lain.

Lalu, amati hal-hal apa yang membuat konten tersebut menarik dan apa yang membuat konsumen menjadi tertarik. Kemudian telusuri apa yang sekiranya bisa menjadi inspirasi di konten viral marketing Anda.

2. Memilih Media dan Target Audiens yang Tepat

Tidak ada sesuatu yang bisa viral begitu saja, kecuali disebarkan oleh orang-orang yang bersedia melakukannya. Maka oleh sebab itu, pastikan Anda menyampaikan pesan yang dapat menarik.

Selain itu perlu memperhatikan target audiens dengan menentukan channel atau platform yang tepat. Baik itu melalui YouTube, Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain, dan patikan jika channel tersebut merupakan tempat dimana para target audiens Anda berada.

3. Gunakan Hashtag Pada Konten Anda

Adapun tips yang tak kalah penting adalah menggunakan bantuan hashtag pada iklan Anda. Hashtag juga menjadi cara efektif untuk membuat konten Anda populer. Sehingga keberhasilan campaign Anda pun bisa mudah terlacak. Maka, manfaatkan waktu Anda untuk membuat hashtag yang unik, menarik dan mudah diingat oleh audiens.

4. Memberikan Daya Tarik dan Menciptakan Kesan Emosional

Penting untuk diingat, bahwa viral marketing tidak akan berhasil apabila konten Anda tidak memiliki daya tarik ataupun keunikan tersendiri. Maka salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan menciptakan konten yang dapat memberikan emosional atau perasaan terhadap audiens.

Namun, jangan lewatkan juga untuk memikirkan kualitas konten Anda. Pastikan juga jika di dalamnya Anda menyisipkan pesan-pesan positif, seperti mengedukasi, informatif, solutif dan sebagainya.

Baca Juga : Apa Itu Marketing Communication? Berikut Pengertian Lengkapnya

5. Menggunakan Strategi Trend Jacking

Strategi terakhir yang perlu Anda lakukan adalah melakukan trend jacking. Sudahkah Anda pernah mendengar istilah Trend Jacking? yang dimaksud dengan Trend Jacking (pembajakan tren) merupakan salah satu strategi marketing yang memanfaatkan situasi atau isu yang tengah naik daun untuk bahan promosi.

Strategi ini sering digunakan sebagai cara untuk melakukan viral marketing. Pembuatan kontennya pun bisa beragam, mulai dari penggunaan gambar atau video yang menyesuaikan dengan brand itu sendiri.

Ambil contoh Shopee yang menirukan lagu Baby Shark pada iklannya. Mereka berhasil melihat peluang hitsnya lagu Baby Shark di kala itu sehingga membuat iklan mereka sukses diingat masyarakat.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kelebihan dan Kekurangan Viral Marketing

Selain pengertian dan strategi yang sudah dijelaskan diatas, berikut ini ada terdapat kelebihan dan kekurangan yang dapat Anda temui dalam viral marketing yaitu:

Kelebihan Viral Marketing

• Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Ini adalah alasan terbesar mengapa banyak pebisnis menyukai strategi viral marketing ini. Sebab, dengan konten yang viral, otomatis bisnis Anda semakin banyak dikenal oleh banyak kalangan masyarakat. Apalagi ditambah jika iklan Anda bisa menyampaikan pesan yang bermanfaat dan solutif

• Menghemat Biaya Iklan

Mengapa dikatakan lebih hemat biaya? dalam biaya iklan sebenarnya masih relatif. Biaya iklan dapat Anda lihat dari jenis konten apa yang ingin Anda tampilkan. Namun iklan juga memberikan keuntungan bagi Anda, jika iklan Anda viral dan sukses, maka keuntungan yang didapat bisa jauh lebih besar.

Bukan saja keuntungan yang besar Anda dapat, melainkan keuntungan tersebut dapat menutupi biaya modal awal saat membuat iklan tersebut. Sebab iklan Anda yang viral akan tersebar secara terus menerus dengan sendirinya. Bahkan, bisa menjangkau audiens lain diluar dari target market Anda.

• Kesempatan Diliput oleh Berbagai Media

Ini adalah salah satu keuntungan yang masih berkaitan dengan poin pertama, yaitu hemat biaya. Pada saat iklan berhasil viral, maka Anda tidak perlu lagi untuk mengeluarkan biaya press release atau memasang iklan di berbagai media. Seperti koran, televisi, radio, dan lain-lain.

Kekurangan Viral Marketing

• Dianggap Spam

Penyebaran konten viral yang terlalu intens tidak selamanya baik. Ketika sedang menjadi pusat perhatian, kemungkinan besar iklan Anda akan muncul di berbagai tempat. Dan menjadi perbincangan banyak masyarakat secara terus menerus.

Maka hal ini bisa saja menimbulkan kesan berbeda di beberapa orang. Salah satunya dianggap sebagai spam. Alih-alih membuat terkesan, mereka justru merasa bosan karena selalu terekspos di mana-mana.

• Sulit Untuk Diprediksi

Viral marketing memiliki skenario hit or miss atau bisa berhasil bisa tidak. Walaupun ada strategi tertentu untuk membuat konten viral, tetapi strategi ini lebih sulit diprediksi dibanding strategi lainnya.

Beberapa iklan bisa saja viral dalam waktu singkat. Tetapi, ada pula beberapa diantaranya yang membutuhkan waktu berbulan-bulan. Atau bahkan tidak viral sama sekali. Dengan begitu, perlu mempertimbangkan strategi yang maksimal agar tidak menjadi campaign yang sia-sia.

Viral marketing sangat berpotensi untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan pada bisnis online Anda. Selain itu teknik ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan popularitas dan penjualan bisnis online. Viral marketing tidak akan berhasil tanpa adanya kreativitas. Meskipun terlihat sederhana, namun strategi marketing ini harus dijalankan dengan perencanaan yang matang.

Namun penerapan tersebut harus dirancang dengan baik sehingga eksekusi yang dilakukan juga akan berjalan sesuai dengan ekspektasi. Selain menyiapkan strategi marketing yang tepat, sebuah bisnis tentu saja membutuhkan pengelolaan keuangan yang tepat pula. Untuk mengerjakan pembukuan dan laporan keuangan bisnis yang akurat, gunakan aplikasi akuntansi Harmony.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba Gratis selama 30 hari Software Harmony disini.

Jika Anda adalah pebisnis yang sibuk, maka Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan menggunakan aplikasi Harmony dengan harga terjangkau.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony