Mengenal Investasi Saham dan Tips yang Dapat Anda Ikuti
Harmony Blog
Finance
Mengenal Investasi Saham dan Tips yang Dapat Anda Ikuti
June 3, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Investasi dan Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Pada jaman dahulu berinvestasi tidak begitu banyak pilihan dalam melakukannya. Sehingga untuk melakukan investasi saham Anda akan sulit belajarnya. Investasi saham ini dapat digunakan secara online juga dalam memantaunya. Investasi saham ini termasuk salah satu investasi online yang mudah dijalankan dengan keuntungan besar. Sehingga tidak sedikit pebisnis yang tertarik untuk berinvestasi saham.

Investasi saham sangat menarik dipelajari dan dilaksanakan untuk pebisnis termasuk untuk para pemula, karena investasi saham ini termasuk investasi jangka panjang  yang dapat menguntungkan namun disarankan untuk memahami lebih mendalam sebelum terjun kedunia saham.

Investasi saham ini merupakan investasi yang cukup dibilang High risk atau beresiko tinggi , sebanding dengan resiko yang cukup tinggi sehingga Anda harus benar – benar paham apa itu saham dan mengetahui trik nya dengan sangat teliti agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar nantinya.

Definisi Investasi Saham

Investasi saham adalah sebuah surat kepemilikan suatu prusahaan yang sangat berharga. Dengan membeli saham dapat diartikan Anda dapat memiliki hak kepemilikan atas keuntungan perusahaan tersebut dalam bentuk dividen pada akhir tahun diperiode pembukuan perusahaan.

Investasi saham adalah investasi jangka panjang yang sangat menarik sehingga investasi ini sangat digemari bagi semua pebisnis karena dapat memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan, dan ada 2 jenis keuntungan didalamnya yaitu:

1. Keuntungan dividen adalah pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan.

2. Capital Gain yaitu perselisihan antara harga jual maupun harga beli. Capital gain juga terbentuknya suatu kegiatan atau aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder.

Harga saham merupakan sebuah indikator jual beli saham di Bursa Efek Indonesia dan untuk informasi harga sahamnya tersedia secara real-time di bursa saham.

Tips Melakukan Investasi Saham

Seperti yang diketahui diatas, investasi saham ini dapat memberikan keuntungan yang besar jika Anda mengetahui trik dalam bermain saham, Dan Anda perlu mengetahui trik khusus mengelola investasi apalagi ditengah Badai COVID 19 ini menyerang, maka dari itu ada 8 tips yang dapat Anda pelajari dalam investasi saham, sebagai berikut :

1. Perdalamlah informasi tentang investasi saham

Mayoritas pebisnis tidak menyadari akan resiko yang akan dihadapi jika Anda belum memperdalam segala informasi tentang investasi saham. Anda bisa membaca buku-buku tentang melakukan investasi saham, Anda bisa juga melihat video-video di Youtube atau lainnya tentang ilmu-ilmu investasi. Karena saat ini sudah cukup banyak para coultant investasi membagikan ilmu-ilmu dan pengetahuan tentang berinvestasi saham yang aman bagi pemula.

2. Mengurangi resiko kerugian (diversifikasi investasi)

Sejak awal mula orang-orang mengenal investasi saham, banyak yangmengetahui melakukan investasi saham tersebut memiliki resiko yang besar. Perlunya mengatur manajemen resiko pada bisnis, sama halnya juga dengan mengatur manajemen resiko pada investasi saham. Lalu timbullah pertanyaan dari pernyataan tersebut, bagaimana mengelola resiko pada investasi saham khususnya bagi para pemula?

Kuncinya adalah, jangan meletakkan semua dana Anda dalam satu instrument investasi. Lakukan diversifikasi investasi yang artinya jangan menempatkan dana Anda hanya pada saham saja. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari kerugian cukup besar apabila suatu saat nanti terjadi krisis di pasar saham.

