Prinsip Akuntabilitas, Jenis, Fungsi dan Contoh Penerapan Dalam Bisnis
Harmony Blog
Accounting
Prinsip Akuntabilitas, Jenis, Fungsi dan Contoh Penerapan Dalam Bisnis
January 22, 2021
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Secara umum akuntabilitas adalah suatu bentuk pertanggungjawaban seseorang atau perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan seperti laporan, administrasi, dan pembukuan.

Sehingga dalam prinsip akuntansi adanya peran akuntabilitas keuangan adalah hal yang sangat dibutuhkan baik itu mencatat persamaan dasar akuntansi ataupun siklus akuntansi.

Akuntabilitas adalah keadaan seseorang yang berkewajiban memberikan pertanggungjawaban atas kegiatan kepada perusahaan.

Maka dari itu penerapan ini harus dilaksanakan dan dipegang erat oleh setiap perusahaan bahkan tujuan akuntabilitas kinerja ini ditujukan agar setiap karyawan dapat menjalankan tugasnya masing-masing.

Selain itu dalam akuntabilitas, setiap karyawan juga harus melaporkan dan memberikan pertanggungjawaban hasil kegiatannya demi mencapai tujuan perusahaan.

Apa Itu Akuntabilitas?

Dalam bahasa inggris akuntabilitas adalah accountability, yang berarti memberikan pertanggungjawaban ataupun keadaan di mana seseorang diminta untuk melaporkan pertanggungjawabannya.

Dalam pendapat Lawton and Rose bahwa akuntabilitas adalah suatu proses terjadinya seseorang atau sebuah organisasi akan membuat laporan kegiatan yang menjadi bentuk tanggung jawabnya.

Selanjutnya pendapat Mardiasmo (2006), akuntabilitas adalah suatu bentuk kewajiban yang mempertanggungjawabkan sebuah keberhasilan atau kegagalan dalam melaksanakan misi organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Selain itu akuntabilitas dengan responsibilitas ini memiliki makna yang berbeda. Dilihat dari perbedaan akuntabilitas merupakan suatu etika yang berhubungan dengan kemampuan seseorang, ataupun tanggung jawab pimpinan dalam keputusan atau hasil yang diraih dalam tugasnya.

Sedangkan responsibilitas adalah tanggung jawab perusahaan sebagai anggota masyarakat untuk mematuhi hukum yang berlaku dan menjalankan ketentuan sesuai dengan norma masyarakat.

Sebagai kesimpulannya definisi dari akuntabilitas adalah sebuah sistem yang dapat mengontrol tanggung jawab seseorang yaitu seperti tugas, fungsi, ataupun dari setiap jabatannya. Berbeda makna dengan akuntabilitas keuangan adalah sebuah tanggung jawab atas laporan keuangan sesuai dengan prinsip keuangan, pengungkapan dan ketaatan terhadap peraturan seperti penyajian laporan keuangan sesuai dengan persamaan dasar akuntansi.

Mengetahui Jenis-Jenis Akuntabilitas

Dalam pendapat mardiasmo bahwa akuntabilitas meliputi dari dua jenis adalah:

1. Akuntabilitas Vertikal

Akuntabilitas vertikal merupakan suatu kondisi seseorang harus mempertanggungjawabkan sebuah keputusan yang diambil dari jabatan otoritas yang lebih tinggi. Contohnya seseorang dari pemerintah daerah kepada pemerintah pusat, atau kepala cabang perusahaan kepada direktur dan sebagainya.

2. Akuntabilitas Horizontal

Akuntabilitas horizontal merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat atau lingkungan yang luas dan tidak ada hubungan antara atasan dengan bawahan. Misalnya tanggungjawab ini berkaitan erat dengan menyelesaikan tugas untuk melayani dan membantu publik.

Apa Saja Prinsip Akuntabilitas?

Adapun berbagai prinsip-prinsip akuntabilitas yang dapat diketahui adalah sebagai berikut :

1. Memberikan suatu penjaminan dalam menggunakan sumber daya secara konsisten sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku.

2. Memiliki komitmen dari pimpinan kepada seluruh staf dalam melaksanakan kegiatan organisasi yang memiliki nilai akuntabel.

3. Melaksanakan tujuan dari visi, misi, manfaat, dan hasil yang diperoleh melalui organisasi.

4. Mememberikan informasi mengenai tingkat pencapaian atas tujuan maupun sasaran yang telah ditentukan.

5. Memiliki prinsip transparan, kejujuran, inovatif dan objektif.

Dengan melaksanakan akuntabilitas tentunya Anda harus menyajikan hasil laporan kegiatan secara transparan tanpa dibuat-buat, bahkan Anda juga harus membuat laporan akuntabilitas keuangan adalah sebagai bentuk laporan keuangan sesuai siklus akuntansi atas suatu kegiatan dari sumber dana yang dilakukan.

Mungkin Anda yang masih menggunakan laporan keuangan secara manual tentunya akan mengalami kesulitan dan bingung untuk mengisi kolom apa saja yang berkaitan dengan transaksi kegiatan perusahaan.

Namun sekarang dengan bantuan akuntan serta teknologi yang telah berkembang pesat, dapat membantu Anda untuk memperoleh laporan keuangan dengan cepat dan dapat diperbandingkan dari tahun ke tahun.

Solusi untuk Anda dalam melakukan pembukuan yang rapi yaitu dengan menggunakan teknologi software akuntansi atau manfaatkan layanan profesional seperti jasa pembukuan. Membantu Anda mendapatkan laporan keuangan secara realtime, buat invoice, mengurus unsur-unsur perhitungan pajak, serta payroll.

