Harmony Blog

5 Perencanaan Mudah Memulai Bisnis Toko Sembako

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

toko sembakoPin

Jika Anda ingin membuka usaha kecil-kecilan tetapi bingung ingin membuka usaha apa, salah satu jenis bisnis yang rekomendasi bagi Anda adalah menjalankan bisnis sembako.

Tidak perlu modal yang terlalu besar untuk menjalankan bisnis ini, karena usaha sembako sendiri bisa dijalankan dalam skala kecil maupun besar tergantung seberapa banyak modal yang Anda miliki.

Dengan menjalankan toko sembako, Anda akan memiliki potensi keuntungan yang besar. Karena produk yang Anda tawarkan merupakan suatu kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Namun jika ingin memulai bisnis toko sembako, tentunya Anda harus mempelajari terelebih dahulu mengenai bisnis yang ingin Anda buka. Hal tersebut dinamakan studi kelayakan usaha atau bisnis.

Studi kelayakan usaha atau bisnis ini dapat membuat para pebisnis dapat mengetahui cara awal yang harus dilakukan sebelum menjalankan usaha, untuk mengontrol aktivitas operasional agar mendapatkan profit yang maksimal dan mengetahui tidakan apa yang harus dilakukan apabila pebisnis ditengah krisis ekonomi.

Memulai usaha dengan membuka toko sembako merupakan salah satu jenis usaha yang banyak diminati oleh setiap pebisnis. Selain mudah untuk dijalankan, usaha toko sembako juga bisa dijalankan dalam skala besar maupun kecil.

Menjalankan usaha toko sembako ini memang menjanjikan beberapa keuntungan yang menarik jika dijalankan dengan baik dan benar. Namun sebagai seorang pemula, ada beberapa tips membuka usaha toko sembako yang harus Anda tahu yaitu :

5 Perencanaan Mudah Memulai Bisnis Toko Sembako

1. Memilih Lokasi Yang Strategis

Pemilihan lokasi usaha sangat mempengaruhi tingkat penjualan pada bisnis retail. Sesuaikan lokasi usaha dengan bisnis retail yang ingin dijalankan, sebab lokasi usaha juga ikut menentukan potensi pasar.

Seperti lokasi yang ada di tengah daerah perkotaan, Anda bisa mencoba bisnis retail dengan minimarket atau supermarket. Sedangkan lokasi yang ada di tengah pemukiman warga, Anda bisa membuka toko kelontong atau sembako.

Tentu saja usaha dekat dengan pemukiman ataupun membuka usaha dengan memanfaatkan ruangan yang kosong di halaman rumah juga bagus prospeknya, apalagi pemukiman yang ramai penghuni.

Selain dekat dengan calon pembeli, lokasi di dekat tempat pemukiman juga memberi rasa aman dan nyaman, terutama terkait kejahatan perampokan maupun pencurian yang bisa saja terjadi.

Memilih tempat usaha tidak asal memilih, tapi perlu mempertimbangkan banyak faktor karena usaha direnacanakan bukan untuk satu dua bulan saja, tapi untuk selamanya. Oleh karenanya dalam menentukan pilihan lokasi membuka tempat usaha harus diperhitungkan secermat mungkin.

2. Menjalin Kerjasama Dengan Supplier atau Pemasok

Ketika ingin membuka toko sembako, memiliki kerja sama dengan seorang pemasok dalam bisnis Anda merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis toko sembako Anda. 

Dengan mencari pemasok yang memiliki barang terpercaya juga akan memberikan Anda harga dan kualitas barang yang baik. Namun sebelum Anda melakukan kerja sama dengan banyak pemasok ada baiknya Anda terlebih dahulu melakukan survey kepada toko grosir yang ada di lingkungan sekitar Anda.

Jangan lupa juga untuk bertanya mengenai berapa lama toko sembako tersebut beroperasi. Sebab lamanya toko sembako tersebut beroperasi bisa menjadi indikator penting dalam sebuah bisnis.

Apabila semakin lama toko sembako tersebut beroperasi, maka semakin baik dan banyak pengalaman yang dapat Anda ambil. Melalui kerjasama dengan pemasok sembako memudahkan toko mendapatkan supply barang dengan harga murah dan menjamin ketersediaan barang secara terus menerus.

3. Melakukan Riset Terhadap Harga Produk

Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih pada saat ini membuat para pebisnis semakin mudah dalam memantau segala hal, khususnya dapat memantau harga barang melalui marketplace atau toko online untuk mencocokkan harga pada usaha bisnis mereka.

Baik itu harga jual barang yang Anda berikan ataupun harga jual yang Anda dapatkan dari supplier. Dalam menjalankan bisnis toko sembako memang sangatlah penting untuk melakukan riset terhadap harga jual terlebih dahulu.

Riset dilakukan agar toko yang ingin Anda bangun mendapatkan keuntungan yang melimpah. Hal yang harus Anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa harga jual yang Anda berikan tidak terpaut jauh dengan harga jual pesaing Anda.

Jangan sampai Anda menjual dengan harga sembako yang terlalu murah atau terlalu mahal, sebab keduanya akan mengakibatkan kerugian pada toko sembako Anda.

Ambil harga tengah, seperti contoh saat menjual harga minyak goreng. Jika harga pasaran minyak goreng adalah Rp. 15.000 per satu liter. Toko sembako Anda bisa menjual minyak goreng per satu liter dengan harga Rp. 14.000.

Baca Juga : 8 Pertanyaan Penting Pemilik Bisnis di Tengah Wabah Covid-19

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Melengkapi Produk yang Ingin Dipasarkan

Kelengkapan produk yang  di jual merupakan satu satu pertimbangan pembeli untuk lebih memilih sembako di toko Anda. Lengkapi produk Anda dengan menyediakan beberapa variasi pada produk sembako Anda.

Maka dengan Anda melengkapi produk Anda dan memiliki variasi produk yang berbeda-beda, itu akan membuat pelanggan untuk lebih tertarik dan memilih belanja di toko sembako Anda

5. Melakukan Pembukuan

Bagi para pebisnis, hal yang sering di abaikan dalam memulai bisnis adalah  sebuah pembukuan. Maka tidak heran permasalahan yang terjadi saat ini banyak bisnis kecil yang gulung tikar karena belum menyadari pentingnya pembukuan.

Sebab apabila bisnis toko sembako Anda melakukan pembukuan, Anda dapat dengan mudah memantau pengeluaran dan pemasukan dalam suatu bisnis dan mempermudah Anda dalam menghitung laba dan mengetahui stok barang dagangan Anda.

Pembukuan adalah hal yang sangat penting untuk Anda miliki dalam bisnis toko sembako Anda. Pembukuan yang rapi dan tepat, akan membantu bisnis toko sembako Anda menjadi lebih berkembang di era industri 4.0 saat ini.  

Namun melakukan pembukuan manual tentu akan menyulitkan Anda dalam melakukan laporan keuangan bisnis Anda. Kini sudah ada software akuntansi yang dapat menyelesaikan laporan keuangan Anda secara real time dan tepat.

Cobalah untuk Anda gunakan software akuntansi Harmony yang dapat dengan mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Gunakan Harmony sekarang juga GRATIS 30 hari disini.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony