5 Strategi Promosi untuk Menghemat Budget Perusahaan Anda!
Harmony Blog
Marketing
5 Strategi Promosi untuk Menghemat Budget Perusahaan Anda!
October 19, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Marketing merupakan kegiatan yang biasanya memerlukan biaya dengan nominal yang cukup besar. Tentu kegiatan ini bagian dari strategi UKM yang dapat mempengaruhi beban bagi perusahaan, maka dari itu marketing akan mencari cara bagaimana strategi promosi dengan budget minim untuk perusahaan.

Untuk hal ini pihak marketing akan memiliki cara kreatif dan memutar otak demi mendapatkan ide yang sangat efektif, dalam mendapatkan strategi promosi yang tepat dan ekonomis.

Pada artikel ini, tentu akan membahas dan membantu Anda dalam mencari strategi promosi pemasaran dengan menghemat budget perusahaan Anda.

Tentu sebagai pemilik bisnis serta pihak marketing, harus bisa melakukan strategi promosi produk dengan baik dan tepat sasaran. Meskipun strategi tersebut harus memaksimalkan budget perusahaan dengan seminimal mungkin.

5 Strategi Promosi Produk Dengan Menghemat Budget Perusahaan

Dengan menjalankan promosi di era digital yang modern, serta berbasis teknologi akan lebih mudah untuk memaksimalkan budget perusahaan. Berikut ini beberapa rencana strategis dalam menghemat budget bisnis Anda :

1. Memanfaatkan Social Media Dan Email Marketing

Seriing perkembangan teknologi di seluruh dunia, social media menjadi salah satu yang populer dibandingkan media lainnya. Sehingga social media merupakan suatu alat komunikasi serta strategi pemasaran produk yang harus dipasarkan oleh pebisnis.

Untuk itu dalam menjembatani komunikasi antar pebisnis dengan pembeli secara cepat, mudah dan efisien. Maka mulailah dengan membuat platform pada social media resmi perusahaan Anda, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn.

Sebagai strategi pemasaran, email marketing juga merupakan salah satu strategi yang paling hemat. Selain Anda memiliki daftar email yang memiliki minat membeli, hal ini tentu akan membantu Anda mendapatkan pengembalian keuntungan yang signifikan.

Hal ini juga menjadi penyebab karena ROI yang akan semakin meningkat, penggunaan sosial media pada strategi promosi pemasaran oleh pihak pebisnis juga semakin meningkat.

2. Membuat Website, Content Marketing Dan SEO

Pada era digital seperti ini, membuat website merupakan suatu keharusan bagi suatu bisnis. Dengan menggunakan domain web dan blog gratis merupakan langkah alternatif yang sangat murah. Sehingga sangat cocok bagi bisnis Anda yang menghemat budget promosi.

Setelah membeli domain maupun memanfaatkan blog, selanjutnya yang dilakukan yaitu menggunakan content marketing dan mengelola blog resmi perusahaan Anda.

Dengan menambahkan konten, infografis, video testimoni serta podcast maka akan mempermudah pembaca untuk mendapatkan wawasan. Sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan minat pembaca, jumlah pengunjung serta reputasi produk Anda.

Walaupun pemasaran konten membutuhkan kinerja yang sangat banyak, akan tetapi perlahan-lahan konten pemasaran akan memiliki pengaruh yang baik dan meningkat tergantung konsistensi Anda dalam memanfaatkan blog tersebut.

Ketika Anda sudah fokus dalam menulis artikel sebagai pemasaran konten Anda, lebih baik jangan lupa untuk meningkatkan optimasi mesin pencarian Anda atau yang disebut SEO.

Mungkin SEO terlihat sangat rumit secara teknis, namun Anda dapat mempelajarinya, berawal dari mengidentifikasi kata kunci yang relevan dengan artikel Anda. Sehingga Anda dapat menarik pengunjung ke website perusahaan Anda.

Sangat diperlukan perubahan struktural yang lebih baik, seperti menulis konten berkualitas secara konsisten.

Namun kendalanya adalah waktu luang Anda dapat terganggu, akan tetapi manfaat konten artikel ini akan memiliki jangka panjang bagi perusahaan Anda.

Baca Juga : 7 Strategi Marketing Mix yang Dapat Anda Terapkan dalam Bisnis Anda

custom-form-newsletter

3. Memanfaatkan Iklan Pay Per-Click Dan Iklan Mobil

Adanya strategi memanfaatkan iklan pay per-click bisa menjadi mahal ketika Anda memberikan target kata kunci dengan kualitas yang tinggi. Akan tetapi bagi Anda yang menjadi pengusaha pemula dan ingin menghemat anggaran, Anda bisa gunakan platform yang ramah sesuai budget Anda.

Contohnya di platform Facebook, Anda bisa melakukan kegiatan iklan promosi dengan hanya sebesar Rp. 10.000 per harinya. Namun, ada cara lain lagi yang dapat membantu Anda mengiklankan kegiatan promosi produk tersebut.

Salah satunya yaitu dengan menggunakan fasilitas iklan mobil, dengan memanfaatkan iklan ini Anda dapat memasarkan produk Anda jauh lebih luas. Melalui iklan mobil ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan targe audience Anda di berbagai wilayah tertentu seperti di Jakarta.

4. Buatlah Forum Atau Kelompok

Pembicara secara visual atau melalui video sebagai strategi promosi, merupakan hal yang sudah biasa terjadi belakangan ini oleh beberapa influencer atau selebgram serta pebisnis lainnya.

Media forum berbagai komunitas (strategi community) merupakan sebuah cara yang juga lazim dilakukan oleh pebisnis. Tentunya ini akan menghemat budget Anda. Forum akan memberikan ruang bagi calon konsumen untuk mengajukan pertanyaan dan saatnya Anda menanggapinya serta menjadikan target klien yang prioritas.

Forum yang dapat Anda ikuti seperti event lokal, forum bisnis, seminar, acara trend lainnya.

Semakin Anda menambah forum atas strategi promosi produk yang Anda lakukan, semakin luas juga perusahaan Anda akan dikenal dan target audience Anda juga lebih banyak didapatkan.

5. Membuat Vlog Serta Personal Branding

Dengan adanya media sosial biasanya pebisnis juga akan mengunggah kegiatan promosi produknya melalui vlog (video blog). Hal ini merupakan strategi promosi yang cukup efektif dan seringkali dilakukan oleh beberapa influencer atau selebgram.

Butuh tampilan atau visual yang baik, karena akan menjadi media utama untuk memberikan penawaran secara tidak langsung. Hal yang harus diperhatikan bukan hanya kualitas gambarnya saja, namun fitur suara yang stabil akan menambah minat serta kepercayaan konsumen tentang informasi produk Anda.

Seperti itulah strategi promosi yang bisa Anda manfaatkan, karena adanya marketing juga bisa memberikan dampak yang besar untuk keuntungan produk Anda yang semakin dikenal oleh masyarakat.

Dengan menggunakan strategi promosi yang tepat, secara tidak langsung Anda mendapatkan peningkatan penjualan. Untuk itu Anda juga harus mengelola keuangan yang baik, dengan mengelola keuangan yang baik serta tepat bisnis yang Anda jalankan juga akan berkembang.

Adanya Harmony software akan membantu Anda mengelola keuangan bisnis Anda lebih baik. Harmony juga dapat menyimpan data serta pengecekan catatan keuangan bisnis kapan pun dan di mana pun sekaligus pengembangan aset usaha.

Sebagai pebisnis, Anda sangat disarankan menggunakan software akuntansi yang tepat untuk kemajuan usaha Anda. Gunakan Harmony software yaitu salah satu aplikasi pembukuan terbaik untuk usaha kecil dan menengah. Dengan menggunakan Harmony kapanpun dan dimanapun, keuangan usaha akan mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Coba gunakan Harmony GRATIS 30 hari.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/