Harmony Blog

5 Strategi Penjualan Untuk Meningkatkan Laba Bisnis Anda

Diupdate Mar 11th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

strategi penjualanPin

Dalam berbisnis memiliki strategi penjualan yang baik bisa menjadi kunci keberhasilan usaha. Strategi penjualan yang tepat nyatanya mampu meningkatkan penjualan produk Anda. Strategi penjualan sendiri menurut Stanton adalah suatu rencana untuk menetapkan harga, memasarkannya hingga mendistribusikan produk hingga sampai ke tangan pelanggan.

Sementara menurut Philip Kotler strategi pemasaran terdiri dari bauran pemasaran, pengeluaran atas pemasaran, pangsa pasar hingga penetapan posisi. Dengan strategi pemasaran produk yang baik maka penjualan bisa dioptimalkan serta laba yang dihasilkan juga ikut meningkat.

Tujuan strategi penjualan sendiri ialah mengingatkan hingga mempengaruhi pelanggan untuk dapat membeli produk yang ditawarkan baik melalui promosi offline maupun online

Dalam menetapkan strategi pemasaran ada 5 langkah yang bisa Anda terapkan. Apalagi dengan kondisi new normal seperti saat ini tentu penting untuk lebih memperhatikan strategi penjualan online. Berikut 5 strategi penjualan yang dimaksud sebagai berikut :

Strategi penjualan 1Pin

1. Pahami Dulu Target Pasar

Untuk menetapkan strategi penjualan yang tepat penting untuk memahami target pasar Anda. Kenali dulu siapa pembeli yang ingin Anda tuju. Apakah kalangan menengah kebawah, ibu-ibu, anak sekolahan hingga gendernya.

Dengan mengenali target pasar maka akan mudah memahami kebutuhan konsumen Anda dari produk yang ditawarkan. Sebelum mengeluarkan produk pihak  perusahaan biasanya melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Tak jarang untuk mengetahui respon pasar diberikan pula sampel gratis kepada pelanggan untuk evaluasi produk sebelum diproduksi massal. Sampel gratis ini bisa jadi contoh strategi penjualan yang oke lho.

2. Strategi Penjualan Dengan Meningkatkan Portofolio Produk

Selain riset pasar Anda juga perlu meningkatkan portofolio produk. Bagaimana produk dikemas dan diiklankan menjadi poin penting dalam strategi penjualan online maupun offline. Dalam hal ini bisa dengan menambahkan informasi terkait keunggulan produk yang ditawarkan. Tak jarang beberapa produk juga menyebutkan hasil uji klinis maupun prestasi dari produk yang dijual.

Baca juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan yang Harus Anda Coba

3. Rekrut Karyawan Berkualitas

Tak hanya kualitas produk saja yang perlu diperhatikan namun juga kualita SDM yang Anda miliki. Tenaga pemasaran yang profesional mampu menempatkan produk di mata pelanggan sesuai visi misi perusahaan. Misalnya saja dalam strategi penjualan online Anda dapat merekrut digital marketer yang paham betul bagaimana mengoptimasi produk di platform digital.

Bila perlu menjalin kerja sama dengan selebgram, youtuber maupun tokoh ternama yang mampu meningkatkan branding produk bisa memperluas jangkauan iklan produk. Umumnya dalam strategi penjualan online jenis iklan paid search seperti Google Adwords, email marketing hingga endorse menjadi pilihan iklan yang ampuh dalam menjaring pembeli online.

Tak hanya itu beberapa perusahaan besar bahkan merekrut SEO marketing hingga social media advisor untuk mampu membuat produk dikenal cepat di dunia maya.

Strategi penjualan 2Pin

4. Jangan Lengah Terhadap Kompetitor

Semakin majunya teknologi maka semakin beragam pula jenis pemasaran yang dilakukan. Kini banyak perusahaan  mulai berpindah dari promosi secara offline menuju online.  Selain dinilai lebih hemat dari segi biaya, strategi penjualan online ini juga dianggap lebih menguntungkan karena tidak dibatasi waktu dan wilayah.

Alhasil banyak pula kompetitor yang mulai menggunakan ide strategi penjualan yang sama. Untuk memenangkan persaingan tersebut maka perlu dilakukan promosi produk secara unik, kreatif dan “mengena” di hati penonton. Misalnya saja mengikuti tren yang sedang populer atau membuat konten pemasaran yang dapat viral.

Iklan produk tak hanya berupa ajakan yang membujuk penonton namun bisa berupa animasi tentang kehidupan sehari-hari maupun video iklan berbentuk stop motion. Semakin unik dan kreatif konten pemasarannya maka semakin mudah produk Anda dikenal.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

5. Evaluasi Harga dan Berikan Penawaran Produk

Poin terakhir dalam strategi penjualan ialah melakukan evaluasi harga dan berikan penawaran produk. Saat berada dalam kondisi pandemi seperti saat ini masyarakat sangat sensitif terhadap harga dan nilai produk itu sendiri. Kebanyakan orang pada umumnya akan lebih memilih berbelanja kebutuhan hidup dan menabung saat krisis ekonomi terjadi.

Harga produk primer bisa mengalami inflasi karena tingginya permintaan. Sementara produk sekunder maupun tersier bisa saja turun harga karena sepi peminat. Di saat seperti ini Anda bisa memberikan penawaran produk seperti potongan harga maupun cashback atau gratis ongkos kirim.

Anda juga bisa meningkatkan daya guna produk yang diproduksi sebagai contoh strategi penjualan. Misalnya saja bila sebelumnya Anda hanya memproduksi sabun mandi biasa kini bisa menawarkan sabun cuci tangan maupun sabun yang mampu membersihkan kuman.

Tentu penjualan menjadi hal yang sangat penting dalam bisnis. Hal tersebut yang akan menciptakan perkembangan suatu usaha. Namun Anda juga perlu memilah strategi mana yang tepat untuk Anda terapkan. Sama halnya dengan keuangan bisnis, Anda pun perlu mempertimbangkan alat bantu yang akan meringankan proses pembukuan Anda. Salah satu yang bisa membantu Anda mendapatkan hasil laporan keuangan yang cepat dan realtime adalah Harmony Accounting Software.

Mengapa demikian? Karena Harmony merupakan software akuntansi berbasis cloud yang bisa membantu Anda dalam mencatat setiap transaksi yang terjadi, membuat invoice dengan template yang mudah dan juga melakukan rekonsiliasi bank otomatis. Masih ada 400+ fitur akuntansi yang bisa digunakan untuk bisnis Anda. Ingin tahu caranya? Mudah, cukup daftarkan akun Anda di sini dan dapatkan Gratis 30 Hari software akuntansi ini.

Lalu, bagaimana jika Anda sibuk dan belum sempat membereskannya? Tidak perlu khawatir, sekarang Anda bisa memanfaatkan layanan profesional pembukuan yang juga menggunakan Harmony sebagai alat bantu pembukuannya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati layanan perpajakan seperti menghitung dan melapor pajak bisnis Anda.

Ingin lebih mengetahui insight bisnis, keuangan dan lainnya? Yuk, kunjungi sosial media Harmony seperti Facebook, Instagram dan Linked In.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony