Harmony Blog

Mengenal Investasi Reksadana, Jenis dan Cara Memulainya

Diupdate Feb 24th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

investasi reksadanaPin

Investasi reksadana merupakan salah satu bentuk investasi yang populer di masyarakat, seiring dengan begitu banyaknya di beberapa media, bahkan di berbagai televisi mengenai suatu perencanaan keuangan, sehingga kesadaran masyarakat pun menjadi semakin meningkat karena adanya investasi. Sebab investasi merupakan salah satu bentuk pemanfaatan dana yang dapat menghasilkan pendapatan bagi pemilik dana, salah satu investasi yang kini sedang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat adalah investasi reksadana.

Reksadana dapat memberikan investor kecil atau individu yang dapat diakses ke portofolio yang terdiversifikasi dan dikelola secara profesional dengan harga murah.

Pengertian Reksadana

Reksadana memiliki 2 arti yaitu “reksa” yang berarti jaga atau pelihara dan “dana” berarti uang. Reksadana adalah alternatif investasi bagi investor, terutama bagi investor kecil dan mereka yang memiliki lebih sedikit waktu dan keterampilan untuk menghitung risiko investasi mereka. Reksa Dana dirancang sebagai alat untuk mengumpulkan dana dari publik yang memiliki modal, akan berinvestasi, tetapi hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas. Selain itu, melalui Reksa Dana, diharapkan jumlah investor lokal di Pasar Modal Indonesia dapat meningkat.

Secara umum, Reksa Dana didefinisikan sebagai sarana untuk mengumpulkan dana dari masyarakat investasi untuk diinvestasikan dalam portofolio oleh manajer dana. Definisi ini juga tertulis dalam Undang-Undang Pasar Modal No.8 / 1995 pasal 1 ayat (27) tentang Reksa Dana. Ada tiga poin yang ditunjukkan pada pernyataan ini. Pertama, Reksa Dana mengumpulkan dana dari masyarakat. Kedua, dana tersebut kemudian diinvestasikan dalam portofolio efek. Ketiga, dana dikelola oleh manajer Investasi.

Oleh karena itu, dana yang dimasukkan ke dalam Reksa Dana adalah dana kolektif investor, dan Manajer Investasi adalah orang yang dipercaya untuk mengelola dana tersebut.

Jenis-jenis Investasi Reksadana

Berikut ada beberapa jenis jenis yang terdapat dalam investasi reksadana, diantarnya adalah :

1. Reksadana Pendapatan Tetap

Kelompok besar lainnya adalah kategori pendapatan tetap. Reksa dana pendapatan tetap berfokus pada investasi yang membayar tingkat pengembalian yang ditetapkan, seperti obligasi pemerintah, obligasi korporasi, atau instrumen utang lainnya. Idenya adalah bahwa portofolio dana menghasilkan pendapatan bunga, yang kemudian diteruskan ke pemegang saham.

2. Reksadana Saham

Reksa dana saham adalah jenis reksa dana atau dana investasi swasta, seperti hedge fund, yang membeli kepemilikan dalam bisnis (karena itu disebut “ekuitas”), paling sering dalam bentuk saham biasa yang diperdagangkan secara publik.

Penyebut umum dengan dana ekuitas (saham)  adalah keinginan untuk manajemen dana dalam menemukan peluang bagus untuk berinvestasi dalam bisnis yang akan tumbuh, membuang gusher laba yang terus meningkat bagi pemilik. Ini berbeda dengan dana obligasi atau dana pendapatan tetap, yang menggunakan uang pemegang saham untuk memberikan pinjaman kepada perusahaan atau pemerintah dan mengumpulkan pendapatan bunga .  