3. Beli Saham Perbankan atau Consumer Goods

Memilih saham perbankan dan perusahaan besar di bidang consumer goods sebagai saham pertama, tentu bisa jadi cara bermain saham yang paling bijak untuk pemula. Karena perusahaan ini merupakan perusahaan dengan bisnis yang sederhana. Selain itu produk-produk mereka juga digunakan masyarakat, otomatis dalam setahun mereka selalu mencetak laba yang signifikan.

4. Lakukan Average Down Jika Merugi

Average down adalah strategi investasi dengan melakukan pembelian secara bertahap ketika harga di pasar sedang mengalami penurunan. Cara bermain saham ini akan membuat nilai investasi tidak akan ikut terjun bebas, justru akan mengikuti kondisi pasar. Ajaibnya, apabila kondisi pasar sudah mulai pulih, return yang Anda miliki akan meningkat.

5. Jadi Investor atau Trader?

Anda harus menentukan mau menjadi seorang trader atau investor. Trader sendiri memiliki sifat mencari keuntungan dari harga yang terkadang bisa naik atau turun dalam waktu yang relatif singkat.

Sementara itu, jika ingin menjadi investor, Anda disarankan menyimpan saham dalam waktu yang lama dan memanen keuntungannya di kemudian hari. Sebagian orang pernah mengalami kerugian dari kegiatan saham karena bingung menentukan pilihan untuk menjadi trader atau investor.

custom-form-newsletter

6. Beli saham yang berfundamental baik

Biasanya para investor atau pemain saham akan memilih saham blue chip. Cirinya perusahaan ini dikenal publik, punya usaha yang jelas, produknya laku di pasaran, tidak banyak utang, manajemen transparan dan sebagainya. Jangan tergiur untuk membeli saham gorengan yang pergerakan harganya tidak jelas sebabnya. Mengapa memilih saham blue chip? Saat pasar saham terkoreksi, saham blue chip juga terkoreksi, tetapi setelah pasar saham pulih, saham blue chip juga yang bergerak naik lebih dulu dan lebih cepat dari yang lain.

7. Lakukan analisis dan review portofolio secara berkala

Bisa setiap 3 bulan sekali, 6 bulan sekali, atau setahun sekali. Ketika ada saham yang tidak baik hasil kinerjanya, contohnya produknya gagal terjual di pasaran, kurang terlalu diminati, dan suatu momen yg tidak pas, mengakibatkan merugi, dan sebagainya bisa diganti dengan saham lain yang lebih baik.

8. Memilih perusahaan sekuritas

Semua tips diatas akan sia-sia dilakukan jika Anda tidak memilih perusahaan sekuritas yang kredibel dengan biaya administrasi yang besar.  Pilihlah perusahaan sekuritas atau pialang saham yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Anda juga bisa melihat track record perusahaannya apakah cukup kredibel dan tanpa memiliki teguran dari Bursa Efek Indonesia.

Dengan beberapa tips diatas dapat Anda jadikan referensi dan bisa dipelajari supaya Anda tahu dalam berinvestasi saham. Semakin Anda cerdas dalam berinvestasi saham tersebut maka biasanya Anda pun akan lebih sulit dalam mengontrol keuangan karena keuntungan yang selalu berlipat ganda. Disarankan untuk Anda harus tetap bisa mengelola keuangan Anda dengan baik Untuk mengelola keuangan yang baik, Anda dapat menggunakan teknologi berbasis cloud untuk membantu Anda membereskan pencatatan keuangan bisnis Anda seperti Harmony Accounting Software.

Melalui software Harmony Anda bisa membuat pencatatan penghasilan mulai dari investasi online sampai dengan pengeluaran bisnis lain. Dengan mudah, Anda bisa monitor keuangan bisnis Anda dimanapun dan kapanpun dalam satu aplikasi. Saksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pemilik bisnis untuk memiliki pembukuan yang rapih melalui konferensi tahunan kami di FinTax Fair. Tunggu apalagi? Mulai gunakan teknologi jaman sekarang ini untuk membereskan pembukuan bisnis Anda dengan mendaftarkan akun secara Gratis 30 Haridisini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/