Apa Saja Fungsi Dalam Akuntabilitas?

Dalam pendapat bowen, bahwa prinsip akuntabilitas terdiri dari 3 fungsi yaitu meliputi :

1. Sebagai Alat Monitor Tugas Dan Kegiatan

Dalam fungsinya akuntabilitas merupakan sebuah cara untuk memonitor tugas dan program kegiatan yang dilakukan atasan kepada bawahannya ataupun kepada jabatan paling atas.

Adanya akuntabilitas kinerja ini merupakan sebuah alat yang dijadikan pengukuran atas keberhasilan yang diraih oleh pemimpin di masa jabatan tertentu. Setelah itu pada jabatan atas atau dewan pengawas dan pihak berkepentingan dapat menjalankan evaluasi kinerja yang telah dilakukan.

2. Mencegah Penyalahgunaan Kekuasaan Atau Jabatan

Kegunaan akuntabilitas ini bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan kekuasaan atau jawaban dari tugas maupun wewenangnya yang mengacu pada kegiatan korupsi.

Sehingga ketika terjadinya sistem perusahaan yang tidak beraturan dalam sebuah organisasi, akan memberikan peluang yang besar bahkan menimbulkan terjadinya budaya korupsi.

Hal ini dikarenakan karena adanya keinginan untuk memperkaya diri sendiri dengan cara yang instan, sehingga tindakan ini akan ditemukan ketika adanya proses audit keuangan.

Melalui akuntabilitas kinerja inilah dibuat laporan pertanggungjawaban untuk diberikan kepada direksi atau pihak kepentingan lainnya dalam mengetahui potensi atau indikasi korupsi pada sebuah bisnis.

custom-form-newsletter

3. Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Kinerja Bisnis

Dengan menjalankan kegiatan perusahaan dapat dikatakan efisien dan efektif jika perusahaan meraih keberhasilan serta keuntungan yang besar.

Contohnya perusahaan dapat memproduksi 2000 barang secara cepat dan tepat, maka selanjutnya keuntungan tersebut menghasilkan pendapatan yang besar.

Adanya sistem yang efisien dikarenakan adanya sebuah proses dan evaluasi yang dilakukan secara terus menerus. Sehingga pada akuntabilitas kinerja ini dapat membantu atasan untuk mengevaluasi masalah kegiatan yang belum efisien.

Dalam sistem efektivitas ini berkaitan dengan hasil kepuasan dari stakeholder atau masarakat, karena inilah pentingnya sebuah bisnis untuk berhati-hati dalam menjalankan usahanya.

Dengan adanya proses akuntabilitas ini dapat membantu perusahaan untuk mengatahui kebutuhan masyarakat ataupun stakeholder. Sehingga dengan menyajikan laporan keuangan dapat membantu untuk efektivitas dalam menilai akuntabilitas bisnis Anda.

Baca Juga : Pengertian Lengkap Debit dan Kredit dalam Akuntansi

Contoh Penerapan Kasus Akuntabilitas dalam Bisnis

Pada contoh penerapan akuntabilitas dalam bisnis bisa Anda terapkan dalam kasus di bawah ini:

Ibu Cahaya adalah seorang Akuntan Publik, yang memiliki sertifikat dan bekerja secara mandiri untuk beberapa perusahaan swasta. Seperti menyediakan pelayanan laporan pembukuan serta laporan pajak.

Selain itu Ibu Cahaya memiliki 5 tim untuk membantu tugas pekerjaan tersebut di kantor setiap hari, dari setiap anggota ini mengelola klien yang berbeda serta kebanyakan melakukan tugas pembukuan.

Namun pada kewajiban dan tugasnya Ibu Cahaya berfokus pada masalah akuntansi yang lebih kompleks, serta melaksanakan rapat staf. Rapat ini juga berfungsi untuk mendapatkan informasi terkini dari setiap klien yang harus disajikan laporan keuangan dari setiap anggota tim.

Ibu Cahaya juga melakukan panggilan telepon secara mingguan dari setiap klien untuk memastikan informasi yang berikan kepada anggotanya. Selain itu dengan menjaga kualitas tim Ibu Cahaya tetap memberikan tanggung jawab atas dari semua aktivitas yang dilakukan secara transparan, jujur, baik dan menguntungkan.

Seperti itulah contoh penerapan akuntabilitas pada bisnis yang bisa Anda laksanakan. Secara singkat akuntabilitas adalah tanggung jawab dari kegiatan yang telah dilakukan baik itu dari jabatannya, tugasnya atau wewenangnya.

Sehingga dilihat dari segi responsibilitas bahwa sebagai pebisnis juga bertanggung jawab kepada timnya atau bawahannya untuk memperhatikan keberhasilan serta menjaga akuntabilitas perusahaan.

Selain itu dalam akuntabilitas keuangan adalah hal penting dalam proses keuangan dan pembukuan usaha Anda, bahkan untuk setiap data keuangan harus dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga laporan keuangan yang dihasilkan dapat tersajikan data yang valid dan sesuai dengan keadaan bisnis sebenarnya.

Dibandingkan dengan pembukuan yang secara manual melalui excel ataupun pembukuan lainnya, dan menimbulkan resiko salah pencatatan serta selisih perhitungan. Bahkan data keuangan yang Anda ingin lihat juga tidak selalu terupdate ataupun secara real time. Sekarang Anda bisa memanfaatkan teknologi akuntansi Harmony.

Apa sih itu Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Harmony juga mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Agar lebih optimal cobalah gunakan Harmony software secara gratis selama 30 hari di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/