3. Reksadana Campuran

Reksadana berfungsi sebagai perbandingan target aset alokasi pada bursa efek saham dan berpengaruh pada pendapatan tetap yang tidak dapat dikategorikan ke dalam ketiga reksadana lainnya. Reksadana campuran biasanya lebih berhubungan fleksibel dalam menjalankan investasi. Fleksibel berarti pengelolaan investasi dapat digunakan untuk berpindah-pindah dari saham, ke obligasi, maupun ke deposit. Atau tergantung pada kondisi pasar dengan melakukan aktivitas trading.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Reksadana Pasar Uang

Dana pasar uang adalah sejenis reksa dana yang berinvestasi hanya pada instrumen jangka pendek yang sangat likuid seperti uang tunai, sekuritas setara kas, dan sekuritas berbasis utang peringkat kredit tinggi dengan jangka pendek, Umumnya investasi dalam kategori reksadana pasar uang meliputi, deposito, SBI, Obligasi serta efek hutang lainnya.

Baca Juga : Ikuti Trik Rahasia Kelola Investasi Ditengah Badai Covid-19

Cara Memulai Investasi Reksadana

Sebelum Anda memulai investasi reksadana, sebaiknya Anda harus memperhatikan cara-cara dibawah ini :

Melakukan Transaksi Pada Hari Bursa

Cara ini tidak jauh berbeda ketika Anda membuka rekening di bank. Anda hanya mepersiapkan dokumen seperti KTP dan NPWP. Lalu pada saat mendaftar Anda diminta untuk mengisi formulir dengan tanda tangan asli, dan ada juga diminta untuk menyiapkan dana yang akan digunakan untuk inventasi Anda.
Ketika Anda sudah dapat menyerahkan dokumen kepada manajer inventasi, setelah itu Anda akan diminta untuk menyetor dana rekening penampungan atau si penerima dana sesuai dengan produk reksadana yang dipilih.

Transaksi Akan di Proses Berdasarkan Nilai Aktiva Bersih

Yang dimaksud dari nilai aktiva bersih yaitu nilai yang menggambarkan total kekayaan reksadana setiap harinya. Harga reksadana tersebut akan dipublis satu kali dalam sehari pada media surat kabar ataupun melalui online.

Mempunyai Batas Waktu Untuk Penerimaan Transaksi Setiap Harinya

Pada umumnya batas waktu penerimaan transaksi antara pukul 12.00-13.00 WIB. Apabila Anda melakukan pemembeli reksadana sebelum batas waktu yang sudah ditentukan, maka Anda akan memperolah harga NAB pada tanggal transaksi, namun apabila Anda melakukan pembelian lewat batas waktu yang ditentukan, maka harga NAB akan mengikuti harga bursa selanjuntanya (T+1) dari tanggal pembelian reksadana.

Mendapatkan Surat Konfirmasi Transaksi Pembelian Reksadana

Setelah Anda melakukan transaksi, Anda akan mendapatkan surat konfirmasi transaksi pembelian reksadana dari  bank kustodian. selain Anda mendapatkan surat konfirmasi transaksi, Anda juga menerima laporan perkembangan dana investasi setiap bulanya. Simpan bukti laporan tersebut sebagai bukti kepemilikan reksadana.

Reksadana sebagai alternatif investasi adalah upaya lembaga keuangan non perbankan yang bertujuan membantu masyarakat untuk melakukan penjagaan atau perencanaan investasi keuangan untuk jangka waktu ke depan sebagai bentuk alternatif berinvestasi.

Reksadana merupakan salah satu bentuk dari perusahaan investasi (investment company). Prinsip investasi pada reksadana adalah melakukan investasi yang menyebar pada sekian alat investasi yang diperdagangkan di pasar modal. Namun dari iventasi reksadana tersebut, tentunya Anda  memerlukan sebuah aplikasi akuntansi sebagai alat pencatatan hingga laporan keuangan.

Kini Anda bisa menggunakan Software Akuntansi Harmony, yang dapat mencatat setiap laporan keuangan Anda termaksud dana investasi yang sedang Anda laklukan saat ini. Daftarkan diri Anda sekarang juga disini, dan dapatkan 30 Hari Gratis penggunannya, dan Anda bisa nyaman dalam membuat laporan keuangan Anda menggunakan Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony