Harmony Blog

5 Skill Akuntansi yang Perlu Dimiliki Pebisnis Agar Semakin Berkembang

Diupdate Agu 27th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Skill AkuntansiPin

Skill akuntansi adalah salah satu jenis keterampilan yang perlu dimiliki pebisnis. Meski tidak menguasai detail, paling tidak skill akuntansi harus diketahui secara mendasar. Skill akuntansi merupakan hard skill yang perlu dipelajari secara spesifik untuk membantu perusahaan mengelola keuangan, perpajakan, serta kebutuhan administratif lainnya.

Skill akuntansi pertama yang perlu dikuasai pebisnis adalah tampil mempresentasikan ide-ide serta proyek sesuai ekspektasi investor maupun mitra kerja.Click to Tweet

Sesuai prinsip akuntabilitas, pengertian akuntansi perlu diterapkan dalam setiap siklus akuntansi agar anggaran usaha seimbang dan operasional bisnis lancar.

Inilah 5 Skill Akuntansi

Langsung yuk, kita pahami apa saja skill akuntansi yang perlu dimiliki  pebisnis berikut!

Skill Public Speaking

Skill akuntansi yang pertama sudah pasti kemampuan berbicara di depan publik. Pebisnis akan tampil mempresentasikan ide-ide serta proyek sesuai ekspektasi investor maupun mitra kerja.

Jika tidak menguasai hard skill ini, bisa jadi pebisnis akan dianggap kurang cakap atau tidak memahami proyek yang dijalankan. Meskipun sebenarnya ia memiliki ide-ide cemerlang, tapi tidak bisa disampaikan dengan baik.

Skill Adaptif

Skill akuntansi yang perlu dikuasai selanjutnya adalah keterampilan adaptif dalam berbagai hal. Pebisnis harus fast-learner atau cepat belajar akuntansi dan beradaptasi dengan perubahan. Termasuk ketika ada piutang tak tertagih, perusahaan dapat memakai metode penghapusan piutang agar memberikan keringanan terhadap debitur.

Skill adaptifPin

Dengan hard skill kemampuan adaptif yang tinggi, pebisnis bisa mengatasi berbagai perubahan yang terjadi dengan kepala jernih. Ia juga bisa memutuskan tindakan secara cepat dan tepat.

Skill Leadership

Selanjutnya, skill akuntansi yang perlu dikuasai adalah keterampilan memimpin atau leadership. Pebisnis akan menghadapi tim kerja yang perlu dikelola dan diatur berdasarkan kekurangan dan kelebihan setiap anggota.

Tidak semua orang bisa menjadi pemimpin. Karena itu, belajar akuntansi ini juga penting. Pemimpin bukan hanya memerintah seperti bos, tetapi sepatutnya meminta dan mengayomi sehingga tim kerja bisa bekerja lebih efektif.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Skill Manajemen Tugas

Pebisnis yang handal sudah seharusnya dapat mengelola tugas dan mendelegasikan proyek dengan baik. Setiap anggota tim memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Di sinilah, skill akuntansi dalam hal pembagian tugas dibutuhkan. Tugas perlu diatur dan dikelola agar bisa berjalan sesuai tenggat waktu, terorganisir, rapi, dan tidak jenuh.

Skill Perhitungan Angka

Satu lagi, hard skill yang spesifik perlu dimiliki oleh pebisnis yaitu perhitungan dan analisis angka. Skill akuntansi ini bisa diperoleh dengan belajar akuntansi secara khusus.

Dalam hal ini, jika perhitungan angka atau pengelolaan numerik bukan menjadi fokus keterampilan diri. Anda masih bisa mempekerjakan staff accounting atau staff finance untuk mengelola tugas-tugas administratif dan keuangan.

Nah, untuk mempermudah tugas tim finance maupun accounting dalam menyelesaikan urusan akuntansi bisnis, pakai Software Akuntansi Harmony yang terpercaya di Indonesia.

Tugas akuntansi bisnis membutuhkan kecermatan, ketelitian, serta keahlian khusus agar minim kesalahan. Namun, dengan memakai Software Akuntansi Harmony, tugas pembukuan jadi semakin mudah, bebas ribet, dan akurat.

Harmony juga bisa memberikan kemudahan kepada Anda yang ingin melakukan pembukuan dimana saja dan kapan sjaa tanpa perlu pusing untuk mengatur waktu dalam membuat laporan keuangan yang bisa Anda rasakan dari setiap fitur-fitur Harmony.

Bersama Software Akuntansi Harmony, pengelolaan pembukuan menjadi lebih mudah, cepat, dan bebas ribet. Fiturnya sudah terbukti dan diakui membantu ribuan klien di tanah air. Mulai dari manajemen stok, smart invoicing, rekonsiliasi bank, serta otomasi laporan keuangan dengan template instan siap pakai.

Didukung fitur otomasi pembuatan laporan keuangan instan, menyajikan laporan stok barang, lapran laba rugi, laporan arus kas, dan catatan laporan keuangan lainnya yang semudah beberapa klik saja. Serta konsultasikan dengan tim kami melalui live chat support kami.

Anda sebagai pemilik usaha bisa fokus pada tugas inti mengembangkan perusahaan, ketimbang hanya mengurusi tugas administratif yang bisa diselesaikan otomatis. Yuk, langsung coba pakai Software Akuntansi Harmony secara GRATIS 30 hari, klik tautan ini.

Dan buktikan seberapa efektif fitur-fiturnya untuk bisnis Anda. Pelajari detail fitur selengkapnya dengan follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony hari ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony