Harmony Blog

5 Jenis Investasi Properti Menguntungkan yang Dapat Anda Jalani

Diupdate Feb 24th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

jenis investasi propertiPin

Seperti yang diketahui bersama bahwa investasi properti merupakan investasi yang digemari masyarakat Indonesia. Karena harga properti yang selalu naik dan juga permintaannya yang selalu ada. Jenis investasi properti memiliki banyak pilihan seperti rumah, tanah dan apartemen.

Sehingga tak heran terbentuk beberapa komunitas investasi properti seperti komunitas investor properti, komunitas developer dan lain sebagainya.

Pilihlah jenis investasi properti yang tepat untuk menghasilkan pasif income untuk Anda.

Banyaknya promo menarik yang dilakukan bank dalam memberi kredit untuk jenis investasi properti apapun, membuat industri properti tumbuh subur. Banyak bank berkompetisi dalam menyalurkan kredit ke developer maupun ke pembeli properti.

Sebelum baca lebih lanjut, yuk tonton bagaimana Harmony membantu pebisnis properti merapikan pembukuan usaha mereka.

Lantas jenis investasi properti apa yang menguntungkan yang dapat Anda jalankan? Berikut adalah 5 jenis investasi properti tersebut.

1. Rumah Kos

Kebutuhan rumah kos sangat tinggi terutama didaerah perkotaan. Banyaknya karyawan yang butuh tempat tinggal agar lebih dekat dengan kantor mereka menjadi penyebab utamanya. Rumah kos bisa dijadikan jenis investasi properti yang sangat menguntungkan apabila dikelolah dengan baik.

Investasi properti berbeda dengan investasi saham atau investasi reksadana. Karena investasi properti ada fisik produknya sementara saham dan reksadana hanya berupa kertas atau aplikasi. Jadi rumah kos harus dirawat fisiknya dan dikelolah dengan manajemen yang baik agar bisa memberikan penghasilan untuk pemiliknya.

2. Rumah Kontrakan

Jenis investasi properti yang menjanjikan pasif income lainnya adalah rumah kontrakan. Rumah kontrakan dibutuhkan oleh keluarga yang belum mampu membeli rumah atau untuk tinggal sementara di wilayah atau kota tersebut.

Sama halnya dengan rumah kos, rumah kontrakan juga harus dijaga dan dirawat dengan baik agar mudah tersewa. Prinsip jenis investasi rumah kontrakan ini mirip dengan investasi emas/logam mulia karena semakin lama harga rumah akan naik sama seperti harga emas yang juga cenderung selalu mengalami kenaikan. Karena itu investasi emas/logam mulai banyak ditemukan di platform investasi online.

Baca juga : Peluang Investasi Emas Terbaik dan Teraman Paling Menguntungkan

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

3. Ruko

Ruko juga merupakan jenis investasi properti yang menjanjikan keuntungan, karena ruko selain bisa disewakan juga bisa ditempat dan harganya juga cenderung naik setiap tahun.

Disaat pandemi Covid-19 saat ini permintaan akan sewa ruko memang turun drastis. Oleh karena itu kita harus mempunyai trik dalam mengelolah investasi dimasa Covid-19 termasuk penggunaan ruko yang dimiliki.

Trik yang dimaksud misalnya ruko yang biasa kita sewakan untuk kantor bisa dijadikan usaha kos. Atau sewanya yang biasanya harus 4 lantai boleh sewa 1 lantai untuk setiap bisnis. Cara lainnya bisa juga dengan menjadikannya semacam pujasera dimana ada beberapa restoran atau kantin yang berjualan disana.

Oh ya, kalau mau usaha seperti pujasera gunakan aplikasi ataupun pihak lain untuk membuat laporan keuangannya agar rapi dan selalu update. Misalnya seperti yang ditawarkan oleh Harmony disini.

4. Tanah

Investasi tanah diminati oleh banyak masyarakat sejak dari dulu. Jenis investasi properti ini diminati karena perbandingan kenaikan harganya yang jauh dengan nilai inflasi. Harga tanah naik dengan pesat terutama di kota-kota besar.

Oleh karena itu jika memang memiliki dana yang lebih maka berinvestasilah pada tanah. Cari lokasi yang strategis atau yang berpotensi menjadi tempat padat penduduk kedepannya. Selain nilainya yang selalu naik, tanah juga bisa disewakan ke orang yang membutuhkan lahan untuk usahanya.

5. Apartemen

Mahalnya rumah tapak dan terbatasnya lahan menjadikan apartemen masuk kedalam jenis investasi properti yang mengguntungkan. Apartemen terutama dipilih oleh keluarga muda dan generasi milenial karena lebih murah dari rumah dan banyak fasilitas seperti kolam renang, tempat gym, lapangan basket, tenis dan lain sebagainya.

Jadi berinvestasi di apartemen juga merupakan pilihan cocok. Cari apartemen dengan lokasi strategis, pengembang terpercaya dan memiliki fasilitas yang lengkap. Tujuannya agar mudah disewakan baik sewa harian, mingguan, bulanan atau tahunan.

Agar investasi di properti Anda bisa berkembang jangan hanya memikirkan pemasaran atau operasionalnya saja ya. Pikirkan juga bagaimana agar memiliki pembukuan yang rapi dan mudah dikelolah. Agar pembukuannya mudah dikelolah gunakan software akuntansi yang berbasis cloud karena mudah diakses dimanapun dan kapanpun.

Harmony adalah software akuntansi berbasis cloud yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang  akuntan sekalipun.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah keuangan bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi..yuk coba Harmony GRATIS 30 hari disini.

Kenalan juga dengan Harmony dengan mengikuti media sosialnya ya, agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya? Kunjungi dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linkedin Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony