Harmony Blog

5 Rahasia Memulai Bisnis Rumahan yang Sukses dan Mudah Diterapkan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Rahasia Memulai Bisnis Rumahan yang SuksesPin

Tidak semua orang bisa beruntung untuk membuka bisnis rumahan dengan sukses. Butuh bisnis plan sederhana untuk memulainya. Namun ada cukup banyak rintangan yang biasa dihadapi oleh para calon pebisnis. Sebut saja mulai dari kekurangan modal, tidak adanya rekan untuk memulai, tidak adanya ide yang pas, cara bisnis yang salah hingga masalah pengelolaan keuangan yang kurang baik.

Meski terlihat mudah, faktanya tidak sedikit orang yang gagal membuka bisnis rumahan. Penting bagi Anda melakukan rencana yang matang sebelum memulainya.

Bisnis rumahan populer karena biasanya modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan bisa dimulai di rumah. Jadi Anda tidak perlu menyewa tempat lagi. Hal yang diperlukan adalah memahami setiap komponen perencanaan usaha itu sendiri, agar semua dapat diukur jika terjadi permasalahan dikemudian hari.

Simak 5 rahasia memulai bisnis rumahan yang sukses

1. Niat dan Tekad Memulai Bisnis

Untuk memulai bisnis apapun, Anda harus memiliki niat dan tekad yang kuat. Keduanya akan membuat Anda lebih maksimal untuk memulai bisnis. Meski memiliki modal yang cukup, bisnis Anda tidak akan menjadi kenyataan jika tidak diiringi dengan niatan yang kuat.

Ketika Anda memulai bisnis, perlu juga memperhatikan data analisa Anda terkait dengan bisnis yang ingin Anda jalankan. Seperti hal nya survey target pasar, membuat survey kualitatif secara simple dan lainnya. Dengan begitu Anda dapat langsung melihat ramalan nasib bisnis Anda dalam jangka panjang.

2. Dukungan Keluarga dan Orang Terdekat

Memulai bisnis tanpa dukungan dari keluarga atau orang terdekat bisa dibilang cukup sulit. Ada kalanya keberadaan keluarga ini bisa menjadi sarana bagi Anda untuk berdiskusi, konsultasi atau sekedar bertukar pikiran tentang bisnis rumahan yang Anda mulai. Saat Anda gagal ataupun sukses, keluarga akan selalu ada dengan dukungan materiil ataupun non materiilnya.

3. Buat Rencana Bisnis yang Akan Dirintis

Salah satu cara bisnis sukses adalah dengan membuat rencana secara matang. Untuk memulai bisnis rumahan ini, Anda juga harus memiliki rencana. Tentukan konsep, ide dan gagasan dari bisnis yang akan Anda rintis. Buat gambaran berapa modal yang dibutuhkan.

Ide bisnis rumahan modal kecil yang cenderung diminati adalah bisnis plan makanan, dimana sebuah bisnis yang sangat mudah untuk dijalankan dari berbagai kalangan sekalipun. Saat ini bisnis makanan masih sangat menjanjikan dibandingkan bisnis lainnya.

Hal yang utama, pastikan Anda tidak mengeluarkan biaya untuk pengeluaran yang tidak penting. Penuhi semua elemen yang dibutuhkan dalam bisnis rumahan yang Anda inginkan. Kapan waktu yang tepat untuk memulai bisnis Anda juga harus dirinci dalam rencana bisnis.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Jangan Takut Gagal

Setiap bisnis tentu memiliki resiko yang berbeda. Ini juga berlaku untuk bisnis rumahan. Jika Anda sudah bertekad untuk memulai bisnis, maka Anda juga harus siap menerima resiko yang akan dihadapi nanti. Jangan pernah merasa takut untuk gagal karena di balik setiap kegagalan yang Anda alami ada hal lain yang bisa dipelajari. Faktanya tidak ada satupun orang di dunia ini yang tidak pernah mengalami kegagalan.

Baca juga artikel ini : 7 Langkah Mudah Memulai Bisnis Dropship yang Sukses

5. Pelajari Ilmu Administrasi

Semua bisnis perlu dikelola dengan baik. Untuk mengelola bisnis, setidaknya Anda harus memahami tentang ilmu administrasi meskipun hanya basic. Beberapa poin penting dalam administrasi bisnis yang harus Anda ingat adalah pencatatan secara tertib dan jangan pernah mencampur keuntungan bisnis dengan keuangan pribadi.

Setelah semua rencana bisnis rumahan Anda siap, maka selanjutnya tinggal penerapannya. Jika perencanaan sudah matang maka Anda bisa lebih mudah dalam mewujudkannya.

Anda telah mempelajari juga bahwa ilmu administrasi merupakan elemen yang penting dalam perencanaan bisnis. Maka jika bisnis rumahan Anda sudah mulai berjalan, jangan lupa untuk melakukan pengelolaan keuangan dengan baik.

Meski bisnis rumahan identik dengan skala yang tidak besar, tapi Anda tetap bisa memanfaatkan software akuntansi untuk mengelola keuangan. Harmony bisa menjadi pilihan yang tepat.

Software ini memiliki fitur yang beragam dan sistemnya cukup canggih dan dapat digunakan dengan mudah walaupun tanpa background akuntan sekalipun. Harmony juga bisa diaplikasikan di berbagai bidang bisnis. Anda tertarik untuk mencobanya? Yuk coba Harmony secara gratis selama 30 Hari di sini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony