Harmony Blog

Pengertian Akuntansi Lengkap dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

pengertian akuntansiPin

Di dalam perekonomian, dari jaman dahulu hingga sampai saat ini akuntansi merupakan hal yang sangat penting. Dapat dikatakan akuntansi merupakan “bahasa bisnis” untuk  mengukur hasil kegiatan ekonomi dalam organisasi dan menyampaikan informasi kepada berbagai pihak, termasuk investor, kreditor, manajemen, dan regulator. Namun apakah sebenarnya pengertian akuntansi?

Banyak istilah akuntansi pun yang perlu Anda kuasai sebagai pemilik bisnis. Mulai dari istilah debit dan kredit, nama akun alokasi dana yang digunakan, sampai rasio keuangan.

Akuntansi merupakan sebuah seni dalam mencatat laporan keuangan yang telah terjadi dan memiliki perkembangan seperti masuknya cloud technology guna mempermudah para pebisnis dalam melakukan pembukuan bisnis

Apa yang terjadi dengan akuntansi saat ini?

Di beberapa belahan dunia, di perusahaan mereka akan menggunakan sebuah sistem yang dimana akan membantu mereka untuk mempercepat pekerjaan mereka pastinya. Untuk bidang akuntansi ini mayoritas perusahaan pun memakai sebuah sistem yang biasa disebut sistem akuntansi.

Sistem akuntansi ini berguna untuk membantu mereka mempercepat pembuatan pencatatan pembukuan akuntansi perusahaannya secara berkala dan lebih simple. Dengan kata lain sistem akuntansi adalah sebuah cara untuk mencatat dan melaporkan informasi keuangan yang disediakan oleh sebuah perusahaan atau suatu organisasi bisnis.

Mungkin Anda tertarik untuk membaca artikel ini Ketahui Konsep Dasar Akuntansi dan Pengertian Lengkapnya

Mengapa perusahaan yang menengah keatas memakai sistem akuntansi? Karena perusahaan besar biasanya akan lebih kompleks. Lalu apakah sebenarnya pengertian akuntansi, lalu bagaimana perkembangannya sampai saat ini. Selain itu, perlu bagi Anda mengetahui pula akuntansi dasar.

Pengertian Akuntansi

Pada dasarnya akuntansi merupakan seni untuk mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan dalam bisnis atau perusahaan. Untuk praktisi dalam bidang ini disebut dengan akuntan. Namun menurut para ahli memiliki banyak pengertian akuntansi sesuai pendapatnya. Dan beberapa diantaranya adalah:

Pengertian Akuntansi Menurut Frederich D.S. Choi, Gerhard G. Mueller

Akuntansi adalah suatu proses pengindentifikasian, pengukuran dan pengkomunikasian informasi ekonomi agar memungkinkan pemakai untuk membuat pertimbangan dan keputusan-keputusan.

Pengertian Akuntansi Menurut Soemarsono S.R (2004)

Akuntansi adalah proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Pengertian Akuntansi Menurut Henry Simamora (2005)

Akuntansi adalah proses pengukuran aktivitas ekonomi suatu entitas dalam satuan uang dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak yang berkepentingan.

Terdapat bebebrapa pengertian lagi tentang akuntansi yang pada dasarnya memiliki pengertian dan tujuan yang sama. Dan akuntansi tersebut dibuat sedemikian rupa hingga membentuk sebuah sistem. Dan sistem akuntansi itu sendiri memiliki 5 unsur utama yang menjadi dasar digunakannya akuntansi tersebut.

5 Unsur Utama Sistem Akuntansi

1. Posting Jurnal

Dalam sebuah persamaan dasar akuntansi pun harus memperhatikan konsep keseimbangan antara harta, utang dan modal. Untuk mencapai itu, perlu adanya kegiatan posting jurnal dalam posisi debit dan kreditnya.

Pada dasarnya, kegiatan ini merupakan catatan akuntansi pertama yang digunakan untuk mencatat, mengklasifikasikan dan meringkas data keuangan dan data lainnya. Biasanya berisi rangkuman data yang diposting ke rekening yang bersangkutan dalam buku besar.

2. Formulir

Formulir adalah sebuah dokumen yang berfungsi untuk mencatat semua transaksi yang terjadi dan formulir ini dapat dijadikan sebagai dasar dalam sebuah pencatatan.

3. Buku Pembantu (Subsidiary Ledger)

Buku besar pembantu kerap disebut sebagai buku tambahan. Di dalamnya ada rekening-rekening yang secara khusus mencatat tentang piutang serta utang usaha dengan detail. Ada dua jenis buku besar pembantu yaitu buku Besar Pembantu Piutang usaha dan Buku Besar Pembantu Utang.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Buku Besar

Pengertian buku besar adalah buku yang berisi perkiraan mengenai ikhtisar dari pengaruh transaksi keuangan akibat perubahan aktiva, kewajiban, maupun modal dalam perusahaan.

5. Laporan

Pengertian laporan adalah sebuah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.

Baca juga : Memahami Perbedaan Akuntansi Perusahaan Dagang dan Jasa

Sejarah dan Perkembangan Akuntansi di Indonesia

Perkembangan akuntansi di Indonesia ini relatif lama dan bermula dari zaman penjajahan Belanda. Butuh waktu hingga lebih dari 100 tahun untuk mencapai sistem akuntansi yang sekarang ini dikenal dan banyak digunakan oleh masyarakat.

Akuntansi mulai diterapkan di Indonesia sejak tahun 1642, akan tetapi bukti yang jelas terdapat pada pembukuan Amphioen Societeit yang berdiri di Jakarta sejak 1747. Selanjutnya akuntansi di Indonesia berkembang setelah UU Tanam paksa dihapuskan pada tahun 1870. Hal ini mengakibatkan munculnya para pengusaha swasta Belanda yang menanamkan modalnya di Indonesia.

Pada tahun 1994, Ikatan Akutansi Indonesia (IAI) telah melakukan berbagai langkah harmonisasi menggunakan standar akuntansi internasional di dalam proses pengembangan standar akuntansi dan melakukan revisi total pada Prinsip Akuntansi Indonesia (PAI) 1984 dan sejak itu mengeluarkan Standar Keuangan yang diberi nama Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang diterbitkan sejak 1 Oktober 1994.

Standar Akuntansi Keuangan (SAK) ditetapkan sebagai standar akuntansi yang baku di Indonesia. Perkembangan standar akuntansi ketiga ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan profesi akuntansi dalam rangka mengikuti dan mengantisipasi perkembangan Internasional.

Peranan Teknologi dalam Perkembangan Akuntansi

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, maka akuntansi pun bermetamorfosis menjadi akuntansi yang tepat guna. Sejak 5 hingga 10 tahun yang lalu, teknologi pada akuntansi tidak secanggih sekarang.

Dimana saat ini dunia akuntantsi sudah berada di tahap dimana mengakses akuntansi tidak lagi dengan menggunakan kertas dan buku, namun sudah menggunakan teknologi yang bernama Cloud.

Cloud sendiri memiliki peranan yang penting dalam penyimpanan data dan informasi. Hal ini berguna di dunia akuntansi, karena Anda bisa mengakses akuntansi dan laporan keuangan kapanpun dan dimanapun tanpa takut kehilangan kertas atau buku laporan yang telah dibuat.

Dan Harmony hadir di tengah perkembangan teknologi saat ini di dunia akuntansi membantu permasalahan yang kerap terjadi pada pebisnis dan pemilik perusahaan dalam pembukuan laporannya.

Dan sampai saat ini terdapat ribuan pebinis sudah merasakan dan terbantu dengan hadirnya Harmony di tengah bisnisnya seperti yang terjadi pada acara event tahunan yang diselenggarakan di FintaxFair.

Anda dapat membuktikan teknologi canggih yang ada di dalam Harmony Accounting Software dengan cukup mendaftarkan diri Anda disini dan nikmati GRATIS 30 Hari penggunaannya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

2 Responses

    1. Kami senang apabila tulisan kami bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa subscribe newsletter kami untuk update berbagai tips dan artikel terbaru kami lainnya yang dapat membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony