5 Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Modal Pada Koperasi
Harmony Blog
Finance
5 Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Modal Pada Koperasi
August 20, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Koperasi merupakan salah satu badan usaha yang diselenggarakan oleh masyarakat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan pinjaman modal pada koperasi. Dalam Artikel kali ini akan dibahas apa saja kelebihan dan kekurangan melakukan pinjaman modal pada koperasi.

Skala prioritas koperasi bagi masyarakat adalah untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat, memberikan kemudahan berwirausaha, dan memberikan kesempatan agar masyarakat dapat berperan serta bergotong royong sebagai anggota koperasi.

Sebuah koperasi merupakan usaha bersama dari sekelompok orang yang mempunyai kepentingan yang sama dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Dengan begitu koperasi menyediakan berupa pinjaman modal bagi setiap pengusaha yang membutuhkan pinjaman modal tersebut. Koperasi kredit memberi pelayanan kepada anggotanya dalam bentuk pinjaman atau hutang dan dibayar kembali secara angsuran atau cicilan dengan bunga yang serendah mungkin, sehingga tidak memberatkan anggota. Modal koperasi ini didapatkan dari simpanan para anggota.

Hasil simpanan tersebut dapat dipinjamkan kepada para anggota yang membutuhkan oleh karena itu koperasi kredit disebut juga koperasi simpan pinjam.

Namun dibalik pinjaman modal tersebut, terdapat kelebihan dan kekurangan koperasi. Dan dari kelebihan dan kekurangan koperasi tersebut apakah sangat mempengaruhi kegiatan perusahaan ? Untuk lebih jelasnya, berikut akan di bahas mengenai kelebihan dan kekurangan koperasi :

Baca Juga : Mengapa Mencatat Keuangan Bisnis Tidak Boleh Dilewatkan?

Pengertian Koperasi

Yang dimaksud dengan koperasi suatu adalah badan usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum yang berlandaskan pada asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Dalam sebuah kegiatan usaha koperasi merupakan penjabaran dari UUD 1945 pasal 33 ayat 1 yang menyatakan bahwa koperasi berkedudukan sebagai sokoguru perekonomian nasional dan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam sistem perekonomian nasional.

Dan sebagai salah satu pelaku ekonomi, koperasi merupakan organisasi ekonomi yang berusaha menggerakkan potensi sumber daya ekonomi demi memajukan kesejahteraan anggota. Sebab sumber daya ekonomi tersebut terbatas, dan dalam mengembangkan koperasi harus mengutamakan kepentingan anggota, maka koperasi harus mampu bekerja seefisien mungkin dan mengikuti prinsip-prinsip koperasi dan kaidah-kaidah ekonomi.

Fungsi dari koperasi ialah membangun dan mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial potensi dan kemampuan ekonomi para anggota koperasi pada umumnya relatif kecil.

Dan melalui koperasi, potensi dan kemampuan ekonomi yang kecil itu dihimpun sebagai satu kesatuan, sehingga dapat membentuk kekuatan yang lebih besar. Maka dengan demikian koperasi akan memiliki peluang yang lebih besar dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat pada umumnya dan anggota koperasi pada khususnya.

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Modal Pada Koperasi

Jika Anda ingin meminjam sebuah modal pada koperasi, adapun kelebihan dan kekurangan koperasi yang terdapat dalam pinjam modal tersebut. Apa saja kelebihan dan kekurangan koperasi pinjam modal ? Berikut penjelasannya dibawah ini :

Kelebihan Pinjaman Modal Pada Koperasi

• Mudah

Kelebihan yang di dapat pada saat peminjaman modal ialah kemudahan dalam meminjam modal terhadap koperasi. Mekanisme peminjaman modal di koperasi jauh lebih mudah dibandingkan dengan peminjaman di bank, dan cara meminjam nya tidak rumit dan tidak banyak mekanisme yang harus dilalui.

• Proses Cepat

Kelebihan yang di dapat selanjutnya ialah proses yang cepat. Salah satu kelebihan yang dimiliki koperasi dan kecil kemungkinan di dapatkan di perbankan adalah proses yang cepat. Meminjam lewat koperasi biasanya persyaratanya sangat mudah dan waktu yang dibutuhkan untuk pencairan dana sangat cepat, bahkan ada beberapa pinjaman yang bisa langsung cair saat itu juga. Kelebihan ini yang mungkin tidak dapat di dapatkan oleh perbankan.

• Tanpa Jaminan

Kelebihan dan kekurangan koperasi pasti Ada bagi setiap lembaga tersebut, walaupun tidak semua koperasi menerapkan suatu pinjaman tanpa jaminan. Namun ada beberapa lembaga koperasi yang memudahkan anggotanya meminjam tanpa jaminan atau anggunan dengan nominal tertentu. Sehingga ini dapat menjadi pilihan bagi peminjam yang tidak mempunyai barang berharga untuk dijadikan jaminan. Sehingga tidak semakin dipersulit dalam melakukan peminjaman.

• Suku Bunga Rendah

Karena fungsi utama dari berdirinya koperasi adalah mensejahterakan kepada semua anggotanya, maka biasanya suku bunga yang diberikan akan lebih rendah dari perbankan atau multifinance. Sehingga sangat membantu anggaran keuangan baik bagi para masyarakat atau pun bagi pebisnis.

custom-form-newsletter


Kekurangan Pinjaman Modal Pada Koperasi

• Rendahnya Kesadaran Pada Tiap Anggota

Kesadaran berkoperasi para anggota masih lemah. Kekurangan yang besar terdapat pada koperasi adalah bahwa tidak semua anggotanya memiliki kesadaran yang penuh dan sama dalam menjalankan prinsip-prinsip dan kegiatan berkoperasi dengan baik. Salah satu contoh koperasi yang kerap terjadi ialah, anggota tidak rutin menyetorkan iuran wajib.

• Memiliki Daya Saing Yang Lemah

Koperasi memiliki daya saing yang lemah. Dan dapat Anda ketahui bahwa apabila dibandingkan dengan badan usaha lainnya, daya saing koperasi masih jauh tertinggal.

• Memiliki Modal Yang Terbatas

Modal koperasi terbatas dan ada kendala dalam mendapatkan modal. Sebuah koperasi yang baru berdiri cenderung memiliki modal yang terbatas dan biasanya kesulitan untuk mendapatkan modal yang besar.

• Kurangnya Tenaga Profesional

Koperasi kekurangan tenaga profesional dalam pengelolaannya. Dalam koperasi, SDM yang tersedia kadang kurang kompeten untuk dapat mengurus dan mengelola keuangan nya dengan baik dan tertib. Hal ini sering mengakibatkan Kerjasama yang buruk antara pengurus, anggota, pengelola, dan pengawas. Dan Hal ini adalah salah satu faktor penghambat kemajuan koperasi.

• Terdapat Konflik

Terdapat konflik kepentingan di koperasi. Dalam setiap perkumpulan atau organisasi, pasti ada gesekan kepentingan antara masing-masing anggotanya. Begitu pula yang terjadi di koperasi.

Prinsip-Prinsip Koperasi

Menurut undang-undang nomor 25 tahun 1992, pasal 5 ayat 1 dan 2, koperasi melaksanakan prinsip koperasi sebagai berikut :

•Anggota bersikap sukarela dan terbuka, maksudnya sukarela yaitu tidak ada keterpaksaan dalam andil modal dari anggota, dan terbuka maksudnya siapa saja bisa menjadi angggota koperasi.

• Demokrasi, maksudnya semua kegiatan yang akan dilakukan harus dikerjakan secara musyawarah dan setiap anggota berhak atas suaranya untuk berpartisipasi.

• Pembagian Sisa Hasil Usaha dilakukan secara adil dan merata sesuai dengan jasa yang dikeluarkan masing-masing anggota.

• Pemberian balas jasa terbatas pada modal, maksudnya tergantung pada modal anggota yang dikeluarkan dan yang dimaksud “terbatas” adalah wajar dalam arti tidak melebihi suku bunga yang berlaku dipasar.

• Kemandirian, maksudnya mampu berdiri sendiri dan mampu menghidupi anggota keluarganya tanpa hanya mengharapkan SHU nya saja.

• Pendidikan koperasi, maksudnya memberikan bekal pengetahuan tentang seluruh koperasi kepada anggota koperasi.

• Kerjasama antar koperasi, maksudnya yaitu saling membantu antar anggota , dan saling membantu bersama perusahaan tertentu untuk memperluas usaha.

Sudah dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan koperasi, namun dengan kelebihan dan kekurangan koperasi, peran koperasi sangatlah dibutuhkan dalam perekonomian di Indonesia terutama di dalam masyarakat. Salah satu nya terdapat peminjaman modal di koperasi.

Kelebihan dan kekurangan koperasi memang selalu ada, namun untuk mensejajarkan kelebihan dan kekurangan koperasi Anda harus pandai dalam mengelola dana atau modal dari koperasi tersebut.

Dalam mengelola dana atau modal tentu saja membutuhkan pengelolaan keuangan yang benar dan tepat. Dengan adanya aplikasi seperti software akuntansi, Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan dari Harmony yang dapat mengelola data keuangan Anda dengan lebih mudah dan tepat.

Harmony adalah software akuntansi yang dapat Anda gunakan dengan mudah,walaupun Anda tidak mempunyai background sebagai seorang akuntan. Saksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pebisnis atau UKM untuk memiliki pembukuan yang rapih melalui konferensi tahunan kami yaitu FinTax Fair. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah pembukuan memiliki peran penting bagi setiap bisnis Anda? Mulai rapihkan pembukuan Anda dengan mendaftarkan akun sekarang juga disini dan dapatkan Gratis 30 Hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/