Harmony Blog

5 Promo Lebaran Yang Efektif Menarik Konsumen

Diposting Mei 10th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Promo LebaranPin

Mendekati lebaran sudah berikan promo kepada konsumen? Belum ya, yuk ketahui promo lebaran yang efektif menarik pelanggan baru dalam artikel ini.

Belum terlambat, manfaatkan promo lebaran untuk menarik minat atau daya beli konsumen produk AndaClick to Tweet

Bulan ramadhan biasanya perilaku konsumtif konsumen semakin meningkat. Maka dalam momen seperti inilah yang tepat bagi perusahaan untuk memberikan promo lebaran dalam produk jualannya.

Jenis promosi ini dapat digunakan oleh para pebisnis sebagai strategi pemasaran produk jualannya sehingga keuntungan yang didapat akan lebih meningkat dibanding sebelumnya.

Anda juga dapat menerapkan strategi pemasaran STP, sebab jenis strategi ini juga membuat strategi pemasaran lebih efektif dan lebih terkontrol.

Bagi Anda pebisnis yang ingin menerapkan promo lebaran pada produk bisnis Anda, berikut ini akan kami jelaskan apa saja promo lebaran yang efektif dan dapat menarik minat konsumen dalam membeli produk tersebut.

Jenis-Jenis Promo Lebaran

Terdapat beberapa jenis promo lebaran yang dapat Anda tawarkan kepada calon konsumen Anda.

Jenis-jenis promo lebaranPin

  1. Buy One Get One Free

    Ketika ingin menarik minat calon konsumen dalam momen lebaran nanti, Anda dapat menerapkan jenis promo lebaran ini dengan cara memberikan value tambahan pada pelanggan.

    Anda tidak hanya memberikan satu produk yang sama tetapi Anda juga bisa mengeluarkan produk yang kurang laku sebagai produk gratisnya.

  2. Diskon

    Sudah tidak heran lagi, jika diskon adalah jenis promo yang sangat disukai oleh para konsumen. Menjelang lebaran, sudah banyak mall, minimarket dan tempat lainnya sudah menerapkan diskon lebaran pada produk jualannya.

    Tentu saja diskon lebaran ini sangat menarik minat para calon konsumen lainnya, Anda dapat memberikan diskon lebaran antara 15% sampai 20% atau Anda dapat memberikan jumlah diskon dengan lebih besar antara 50% sampai 70%.

  3. Kupon Belanja

    Kupon ini dapat Anda berikan pada konsumen yang sudah melakukan pembelian dalam jumlah tertentu atau telah mengikuti event promo yang berhadiah kupon belanja.

    Baca Juga: Pentingnya Memahami Komunikasi Non Verbal Dalam Bisnis

  4. Promo Cuci Gudang

    Promo ini bertujuan untuk menghabiskan produk yang ada di gudang. Promo ini dilakukan untuk menutup akhir tahun atau pada saat penjualan mengalami penurunan. Pemberian diskon pada produk cuci gudang dapat sebesar 50% hingga 70%.

  5. Pemberian Harga Khusus

    Seperti contoh,harga pada produk Rp. 99.990, dan pemberian harga ini bukan memiliki psikologis terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. 

    Meskipun produk diberikan harga sebesar Rp. 99.990, namun konsumen akan beranggapan bahwa harga tersebut masih lebih murah dari Rp. 100.000.

Bagaimana Cara Menerapkan Strategi Promo Lebaran?

Berikut ini terdapat beberapa strategi promo lebaran yang dapat Anda terapkan pada saat menjelang hari lebaran nanti yaitu:

Strategi promo lebaranPin

  1. Mengisi Informasi Produk dengan Detail

    Di saat menyambut momen lebaran, tentu banyak setiap karyawan bisnis yang sibuk dan kewalahan dalam melayani para konsumennya. 

    Maka strategi ini perlu dilakukan untuk membantu setiap karyawan dalam memberikan informasi mengenai produk yang dijual.

    Ketika konsumen ingin mengetahui informasi suatu produk dengan detail, maka konsumen dapat melihat sendiri apa saja deskripsi mengenai produk yang ingin dibeli.

    Seperti contoh, ketika Anda melakukan strategi pemasaran makanan baik berupa promo kue lebaran dan lainnya. 

    Dalam produk tersebut Anda dapat memberikan deskripsi mengenai apa saja bahan yang dibuat dalam membuat makanan, apa saja jenis-jenis rasa yang terdapat dalam promo kue lebaran tersebut.

  2. Menata Tampilan Produk

    Baik Anda yang berbisnis secara online maupun offline, menata kembali tampilan produk Anda pada saat momen lebaran seperti ini adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan.

    Menata ulang kembali tampilan produk berarti mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan penampilan produk tersebut, seperti foto produk yang digunakan dan tata letak produk pada toko Anda.

    Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba

    Apabila Anda melakukan penjualan secara online, dan masih menggunakan foto yang kurang berkualitas atau kurang menarik. Maka saatnya untuk diganti. Namun jika Anda tidak bisa melakukannya, Anda dapat memanfaatkan fotografi melakukannya.

    Bagi Anda yang melakukan bisnis secara offline, tata letak produk juga tidak kalah penting untuk Anda perhatikan. Tampilkan setiap produk-produk unggulan di bagian letak paling utama atau featured products agar produk Anda bisa dengan mudah dilihat oleh konsumen.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Penuhi Kebutuhan Konsumen

    Seperti yang Anda tahu, perputaran uang sangat meningkat ketika menjelang lebaran tiba. Maka dari itu, jangan ragu untuk memanfaatkan momen tersebut untuk meningkatkan omzet penjualan bisnis Anda.

    Caranya dengan memenuhi kebutuhan konsumen yang banyak di cari di hari lebaran. Seperti contoh promo lebaran pada jenis kue kering, cemilan ringan, baju koko, sarung dan produk lainnya.

  4. Berikan Bundling Promo Menarik

    Apabila Anda biasanya menjual produk satuan, kini di bulan ramadhan Anda bisa mencoba promo lebaran untuk menggabungkan beberapa produk yang berkaitan dan jual secara bundle.

    Seperti contoh ketika Anda melakukan promosi makanan kue lebaran, maka cobalah untuk menggabungkan promosi makanan dengan minuman seperti sirup dan lainnya.

    Namun agar lebih menarik promosi makanan dan minuman, Anda dapat memberikan potongan harga khusus untuk bundle tersebut.

    Contohnya, jika Anda biasanya menjual produk makanan kue tersebut dengan harga sebesar Rp. 30.000 dan produk minuman sebesar Rp. 25.000, maka Anda bisa menjual keduanya secara bundle dengan harga Rp. 50.000 saja. Hal ini jelas akan lebih efektif untuk menarik minat konsumen.

    Memberikan promo lebaran dapat berdampak baik untuk bisnis Anda. Tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan saja, namun juga dapat menarik pelanggan baru dan membutuhkan interaksi antara bisnis Anda dengan konsumen loyal Anda.

Dengan meningkatnya omset penjualan Anda, jangan lupa untuk memastikan bahwa laporan keuangan tetap terkelola secara baik. 

Karena pengelolaan laporan keuangan juga merupakan faktor penentu untuk kelangsungan dan kesuksesan bisnis Anda. Agar Anda dapat berbisnis dengan lebih aman dan nyaman, gunakan bantuan software akuntansi  Harmony.

Apa itu Harmony? Harmony adalah software accounting berbasis cloud yang dapat membantu membereskan pembukuan bisnis. Memiliki 400+ fitur yang telah kami develop mulai dari rekonsiliasi bank otomatis, inventory, smart invoicing dan masih banyak fitur lainnya, serta ada 20+ laporan keuangan yang kami sediakan secara realtime.

Tunggu apalagi, segera daftarkan diri Anda di sini dan nikmati Gratis uji coba selama 30 Hari. Info lengkap mengenai fitur dan modul, follow dan sukai akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony